Peluang Bisnis Saat Sekolah dan Tips Menjalankannya

Sebagian orang berpikir bahwa waktu yang tepat untuk memulai bisnis adalah setelah memiliki modal yang cukup atau setelah selesai sekolah. Padahal bisnis dapat dimulai kapan saja termasuk saat kita masih sekolah. Justru kita akan mendapatkan banyak pengalaman jika kita memulai bisnis sejak dari zaman sekolah. Sekarang ini ada banyak peluang bisnis saat sekolah yang bisa dilakukan oleh para siswa ataupun mahasiswa. Meskipun masih sibuk dengan sekolah, namun di waktu inilah kita belum terbebani dengan kebutuhan yang lebih banyak. Jadi, kita bisa belajar memulai bisnis dengan bentuk bisnis yang tidak terlalu besar dan memakan banyak waktu seperti bisnis pulsa jadi uang. Mempertimbangkan profesi pelajar juga menjadi salah satu tips penting dalam memilih bentuk bisnis yang akan  dijalankan.

Banyak orang berpandangan bahwa bisnis itu selalu membutuhkan modal yang banyak. Makanya banyak yang ragu untuk memulai bisnis. Padahal ada banyak bentuk bisnis yang bisa kita jalankan tanpa harus memiliki modal yang besar.

www.pexels.com

Bisnis Saat Sekolah dengan Modal Kecil

            Lebih cepat memulai bisnis, maka semakin banyak peluang bisnis yang bisa kita coba jalankan. Tidak ada salahnya untuk memulai bisnis semenjak masih di bangku sekolah. Toh banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan oleh mereka yang masih anak sekolah. Meskipun penghasilan yang didapatkan tidak sebanyak bisnis yang dimulai dengan modal yang besar. namun beberapa bisnis di bawah ini jika dijalankan dengan sungguh-sungguh hasilnya lumayan lho.

  1. Menjadi Reseller

Salah satu peluang usaha yang cocok untuk yang ingin menjalankan bisnis saat sekolah adalah menjadi reseller ataupun dropshipper. Bisnis yang satu ini tak butuh modal banyak, yang harus kamu siapkan sebagai modal hanya smartphone atau android dan kuota. Reseller atau dropshipper merupakan bisnis dimana kita menjual barang orang lain tanpa harus membeli barangnya terlebih dahulu. Harga jual barangnya bisa kamu sepakati dengan produsen utama. Jadi kamu akan mendapat untung dari penjualan barangnya. Jenis produknya bisa apa saja. tugas kamu adanya mempromosikan barang dagangannya, dan mendapat untung jika barangnya terjual. Kamu bisa promosikan barangnya lewat smartphone dimana dan kapan saja, jadi tidak akan mengganggu waktu sekolah kamu.

  1. Bisnis Pulsa

Selain menjadi reseller, kamu juga bisa mencoba bisnis jualan pulsa jika ingin mendapatkan penghasilan selama masih sekolah. Apalagi sekarang ada banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk menjual pulsa. Penjualannya juga bisa dilakukan melalui online, jadi tidak menyita waktu karena bisa dijalankan dengan modal smartphone. Apalagi sekarang hampir sebagian anak sekolah sudah memiliki smartphone. Daripada kuota kamu habis hanya untuk main-main, lebih baik digunakan untuk menjalankan bisnis. Lumayan keuntungannya bisa kamu gunakan untuk menambah uang jajan. Modal untuk memulai bisnis saat sekolah yang satu ini juga tidak harus besar. Kamu bisa mulai dengan modal 100rb. Bisnis yang satu ini paling banyak dipilih oleh anak sekolah pasalnya hampir sebagian besar masyarakat membutuhkan pulsa, jadi peluang suksesnya lebih besar.

  1. Endorse

Endorse atau iklan merupakan salah satu bentuk bisnis yang cocok untuk kamu yang masih sekolah. Nah, untuk endorse ini kamu cukup memiliki akun media sosial dan smartphone sekaligus kuota. Kamu bisa endorse menggunakan berbagai jenis akun sosial mulai dari instagram, facebook, Whatsapp, youtube, dan masih banyak lagi. Untuk yang menggunakan akun sosial, biasanya kamu harus memiliki follower minimal untuk bisa dipercaya seller mengendorse produknya. Untuk bayaran endorse ini biasanya hasil kesepakatan kamu dan seller. Bisnis ini paling pas untuk kamu yang memang aktif di media sosial.

  1. Tutor atau tenaga pengajar

Bagi yang masih sekolah, bisnis yang satu ini juga tak kalah menguntungkan. Apalagi kamu juga cukup siapkan modal berupa tenaga dan waktu untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Kamu bisa menjadi tutor atau pengajar di lembaga bimbingan belajar. Jika memang sudah memiliki murid, kamu bisa membuka bimbingan belajar di rumah. Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa sekaligus belajar banyak pengetahuan. Tentu saja hal ini bisa menjadi keuntungan nantinya jika kamu sudah lulus sekolah.

  1. Blogger

Bagi kamu yang suka dengan dunia menulis, maka tidak ada salahnya untuk menjadi seorang blogger. Dengan bermodalkan smartphone kamu bisa membuat blog gratis untuk membuat konten-konten terkait hal yang kamu sukai. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari bisnis yang satu ini? caranya dalah dengan memasang iklan di blog kamu. Jika blog kamu banyak pengunjungnya, maka semakin banyak pula keuntungan yang kamu dapatkan. Untuk mempromosikan blog, kamu bisa gunakan akun media sosial yang lain agar pengunjung blog kamu semakin bertambah.

www.pexels.com

Selain kelima usaha tersebut, bisnis saat sekolah yang bisa kamu lakukan antara lain adalah menjadi tour guide. Untuk bisnis yang satu ini bisa kamu lakukan saat liburan sekolah atau weekend sehingga tidak mengganggu waktu sekolah. Untuk menambah penghasilan, kamu bisa jadi reseller tiket perjalanan yang bisa kamu jalankan lewat online. Nah, dengan begitu kamu bisa menambah uang jajan kamu sekaligus belajar bagaimana caranya menjalankan bisnis. Syukur-syukur kamu bisa memberikan sebagian penghasilan kamu kepada orang tua kamu. Atau kamu bisa menabungnya untuk masa depan. Yang kerap menjadi masalah jika sudah menyangkut bisnis adalah memulainya. Kebanyakan orang berpikir bahwa bisnis membutuhkan banyak modal dan pengetahuan yang sudah bagus di bidang bisnis. Padahal ahli dalam teori bisnis tidak menjamin kita akan sukses dalam menjalankan bisnis. Yang terpenting bagaimana usaha kita untuk menjalankan bisnis meskipun mulai dari bawah dan bagaimana berlajar dari pengalaman. Sambil berbisnis kita bisa sambil belajar bagaimana caranya menjalankan bisnis agar tidak rugi dan lancar.

Tips Menjalankan Bisnis Saat Sekolah

            Memang tidak mudah menjalankan bisnis saat sekolah. Kamu harus bisa menjalankan bisnis tanpa harus mengganggu sekolah kamu. Meskipun belajar bisnis itu penting, namun sekolah jauh lebih penting karena untuk bekerja, kita tidak hanya butuh skill namun juga pendidikan semasa sekolah. Karena bagaimanapun ijazah sekolah merupakan salah satu tolak ukur sebuah perusahaan dalam menilai calon karyawannya. Nah, kalau kamu ingin menjalankan bisnis tapi sekolah tetap lancar, berikut ada tips-tips yang bisa kamu ikuti.

  1. Pintar-pintar membagi waktu

Salah satu tips penting dalam menjalankan bisnis saat sekolah adalah pintar membagi waktu. Misalnya saja kamu menjadi tutor. Kamu bisa menjadi tutor saat jam pulang sekolah atau saat weekend. Dengan begitu kamu masih punya waktu untuk belajar sekaligus sekolah.

  1. Memilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan

Sebelum kamu memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis, sebaiknya kamu  pilih bisnis yang paling sesuai dengan kamu. Dengan begitu kamu tidak akan terbebani waktu maupun tenaga yang akhirnya justru bisa mengganggu sekolah kamu. Selain itu, kalau memang belum memiliki modal yang banyak, maka pilih bisnis yang tidak membutuhkan modal seperti yang telah kita bahas di atas.

  1. Ulet

Salah satu kunci sukses adalah ulet atau rajin. Mislanya kamu memilih bisnis sebagai reseller. Maka kamu harus rajin melakukan promosi agar produk kamu dikenal orang. Karena persaingan di dalam dunia bisnis juga ketat. Apalagi di dunia online dimana banyak yang semakin tertarik untuk menjalankan bisnis di dunia online. Jika tidak pintar-pintar dalam memberikan inovasi, maka kamu akan kesulitan mengungguli saingan bisnis kamu.

  1. Inovatif

Satu lagi tips yang harus kamu miliki untuk bisa menjalankan bisnis saat sekolah agar tetap lancar. Kamu harus inovatif dalam berbisnis entah bisnis apapun yang kamu jalankan. Inovatif ini luas maknanya. Misalnya saja kamu memilih menjadi tutor, maka kamu harus berusaha inovatif dalam mengajar murid kamu. Jika kinerja kamu bagus, akan semakin banyak yang tertarik untuk mengikuti bimbingan belajar kamu dan mungkin saja upah kamu akan bertambah. untuk bisnis tutor, kepercayaan pelanggan merupakan salah satu kunci penting agar bisnisnya bisa tetap berjalan.

www.pexels.com
  1. Mempelajari pengetahuan seputar bisnis

Meskipun praktek akan lebih bagus, namun belajar lebih banyak mengenai pengetahuan seputar bisnis juga tidak kalah penting. Kamu setidaknya tahu bagaimana solusi yang tepat jika saat menjalankan bisnis kamu mengalami masalah atau kendala. Bagaimana cara memuaskan pelanggan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan juga termasuk salah satu pengetahuan penting yang harus kita kuasai.

Jika semua tips di atas bisa kamu kuasai, maka bisnis kamu akan bisa bertahan dan kemungkinan sukses lebih besar. Tak hanya itu, inovatif juga merupakan salah satu cara untuk mewaspadai pesaing. Pasalnya dunia bisnis banyak yang tertarik, dan untuk bisa bertahan dari persaingan tersebut kita harus kreatif dan memberikan hal yang berbeda. Dengan begitu konsumen akan lebih tertarik kepada produk maupun jasa yang kita tawarkan dan akhirnya menjadi pelanggan tetap. Menjaga kualitas pelayanan juga menjadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan jika ingin bisnis saat sekolah kamu lancar dan sukses.

Jika di sekolah kamu sudah belajar menjalankan bisnis, maka saat lulus sekolah kamu sudah memiliki modal cukup untuk meneruskan bisnis kamu ataupun membuka bisnis baru dengan modal yang lebih besar. Bukan hanya modal uang saja yang penting, pengalaman juga menjadi modal yang tidak kalah penting jika sudah menyangkut bisnis. Berbisnis saat sekolah juga memiliki banyak keuntungan. Diantanya adalah dapat memberikan pengalaman bisnis, menambah uang jajan, dan yang pasti kesempatan belajar di dunia bisnis. Jika telah memiliki pengalaman bisnis, maka suatu saat jika ingin membuka bisnis lain kamu tidak akan kesulitan. Pasalnya kamu telah mengetahui hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam memulai dan menjalankan sebuah bisnis.

Berbisnis juga dapat membantu kita untuk lebih menghargai uang karena kita mengalami sendiri bahwa mencari uang bukanlah hal yang mudah. Tak hanya itu, kamu juga bisa membantu orang tua kamu dengan mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak perlu bisnis yang membutuhkan banyak modal, kamu yang notabene masih pelajar dan masih belum menghasilkan uang bisa memulai bisnis modal kecil. Contohnya bisnis-bisnis di atas. Cuma butuh tenaga, waktu, smartphone, dan uang untuk membeli kuota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *