Buat Facebook dengan Cara Mudah

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan mikrobolog daring yang digunakan untuk berinteraksi secara sosial. Selain dapat digunakan untuk berinteraksi, facebook juga dapat digunakan untuk membuat grup yang sesuai dengan minat para anggotanya. Perlu anda ketahui, facebook secara resmi diperkenalkan kepada publik pada bulan Februari 2004, Mark Zuckerberg.

Selain Mark, Facebook juga diperkenalkan bersama temannya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Sampai dengan Septermber tahun 2012, pengguna facebook diperkirakan mencapai 1 milliar pengguna aktif. Tidak berhenti di tahun 2012, pengguna aktif facebook di setiap tahunnya akan terus meningkat. Hal tersebut terbukti dari banyaknya masyarakat yang buat facebook. Dilihat dari sejarahnya, Facebook mengalami masa kejayaannya pada 13 Maret 2010 dengan menggeser posisi Google, sebagai situs yang paling sering dikunjungi.

Facebook terdiri dari dua kata, yaitu face dan book. Apabila dilihat dari makna setiap katanya, facebook dapat berarti media pembelajaran dan jendela dunia yang di mana siapa saja dapat melihat dan mendapatkan banyak informasi dari berbagai penjuru jagat dengan berbagai bentuk raut muka, ragam warna dan budaya.

pexels.com

Cara Buat Facebook

Setelah mengetahui definisi dari facebook, lantas bagaimana cara dapat menggunakan layanan media sosial facebook ini? Untuk bisa mendapatkan pelayanan facebook, pertama anda perlu melakukan pendaftaran dengan menjadi pengguna atau anggota akun facebook terlebih dahulu. Anda bisa mulai buat facebook dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Langkah yang paling pertama yaitu dengan masuk ke dalam alamat facebook itu sendiri. Apabila anda menggunakan piranti mobile, anda bisa membuat akun facebook anda dengan aplikasi atau situs laman website. Namun apabila anda menggunakan perangkat komputer atau pc, anda dapat mengakses media sosial facebook lewat laman internet.
  2. Facebook adalah sebuah media sosial yang diakses dengan menggunakan internet. Oleh sebab itu, ketika akan mengakses atau membuat akun facebook baru, anda perlu mengecek koneksi internet yang anda gunakan. Perhatikan juga kondisi jaringan internet anda, apabila koneksi internet anda sedang buruk maka proses untuk mengakses layanan facebook akan terganggu.
  3. Setelah berhasil masuk ke dalam laman resmi website facebook, tekan buat akun baru dan isi data pribadi anda. Anda bisa menemukan menu buat akun baru ini di bagian bawah kotak informasi login.
  4. Beberapa data pribadi yang wajib diisi seperti fullname (nama lengkap anda), your email (diisi dengan alamat email yang anda miliki), newa password (diisi dengan password yang nanti anda akan gunakan untuk login akun facebook), I am (select sex: dipilih sesuai dengan jenis kelamin anda), birthday (month, day, year: diisi sesuai dengan tanggal lahir anda). Setelah data pribadi tersebut anda isi, tekan sign up.
  5. Setelah melewati cara di atas, tunggu beberapa saat hingga muncul teks tertentu dan masukan teks tersebut ke text in the box. Klik sign up setelahnya.

Setelah selesai menyelesaikan beberapa cara di atas, bisa dikatakan anda telah berhasil buat facebook. Untuk memastikan, cobaah buka email anda dan lihat apakah ada konfirmasi pembuatan akun facebook yang barusan anda buat. Apabila ditemukan pesan konfirmasi, tekan link yang tersedia di badan email. Masuk ke akun facebook, anda bisa mulai login dengan menggunakan akun yang anda buat. Setelah memasukan email dan password yang anda buat, anda akan masuk ke laman awal. Di laman awal ini, anda dijelaskan beberapa tutorial mengenai penggunaan facebook. Apabila anda sudah paham dan ingin melewati tutorial tersebut, tekan skip this step. Setelah anda menekan menu tersebut, anda juga akan diminta untuk menambahkan teman. Pada bagian ini, anda bisa coba meng-invite teman anda untuk membuat akun facebook.

Selain menjadi media sosial yang digunakan untuk proses komunikasi dengan pengguna yang lain, facebook juga telah menjadi media sosial yang dapat digunakan untuk login ke dalam berbagai aplikasi yang ada. Di zaman yang semakin canggih, tentu kita sama-sama tahu apabila banyak aplikasi baru yang bermunculan. Dari sekian banyaknya aplikasi tersebut, tidak sedikit juga yang mewajibkan penggunanya untuk login terlebih dahulu. Untuk bisa login ke dalam aplikasi tersebut, tentunya setiap pengguna perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Namun hal tersebut akan berbeda apabila anda telah akun faceook. Banyak aplikasi yang menyediakan fitur login dengan facebook. Dari informasi ini, media sosial facebook telah menjadi media di mana sumber informasi mengenai diri kita. Dari informasi tersebut, tentu menjadi hal penting bagi setiap pengguna untuk benar-benar menginput informasi data pribadi dengan benar. Kesalahan data informasi pribadi ditakutkan dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Selain media sosial facebook, sebenarnya masih banyak lagi media sosial atau situs internet yang memiliki banyak manfaat seperti facebook. Adapun salah satu situs tersebut yaitu androox.com. Melalui situs tersebut, anda dapat mendapatkan banyak pelayanan, yang salah satunya berkaitan dengan marketing dan bisnis. Bagi kalian yang senang dengan dunia bisnis, anda perlu mengakses laman terseut.

pexels.com

Peran dan Fungsi Facebook

Jika anda tertarik untuk menggunakan atau buat facebook, lantas tahukah anda mengenai dampak manfaat ketika menggunakan media sosial tersebut? Seperti yang kita ketahui bersama, facebook adalah sebuah social network yang ada di jagag web. Tidak jauh berbeda dengan social network yang lain (seperti myspace dan friendster), facebook sekarang telah banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia karena manfaatnya yang begitu besar. Tidak bisa dipungkiri, facebook telah menjadi media sosial terbesar yang ada di dunia hingga saat ini. Dengan menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia, tentunya peran facebook sangat terasa dalam kehidupan manusia di zaman sekarang ini. Adapun manfaatnya yaitu:

  1. Sebagai salah tempat untuk mencari teman. Dengan menggunakan media sosial ini, anda dapat menemukan banyak pengguna facebook lain. Dengan adanya manfaat ini, anda memiliki kesempatan yang sangat besar untuk berkomunikasi dengan orang atau pengguna facebook yang berasal dari luar daerah atau bahkan luar negeri sekalipun. Bagi kalian yang sudah lama tidak bertemu dengan kawan lama, anda juga dapat memanfaatkan media sosial facebook untuk kembali berkomunikasi dengan teman lama anda ini.
  2. Sebagai tempat untuk promosi. Telah menjadi salah satu media sosial terbesar, tentu tidak menjadi sangat tepat apabila facebook digunakan sebagai media untuk promosi. Anda dapat mempromosikan diri anda atau bahkan usaha yang anda miliki melalui facebook. Dengan semakin dikenalnya diri anda atau usaha yang anda miliki, maka akan semakin besar juga profit yang nanti anda akan dapat. Dengan alasan inilah, sekarang ini banyak pelaku-pelaku bisnis yang buat facebook untuk menawarkan produk yang mereka miliki.
  3. Sebagai tempat untuk berdiskusi. Selain dapat digunakan untuk komunikasi, facebook juga dapat digunakan sebagai tempat berdiskusi. Dengan banyaknya pengguna yang aktif, anda dapat membuat grup atau mengikuti forum diskusi. Dengan mengundang banyak pengguna facebook yang lain, anda dapat melakukan diskusi dari berbagai sudut pandang orang yang lain.
  4. Sebagai tempat untuk menjalin hubungan. Media sosial facebook telah banyak dimanfaatkan penggunanya untuk menjalin hubungan dengan pengguna lain. Melalui media sosial ini juga, selain dapat mencari teman anda juga dapat mencari pacar.
  5. Sebagai tempat untuk belajar dan bermain. Facebook sekarang ini memiliki fitur permainan. Melalui media sosial ini, sekarang ini anda dapat menemukan beragam permainan yang menarik. Perlu anda ingat juga, selain dapat menghibur diri, bermain permainan yang ada di facebook juga dapat anda mainkan bersama teman.
  6. Media sosial yang praktis digunakan. Banyaknya fasilitas yang ada di media sosial facebook telah membuat facebook menjadi media sosial wajib yang harus dimiliki. Selain beragam keuntungan yang telah disebut, facebook juga sangat praktis digunakan. Apabila anda ingin mendapatkan layanan facebook, anda cukup login ke dalam laman facebook dengan menggunakan alamat email dan password.
pexels.com

Walau memiliki banyak keuntungan, ketika anda buat facebook, anda juga perlu tahu apabila media sosial facebook mampu menimbulkan beberapa efek negatif. Adapun efek negatif yang bisa didapat ketika anda menggunakan media sosial ini yaitu sebagai berikut. Yang pertama adalah dapat mengurangi waktu efektif yang anda miliki. Sebagai salah satu media sosial yang memiliki banyak fasilitas menarik, penggunaan media sosial facebook dapat memberi efek negatif kepada penggunanya untuk terus bermain berjam-jam.

Dari penjelasan ini, penting bagi setiap pengguna facebook untuk benar-benar memperhatikan jam bermainnya. Efek negatif yang kedua yaitu berkaitan dengan poronografi. Sebagai media sosial terbesar, tentu tidak mengherankan apabila facebook dapat menjadi sumber utama penyebaran foto-foto yang berbau pornografi. Efek negatif yang ketiga yaitu dapat membuat anda boros. Berkaitan dengan poin yang pertama tadi, terlalu lama bermain facebook tentu akan menghabiskan kouta data anda. Dan yang kita ketahui juga, apabila kouta data habis maka kita perlu mengisi kouta data tersebut. Secara sederhana dapat dikatakan apabila bermain facebook terlalu lama dapat membuat anda boros.

Efek negatif selanjutnya yang bisa didapat ketika menggunakan facebook yaitu kerjaan dan pekerjaan rumah tidak selesai. Sama halnya dengan poin pertama tadi, terlalu lama bermain facebook dapat membuat seseorang lupa dengan tugas dan kewajibannya. Untuk yang terakhir, media sosial facebook dipercaya membuat candu untuk terus berkomunikasi secara digital.

Komunikasi secara digital atau online sebenarnya baik apabila dalam porsi yang tepat. Namun apabila tidak tepat, komunikasi yang sering dilakukan digital atau online dapat membuat proses komunikasi di dunia nyata menjadi canggung. Tidak sedikit orang yang kehilangan kemampuan komunikasinya ketika di dunia nyata. Kebanyakan lebih senang dan lebih tenang ketika melakukan proses komunikasi lewat media online.

Untuk menjadi pengguna facebook yang baik, sebaiknya masing-masing pengguna dapat memanfaatkan pengunaan media sosial facebook secara bijak. Terlepas dari kerugian yang telah disebutkan tadi, semuanya akan kembali ke pribadi masing-masing pengguna facebook. Apabila si pengguna tidak berlebihan dalam memanfaatkan media sosial facebook, maka beberapa efek negatif yang tadi telah disebut tentu tidak akan terjadi.

FYI, facebook oleh pemilih bisnis online biasanya digunakan untuk mendatangkan trafik (pelanggan). Nah selain facebook, Anda juga bisa mendatangkan trafik dari google ke website Anda. Namun harus ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seperti konten, optimasi, backlink, monetizing, dll.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *