3 Jenis Ikan Air Tawar Paling Ganas Selain Arapaima Gigas

 

Di tahun 2018 lalu tepatnya di bulan Juni, sempat ada berita yang menggemparkan. Berita tersebut berhubungan dengan salah satu ikan ganas dari Sungai Amazon, yaitu Arapaima gigas. Diketahui ada oknum tidak bertanggung jawab yang sengaja melepaskan ikan Arapaima gigas di Sungai Brantas, Jawa Timur. Padahal sebenarnya ikan ini sudah dilarang untuk masuk ke Indonesia, peraturan ini bisa anda lihat di Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 41 tahun 2014.

Ikan Arapaima gigas merupakan ikan predator yang tidak hanya memakan jenis ikan lainnya, namun memakan segala macam hewan yang ada dalam suatu ekosistem termasuk katak, udang hingga burung. Apabila ikan ini dilepas sembarang tempat, ekosistem yang ada di tempat tersebut bisa dipastikan rusak. Sebegitu berbahayanya ikan Arapaima gigas. Nah selain ikan tersebut, ada beberapa jenis ikan predator lainnya yang juga tidak kalah seram. Mau tau?

3 Jenis Ikan Paling Ganas

Sebenarnya ikan predator selain ikan Arapaima gigas ada cukup banyak, namun pada artikel kali ini hanya akan membahas 3 jenis ikan saja. Berikut adalah ikan-ikan tersebut:

  • Piranha

Siapa yang tidak tahu Piranha, salah satu jenis ikan asal Sungai Amazon yang terkenal akan keganasannya. Sudah banyak film-film layar lebar yang memperlihatkan betapa berbahayanya Piranha. Bahkan bisa dibilang jikan Piranha adalah salah satu ikan air tawar yang paling ganas. Ikan jenis ini mencari makan secara berkelompok, berbeda dengan ikan Arapaima gigas.

  • Belut listrik

Sebenarnya dibandingkan berkerabat dengan belut, belut listrik lebih dekat dengan ikan lele yang merupakan ikan air tawar. Sama seperti Piranha, belut listrik juga berasal dari Sungai Amazon. Untuk membunuh mangsanya, sesuai dengan namanya belut listrik akan menghasilkan semburan listrik mematikan.

  • Ikan kepala ular

Ikan kepala ular cukup ditakuti oleh hewan-hewan lainnya karena sama seperti ular, ikan yang satu ini bisa memakan apa saja yang bergerak, mulai dari katak, ikan hingga hewan invertebrata. Yang lebih menyeramkan lagi adalah jenis ikan yang satu ini bisa hidup di luar air hingga 4 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *