Burung Maleo: Ciri, Habitat dan Makanan Kesukaan

 

Deskripsi

Anda mengaku pecinta beragam jenis burung, namun sudahkah anda mengetahui tentang burung Maleo? Jika belum, simaklah artikel berikut hingga akhir agar anda mengetahuinya.

Artikel

Bagi anda pecinta burung tentu sudah banyak mengenal dan mengetahui beragam jenis burung yang ada di indonesi bukan? Lantas apakah anda juga sudah mengetahui tentang burung bernama Maleo? Macrocephalon maleo atau burung Maleo merupakan salah satu burung berukuran sedang yang hidup dan berkembang di Indonesia khususnya hanya ditemukan dipulau Sulawesi. Burung ini sudah masuk kedalam status terancam punah, hal tersebut tidak lain disebabkan karena ulah sebagian oknum yang memburu serta mengambil telurnya untuk dikonsumsi. Bagi anda yang belum sempat mengetahui mengenai Maleo, berikut ini informasi ciri-ciri, habitat dan makanan kesukaannya.

Ciri-Ciri, Habitat dan Makanan Kesukaan Burung Maleo

  1. Ciri-Ciri Burung Maleo

Secara kasat mata burung Maleo tampak seperti Ayam, yang membedakan lehernya tampak lebih panjang. Ciri burung tersebut dapat dilihat dari warna bulu yang hitam dan dibagian bawah berwarna merah keputihan, kulit dibagian sekitar mata berwarna kuning, paruh berwarna jingga dan kaki berwarna abu-abu. Ciri khas lainnya yang tampak dari burung ini yakni terdapat jambul berwarna hitam. Maleo jantan dan betina serupa namun ukuran Maleo betina lebih kecil dan warnanya lebih kelam.

 

  1. Habitat Burung Maleo

Burung Maleo memiliki habitat di daerah berpasir terbuka, disekitar pantai gunung berapi, serta didaerah yang hangat. Burung ini hanya dapat ditemukan di hutan tropis pulau Sulawesi yang memiliki dataran rendah. Anda bisa menjumpai maleo di beberapa daerah pulau Sulawesi seperti di Gorontalo tepatnya di Bone Bolango dan Pohuwato serta di Sulawesi Tengah tepatnya di Sigi dan Banggai.

 

  1. Makanan Kesukaan Burung Maleo

Membahas mengenai makanan kesukaan, setiap burung tentu memiliki makanan kesukaan yang hampir sama. Sama halnya dengan jenis burung lainnya burung Maleo juga menyukai makanan berupa biji-bijian, buah-buahan dan hewan-hewan kecil. Hewan kecil yang biasa dimakan diantaranya semut, kumbang dan lain sebagainya.

 

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri, habitat dan makanan kesukaan burung Maleo. Semoga ulasan ini bermanfaat. Ingat lindungi dan lestarikan hewan-hewan di seluruh dunia agar anak-cucu kita tidak hanya melihat gambar dan mendengar cerita.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *