AC Merk Daikin

Peran pendingin ruangan atau sering dikenal dengan AC memang cukup penting untuk memberikan udara yang dingin pada ruangan sehingga menjadi nyaman. Dari waktu ke waktu kebutuhan AC memang kian meningkat terutama di kota-kota besar yang membutuhkan pendingin ruangan untuk menstabilkan suhu di dalam ruangan. Dari sekian banyak merk AC yang ada di pasaran, AC merk Daikin merupakan salah satu yang menjadi primadona. Banyak kalangan menyukai AC Daikin karena merk AC ini memiliki ketahanan yang teruji dan pastinya AC yang satu ini mempunyai banyak keunggulan yang tidak ada pada merk AC lainnya. Selain itu AC Daikin ini juga mempunyai beberapa tipe yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

www.pexels.com

Apa Saja Keunggulan yang Dimiliki AC Daikin?

AC Daikin menjadi merupakan sebuah brand AC yang ternama di Indonesia meskipun merk AC ini berasal dari Jepang. Dari waktu ke waktu AC Daikin menawarkan berbagai tipe dengan teknologi canggih sehingga dapat mendinginkan ruangan secara lebih optimal. Namun mungkin selama ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal merk AC yang satu ini sehingga mereka masih enggan untuk memilih AC yang satu ini. Untuk semakin meyakinkan anda agar tak ragu untuk memilih AC Daikin maka berikut ini akan dijelaskan keunggulan AC Daikin yang perlu anda ketahui.

  1. Teknologi yang Canggih
    Selama AC Daikin dikenal dengan daya tahannya yang sudah teruji dan memiliki teknologi yang sangat canggih. Dimana teknologi tersebut adalah teknologi inverter yang memiliki fungsi dalam mengontrol kecepatan motor kompresor. Hal tersebut bisa mendorong aliran refigerant variable pada sistem AC. Dengan teknologi ini suhu udara bisa diatur ke segala penjuru ruangan secara lebih merata. Selain itu, AC Daikin juga memakai teknologi pendingin titanium yang dilengkapi dengan beberapa range dan dilengkapi control pendingin serta sirkulasi air swing vertical dan horizontal. AC Daikin memang lebih stabil sehingga tidak akan menimbulkan perubuhan udara yang begitu berbeda.
  2. Fitur Unggulan
    Keunggulan AC Daikin yang berikutnya yaitu mempunai fitur unggulan dari spesifikasinya yang cukup lengkap. Misalnya saja untuk AC Daikin Split FTV 25BXV14 maka mempunyai kapasitas pendingin 9000 BTU/h. Serta dimensinya 78 cm x 19 cm x 27 cm untuk indoor dan 69 cm x 19 cm x 41 cm untuk outdoor. Dengan spesifikasi tersebut maka AC ini bisa bekerja secara optimal saat dihidupkan. Selain itu AC ini juga mempunyai panjang pipa maksimum 15 meter, untuk AC jenis split berkapasitas 1PK serta berbagai kecanggihan serta kenyamanan ketika digunakan.
  3. Fitur yang Menarik
    AC Daikin mempunyai keunggulan dari segi fiturnya yang dilengkapi dengan filter antibakteri. Dimana fitur tersebut bernama Titanium Apatite Photocatalytic Filter. Filter tersebut bekerja dengan mengurangi bau yang kurang sedap di dalam ruangan. Selain itu, operasi AC Daikin bebas dari suara bising sehingga terkesan hening karena mempunyai fitur indoor quite mode sehingga dapat menurunkan suara bising. Selain itu terdapat pula fitur Quite Mode yang dapat mencegah munculnya suara bising dan memberikan kenyamanan.
  4. Hemat Energi
    Keunggulan AC Daikin berikutnya yaitu memiliki teknlogi hemat energi serta menggunakan freon R32 yang ramah lingkungan. AC Daikin memiliki Coefficient of Performance sehingga bisa mengindikasikan efisiensi unit pendingin dari penggunaan energi. Dengan Coefficient of Performance yang tinggi maka efisiensinya menjadi besar sehingga penggunaan daya listrik semakin hemat. Ketika suhu yang diinginkan telah tercapai maka AC ini akan menyesuaikan kembali secara cepat. Hal tersebut membuat konsumsi daya listrik lebih rendah dan membantu penghematan biaya listrik.
  5. Desainnya yang Menarik
    Selain memiliki banyak keunggulan dari segi fitur-fiturnya, AC Daikin juga mempunyai desain menarik. Dimana desain tersebut dibuat dalam bentuk garis kurva yang cantik dan menawan. Tentu saja desain ini membuat AC Daikin terkesan lebih modern dan elegan. Bahkan untuk AC Daikin Europen Desain yang telah sukses meraih penghargaan Red Dot Design Award pada tahun 2013. Selain itu AC Daikin Urusara juga memenangkan award dengan keindahan desainnya. Dengan demikian AC Daikin ini tidak hanya bisa memberikan kesejukan dalam ruangan namun juga dapat memperindah desain interiornya.
www.pexels.com

Jenis-Jenis AC Daikin

Setelah mengetahui keunggulan AC Daikin maka anda juga perlu mengetahui bahwa AC yang satu ini juga memiliki beberapa jenis. Dimana masing-masing jenis AC tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijelaskan jenis-jenis AC Daikin yang perlu anda ketahui.

  1. Inverter
    Jenis AC Daikin yang pertama yaitu inverter. Dimana AC jenis ini adalah penggabungan antara inverter listrik dan kecepatan motor yang bisa disesuaikan. AC Daikin inverter adalah jenis AC yang diklaim paling hemat listrk bila dibandingkan dengan tipe lainnya. Konsumsi AC Daikin inverter memang lebih rendang karena terikan pertamanya yang menggunakan daya lebih kecil. Hal ini membuat anda bisa menghemat hingga 1/3 daya tarikan bila dibandingkan dengan tipe lainnya. Selain itu AC jenis juga lebih ringan beban kerjanya sehingga bisa cepat mendinginkan ruangan. AC Daikin inverter ini juga cenderung stabil sehingga tidak terjadi perubahan suhu yang mencolok. Tentu saja hal ini berdampak pada suhu ruangan yang nyaman serta perubahan suhu yang terjadi secara halus. Namun AC jenis ini harganya memang lebih mahal dan kawat di dalam kompresor juga tidak terlalu awet serta bagian biard DC yang mudah rusak.
  2. Non Inverter
    Bila dibandingkan dengan inverter, untuk AC Daikin non inverter ini mempunyai perbedaan dari segi sistem pengendali kecepatan kerja kompresornya. Pada saat dinyalakan, AC jenis ini kompresornya akan langsung bekerja dengan kecepatan yang penuh. Namun AC non inverter ini harganya lebih terjangkau dan biaya perawatannya juga lebih rendah dibandingkan AC inverter. Tetapi untuk penggunaan daya listriknya memang masih kalah hemat dari AC Daikin inverter.
  3. Low Watt
    Untuk AC Daikin Low Watt mempunyau keunggulan dari segi kompresornya yang mempunyai daya lebih rendah bila dibandingkan tipe inverte maupun non inverter. Meskipun begitu bukan berarti AC ini tidak mempunai keunggulan karena ternyata dari segi harga, AC Low Watt ini memang lebih murah meskipun tingkat penghematan dayanya tidak sebesar inverter. Tetapi saat AC sering terjadi perubahan dari nyala ke mati maupun sebaliknya maka AC ini jauh lebih hemat. Saat menggunakan AC low watt ini dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai suhu yang diinginkan. Tipe ini juga mempunyai suara yang lebih bising dan belum dilengkapi dengan teknlogi secanggih pada inverter.
www.pexels.com

Tips Merawat AC Daikin Agar Lebih Awet

Hadirnya AC Daikin dengan berbagai keunggulannya tentu dapat membantu mengatasi rasa panas di dalam ruangan dengan kondisi suhu di Indonesia yang cukup panas. Tetapi perlu anda ketahui bahwa penggunaan AC yang terus menerus bisa membuat AC tersebut bisa mengalami kerusakan pada mesin AC jika AC tersebut tidak terawat dengan baik. Untuk itulah anda perlu mengetahui bagaimana perawatan AC Daikin yang tepat agar AC tersebut awet dingin dan tahan lama. Berikut ini akan dijelaskan tips merawat AC Daikin yang bisa anda terapkan.

  1. Pakailah AC secara Efisien
    Tips perawatan AC Daikin yang pertama yaitu dengan memakai AC tersebut seefisien mungkin. Ketika anda menyalakan AC maka upayakan ruangan tersebut dalam kondisi tertutup rapat. Hal ini akan membuat kerja AC tidak begitu berat saat mendinginkan ruangan. Pastinya ketika AC bekerja dengan baik maka bisa membuat ruangan menjadi lebih sejuk tanpa harus memaksakan mesin AC bekerja lebih berat. Selain itu ketika akan bepergian maka silakan matikan AC di dalam ruangan anda.
  2. Mengecek Freon Secara Rutin
    Tips merawat AC Daikin berikutnya yaitu dengan mengecek freon AC secara rutin. Bila freon AC mengalami kebocoran atau terjadi pengurangan maka akan membuat AC tersebut terasa kurang dingin. Untuk itulah silakan lakukan pengecekan freon AC secara rutin setidaknya 6 bulan sekali dengan menggunakan bantuan tekniki AC. Selain bagian dalam AC, bagian luar juga perlu diperhatikan yaitu bagian blower AC yang juga harus rutin dibersihkan. Hal tersebut dapat membantu menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan agar tetap lancar.
  3. Pembersihan
    Untuk merawat AC Daikin maka pembersihan AC merupakan hal yang penting untuk diperhatikn. Jika kondisi udara dalam keadaan tidak terlalu keruh maka pembersihan bisa anda lakukan setidaknya satu bulan sekali. Bila kondisi udara yang keruh maka pembersihan filter bisa anda lakukan sebulan 2 kali. Namun jika memang sudah terlal kotor maka silakan mengganti filter dengan yang baru. Sebab debu yang sudah menumpuk pada filter akan menjadi penghalang aliran udara. Hal ini akan membuat fungsi AC menjadi terganggu dan mudah rusak. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kumparan AC karena debu yang kerap menumpuk akan membuat kumparan lebih sulit menyerap panas.
  4. Memakai Fitur Time
    Sebaiknya nyalakan AC sesuai kebutuhan atau setidaknya nyalakan paling lama 5 jam. Kemudian istirahatkan AC tersebut memakai fitur timer. Setelah waktu sesuai kebutuhan anda dan AC akan mati secara otomatis. Cara ini bisa membuat kondisi mesin tetap terjaga dengan baik dan membuatnya tidak mudah rusak. Selain itu jangan terlalu sering mengatur suhu pada kondisi dibawah 22 derajat Celcius supaya mesin tidak cepat panas.
  5. Memeriksa Thermostat
    Perawatan AC berikutnya yaitu dengan memeriksa thermostat secara rutin. Karena thermostat inilah yang bertugas mengatur suhu dan bisa memastikan bahwa AC tetap bekerja dengan baik serta temperatur ruangan tetap stabil. Ketika di dalam ruangan sedang tidak banyak orang maka aturlah thermostat pada temperatur yang lebih tinggir. Selain itu lakukan service AC secara berkala menggunakan jasa layanan perbaikan AC sehingga bisa memudahkan pengecekan kondisi AC Daikin anda. Namun perlu anda ketahui bahwa AC Daikin telah menyediakan layanan service sehingga bisa membantu mencegah maupun mengatasi kerusakan pada AC. Untuk itulah silakan hubungi call center Daikin agar layanan service bisa anda nikmati secara berkala.

Demikianlah penjelasan mengenai AC merk Daikin yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum anda membeli AC. Melalui informasi di atas membuat anda tak perlu ragu untuk memilih AC Daikin. Sebab merk AC yang satu ini menawarkan banyak keunggulan sehingga akan membut ruangan anda terasa sejuk secara merata dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *