Beberapa Negara Yang Rutin Berburu Ikan Paus

Meskipun dilarang, berburu ikan paus masih tetap dilakukan. Alasan utamanya ialah sudah menjadi tradisi sejak lama. Dan tradisi ini ingin diturunkan pada generasi berikutnya.

Beberapa negara yang turut andil dalam perburuan ikan ini ialah Jepang, Indonesia, Norwegia dan Islandia.

Dua nama yang pertama termasuk yang paling sering. Khusus Jepang, aktivitas ini sempat dihentikan. Karena muncul pelarangan dari ICW (International Whalling Comission).

Tetapi, Jepang keluar dari organisasi tersebut. Lantas tidak mengindahkan keputusan itu. Alasan utamanya ialah perburuan ini merupakan bagian dari budaya. Budaya ini diturunkan sejak lama sehingga praktiknya terus dilakukan.

Begitu pula dengan Indonesia. Perburuan ikan paus dilakukan tiap tahun. Bahkan, ini menjadi sebuah tontonan yang menarik. Tepatnya di NTT.

Dalam perburuannya, nelayan akan menggunakan perahu tradisional. Dan beberapa nelayan akan memburu ikan dengan tombak.

Pada praktiknya, paus yang diburu bukan yang dilindungi seperti paus biru. Selain itu, paus yang mengandung akan dibiarkan.

Ketika buruan didapatkan, daging ikan ini akan dibagikan pada warganya. Ini merupakan bentuk syukuran  yang mana daging berburu ikan paus ini bisa mencukupi kebutuhan masyarakat. Dan ini tidak dilakukan setiap hari layaknya di Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *