Tips Cari Bimbel SD Terbaik

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya berprestasi dalam bidang akademik. Namun, tentunya prestasi ini tidak bisa begitu saja datang. Diperlukan usaha dan berbagai tuntutan yang perlu dijalankan untuk mendapatkan prestasi tersebut. Sebab, tidak dapat dipungkiri, hingga kini nilai masih menjadi patokan orang tua untuk menentukan kualitas belajar anak di sekolah.

Salah satu cara yang sering jadi pilihan orang tua demi menggenjot nilai anak adalah dengan mengikuti bimbingan belajar atau bimbel. Bimbel adalah salah satu tambahan belajar yang dilakukan di luar jam sekolah. Bimbel biasanya dilakukan di gedung khusus atau di rumah dengan tujuan sama, yaitu membimbing belajar anak.

Untuk orang tua yang masih memiliki anak di usia sekolah dasar, penting bagi orang tua untuk betul-betul memilih bimbel SD yang berkualitas. Sebab, anak usia sekolah dasar masih perlu ditebak karakter dan pola belajarnya. Berikut ini tips memilih tempat bimbel SD yang terbaik dan bisa dijadikan patokan untuk para orang tua yang tengah mencari tempat bimbel. Simak yang berikut.

  1. Pertimbangkan lokasi

Untuk anak usia sekolah dasar, carilah lokasi bimbel yang dekat dari rumah dan tidak perlu jauh-jauh jika memang ada yang terdekat dari rumah. Ini akan membuat anak lebih nyaman datang ke tempat bimbel. Anak juga jadi tidak terlalu lelah menghabiskan waktu di perjalanan pergi dan pulang ke tempat bimbel yang terlampau jauh dari rumah.

Anda juga perlu ingat, bahwa anak pasti merasa lelah saat pulang sekolah. Ditambah lagi, mereka harus berangkat les dan pulang. Jika tempat bimbel terlampau jauh, ini hanya akan menghabiskan waktu dan juga energi si kecil. Padahal, waktu dan energi ini bisa digunakan untuk istirahat menggantikan waktu yang terbuang di perjalanan.

stocksnap.io
  1. Pilih waktu belajar yang nyaman untuk anak

Anak usia sekolah dasar adalah anak yang masih sangat suka bermain. Untuk itu, jangan sampai belajar mengganggu kegiatan bermain, pun sebaliknya. Keduanya harus seimbang dengan cara mengatur waktu belajar dan bermainnya. Libatkan anak untuk diskusi, mana waktu yang paling nyaman untuk ia melaksanaka bimbel di luar jam pelajaran di sekolahnya.

Misalnya, saat pulang sekolah atau beberapa jam setelah pulang sekolah. Tanyakan pula pada hari apa mereka ingin melakukan bimbel. Hindari menjadikan waktu akhir pekannya sebagai hari untuk bimbel, karena akhir pekan adalah waktu mereka istirahat dan melakukan aktivitas lainnya, seperti bermain, mengasah kemampuan non-akademisnya, dan berkumpul bersama keluarga.

  1. Kurikulum sesuai dengan kurikulum di sekolah

Pilihlah tempat bimbel yang kurikulumnya sesuai dengan kurikulum anak di sekolahnya. Hal ini sangat penting diperhatikan guna menunjang pembelajaran di sekolahnya. Sebagai orang tua, Anda juga perlu berdiskusi dengan guru atau pihak sekolah perihal pemilihan tempat bimbel. Biasanya setiap sekolah memiliki rekomendasi tempat bimbel yang memiliki kurikulum yang sejalan dengan sekolah.

  1. Pilih yang metode ajarnya cocok dengan anak

Pilihlah tempat bimbel yang ritme belajarnya sesuai dengan ritme belajar anak. Jika anak lebih suka belajar sambil bermain, maka pilihlah suasana bimbel yang menyenangkan. Hal ini tentu saja untuk menghindari ketegangan pada anak saat proses bimbel. Jika anak lebih suka ketenangan, pilihkanlah tempat bimbel privat yang isinya hanya 1 sampai 3 murid dalam satu kelas.

stocksnap.io
  1. Pilih yang memiliki pengajar berkualitas

Jangan pernah berpikir bimbel tidak berpengaruh terhadap pola pikir dan pola belajar anak. Meski hanya pengajar bimbel dan bukan guru yang sering ditemui di sekolah, kualifikasi pendidikannya juga sangat penting diperhatikan. Setidaknya, pengajar bimbel haruslah mereka yang sudah tamat sarjana dan mengajar sesuai dengan faknya guna memahami permasalahan siswa.

  1. Pilih yang paling banyak direkomendasikan orang terdekat

Biasanya di sekolah banyak perbincangan mengenai bimbel-bimbel yang biasa digunakan oleh masing-masing orang tua wali. Galilah informasi berdasarkan pengalamannya mengikuti bimbel tersebut. Biasanya informasi bimbel dari orang terdekat lebih informatif, karena tahu sejauh mana kemampuan kita dan mereka juga pernah mengalami langsung bimbel yang disarankannya.

  1. Harga bersahabat

Masalah biaya bimbingan belajar tentu masih menjadi momok bagi sebagian besar orang tua. Untuk itu, jangan memaksakan memasukkan anak ke tempat bimbel yang memang secara finansial tidak disanggupi. Orang tua bisa mencari alternatif bimbingan lainnya, seperti belajar gratis menggunakan aplikasi atau website edukatif, seperti edutore.com yang dikembangkan oleh Gramedia.

Mau belajar gratis ataupun berbayar semua sama saja. Sebab, di mana pun tempat bimbelnya, pada dasarnya yang menentukan berhasil atau tidaknya seseorang bukanlah dinilai dari tempat dia belajar. Namun, semua tergantung pada kesiapan dan keseriusan seorang anak dalam meraih ilmu dan memahaminya. Kunjungi laman edutore untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *