buah Nangkadak, Jenis Buah Baru Dengan Rasa Istimewa

 

 

Apakah Anda pernah mendengar buah nangkadak? Jika belum, maka hal tersebut wajar adanya karena buah ini memang belum terlalu familiar di masyarakat. Namun perlu Anda ketahui, buah nangkadak ini sudah ada sejak tahun 2008 yang lalu. Ya, karena sudah cukup lama, buah ini perlahan-lahan mulai sering dikonsumsi masyarakat.

 

Buah nangkadak merupakan varietas baru buah nangka, yaitu perkawinan silang antara buah nangka dengan buah cempedak. Banyak orang sering menyebut buah satu ini dengan sebutan nangka super karena baik dari rasa, tekstur, maupun aroma jauh lebih baik dibandingkan dengan nangka biasa.

 

Apa itu Buah Nangkadak?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah nangkadak merupakan kombinasi dari dua buah yang berbeda. Buah nangka dan buah cempedak dikawin silang sehingga menghasilkan buah nangkadak ini. Perkawinan silang ini sangat memungkinkan karena keduanya masuk kedalam suku Moraceae. Nah jika dilihat sepintas, memang buah nangkadak ini mirip buah nangka pada umumnya. Namun jika dibelah, akan terlihat jelas perbedaannya. Ketika dibelah, akan langsung keluar biji-biji atau anak-anak buah tanpa perlu susah payah memotong ruas-ruasnya.

 

Selain itu, buah nangkadak ini tidak memiliki getah yang terlalu banyak, sehingga tidak lengket saat dipegang. Dari segi tekstur, buah nangkadak ini memiliki tekstur yang lebih lembut, persis seperti buah cempedak. Dari segi rasa dan aroma ‘pun sangat jelas mirip buah cempedak. Jika dibandingkan dengan nangka biasa, nangkadak ini jauh lebih enak, lebih lembut, hampir tidak ada getahnya, dan aromanya tidak terlalu menusuk.

 

Tips Menanam Buah Nangkadak

Berbeda dengan nangka biasa, tanaman nangkadak ini memiliki tinggi hanya sekitar 3 meter saja. Jadi, buah nangkadak bisa dibudidaya dengan menggunakan pot dan ditanam di pekarangan rumah. Perawatan rutin sangat diperlukan ketika Anda membudidayakan buah nangkadak ini. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu pemupukan rutin, pemangkasan pada bagian yang tidak subur, dan melakukan penyerbukan buatan. Namun pada dasarnya, menanam buah nangkadak ini sangatlah mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *