Badal Umroh, Bagaimana sih Hukumnya?

Umroh adalah ibadah yang sangat dinantikan oleh kaum muslim. Mereka yang mampu menunaikannya akan diganjar pahala yang besar oleh Allah. Badal umroh merupakan upaya seseorang untuk menggantikan orang lain yang belum sempat melakukan ibadah umroh, namun sudah lebih dahulu dipanggil ke haribaan Allah. Jadi, pada intinya badal umroh diniatkan untuk menggantikan umroh dari orang lain. Misalnya, orang tua kita sudah lebih dulu meninggal dunia sebelum semoat melaksanakan ibadah umroh. Akhirnya, kita melakukan umroh dengan diniatkan kita mengumrahkan mereka.

Nah kira-kira, apa, sih hukum dari badal umroh? Apakah penting untuk mengumrohkan orang lain? Simak ulasan di bawah ini, yuk.

Hukum Badal Umroh

Untuk dapat dapat memahami hukum dari melakukan badal umroh, yang dijelaskan melalui sebuah HR Abu Dawud 1546, shahih. Ibnu ‘Abbas bahwa Nabi shalla Allahu ‘alaihi wa sallam mendengar seseorang mengucapkan kata-kata “labbaika ‘an syubrumah” (ya Allah, aku memenuhi seruanMu untuk Syubrumah), Kemudian beliau bertanya tentang siapa Syubrumah itu? dan menanyakan tentang apakah sudah melaksanakan ibadah haji untuk diri sendiri. Jika belum , maka ibadah hajilah untuk diri sendiri.

Adapun para ulama mengatakan bahwa hukum badal umrah adalah sama dengan hukum badal haji. Jadi kesimpulannya, badal umroh dapat dilaksanakan apabila kita sendiri sudah melaksanakan umroh. Setelah itu, barulah kita dapat melakukan umroh badal untuk menggantikan orang lain. Adapun tata cara untuk melakukan badal umroh termasuk sama dengan tata cara umroh biasa. Di antaranya yaitu:

unsplash.com
  1. Mandi Junub

Mandi junub dianjurkan untuk dilakukan sebelum melakukan ihram atau umrah untuk yang pertama kali. Mandi junub ini dilakukan baik oleh wanita maupun laki-laki.

 

  1. Memakai Pakaian Ihram dan Berniat

Selanjutnya yaitu memakai pakaian ihram dan mengucapkan niat umrah. Pakaian umrah untuk kaum laki-laki yaitu terdiri dari dua helai kain yang dijadikan sarung dan juga selendang yang disampirkan di bahu. Sementara untuk perempuan yaitu pakaian apapun yang menutup aurat. Perlu diingat juga, dilarang memakai wangi-wangian.

  1. Mandi Sebelum Masuk Kota Mekkah

Sebelum masuk kota Mekkah, jika mungkin dilakukan, sebaiknya melakukan mandi terlebih dahulu. Ketika akan masuk ke Masjidil Haram dahulukan kaki kanan sambil membaca doa masuk mesjid, yaitu “Allahummaf-tahli abwaba rohmatik,” yang artinya “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu).

  1. Sampai di Ka’bah

Sesampainya di ka’bah, ucapan talbiyah berhenti sebelum kita melakukan thawaf. Jika memungkinkan, kita dianjurkan untuk mencium hajar aswad dan mengucap “bismillahi Allahu akbar” Namun jika tidak mampu, cukup memberi isyarat dan mengucapkan takbir.

unsplash.com
  1. Melakukan Thawaf

Selanjutnya yaitu mulai melakukan thawaf ssebanyak 7 kali putaran mengelilingi ka’bah. Ketika thawaf, tiga putaran pertama dilakukan dengan berjalan cepat dan empat putaran selanjutnya dilakukan dengan langkah biasa. Pada setiap putaran, lakukan idthiba atau meletakkan kain selendang di bawah pundak dan kedua ujung kain letakkan di atas pundak kiri.

  1. Melakukan Shalat

Selanjutnya yaitu melakukan shalat sebanyak 2 rakaat di dekat makam ibrahim atau di belakangnya. Jika tidak dapat tempat, lakukan di masjidil haram.

  1. Melakukan Sai

Langkah selanjutnya yaitu melakukan sai atau lari kecil sebanyak 7 kali di antara bukit Shofa dan Marwah. Ketika di atas bukit Shofa, tangan menengadah ke atas dan melakukan doa sai.

unsplash.com
  1. Melakukan tahallul

Tahallul atau memotong rambut adalah rangkaian terakhir ibadah umroh. Tahallul dilakukan dengan mencukur sebagian atau seluruh rambut kepala bagi laki-laki, dan seukuran ibu jari untuk perempuan. Jika tahallul sudah dilakukan, selesailah sudah rangkaian ibadah umrah yang dijalani.

Untuk melakukan umrah maupun badal umrah, ada baiknya jika Anda mencari jasa umroh murah di kota Solo. Umroh murah ini menyediakan paket umroh untuk area Solo dengan harga yang terjangkau.

Yang pertama yaitu travelumrohsolo.com yang menyediakan paket umroh murah mulai dari harga 24 jutaan. Anda dapat menikmati umroh yang nyaman hanya dengan harga tersebut. Umrah ini dilakukan selama sembilan hari dengan beberapa jadwal yang sudah ditentukan. Pastinya Anda ingin menikmati umrah terbaik bersama keluarga, bukan? Kalau begitu segeralah daftarkan diri Anda.

Selanjutnya yaitu ada hanatoursolo.com yang juga menyediakan paket umrah murah solo. Ada beberapa paket yang bisa Anda pilih, mulai dari paket promo millenial, paket millenial, dan paket special millenial yang dimulai dari harga 19 jutaan untuk paket promo millenial. Ada juga paket umroh bitang 5 dan 4 yang berbeda dalam jumlah harinya yang lebih singkat. Untuk paket umroh bintang 5 10 hari yaitu 23 juta rupiah. Paket umroh bintang 5 12 hari yaitu 32 juta rupiah, dan tarif paket umroh bintang 4 selama 12 hari yaitu 30 juta rupiah.

Demikianlah ulasan tentang hukum badal umroh, tatacara umroh, dan juga info mengenai paket umroh murah Solo yang bisa menjadi referensi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat beribadah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *