Burung Wambi

 

Deskripsi

Satu lagi jenis burung yang banyak dijadikan peliharaan adalah burung Wambi. Berikut ini adalah informasi tentang keunikan dan cara membedakan yang jantan dan betina.

 

Artikel

Burung wambi adalah burung yang berasal dari China dengan nama Hwa Mei. Wambi berasal dari wilayah tiongkok selatan ini hampir terancam punah ketika wilayah itu dilanda wabah flu burung yang menyebabkan tehentinya impor dari China. Burung yang dijuluki Rocker ini terkenal sebagai salah satu jenis burung yang menjadi primadona dikalangan kicau mania.

 

Fisiknya yang kuat dan kicaunya yang nyaring membuat siapapun pecinta burung yang melihatnya tertarik untuk memiliki. Sama seperti burung kicau lainnya, makanan favorit burung wambi adalah telur semut (kroto), jangkrik, dan ulat hongkong. Namun perlu diketahui bahwa pemberian ulat hongkong secara berlebihan tidaklah baik bagi kesehatan burung itu sendiri.

 

Cara membedakan burung Wambi jantan dan Betina

Meskipun memiliki suara yang nyaring dan merdu, burung wambi betina sebaiknya yang diikutkan dalam ajang perlombaan karena memiliki suara yang lebih konsisten. Beberapa kriteria berikut ini dapat dijadikan pedoman dalam membedakan burung wambi jantan dan betina.

 

  1. Ukuran tubuh

Burung wambi betina pada umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada wambi jantan. Ini membuat wambi jantan lebih cocok dijadikan sebagai burung aduan karena lebih gesit.

 

  1. Warna mata dan bulu leher

Jika anda perhatikan dengan seksama, warna mata burung wambi jantan senderung lebih biru dibandingkan wambi betina. Selain itu, warna bulu wambi jantan lebih tegas disbanding wambi betina yang memiliki bulu lebih halus dan warna lembut.

 

  1. Tulang panggul dan alat Vital

Burung wambi betina memiliki struktur panggul yang lebi lebar dibandingkan wambi jantan. Hal ini karena wambi betina melakuka fungsi reproduksi. Sementara itu, alat vital wambi betina lebih datar dibandingkan wambi jantan yang sedikit menonjol.

 

Nah, ternyata mudah bukan, cara membedakan burung wambi jantan dan betina ? sekarang anda dapat melatih burung anda untuk mengikuti ajang perlombaan. Selamat berlatih.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *