Langkah Membuat Email yang Mudah dan Praktis

Siapa pun orangnya, pasti mereka memiliki sosial media yang bisa mereka gunakan untuk berbagai macam hal. Ada yang digunakan untuk mengupload foto, video, beberapa tips dan trik, maupun yang lainnya. Untuk memiliki sebuah sosial media, ada salah satu komponen penting yang harus kalian persiapkan yaitu memiliki sebuah email.

Fungsi Email

Sebenarnya, cara membuat email tidaklah sulit. Namun, ada sebagian orang yang mungkin masih belum mengetahui bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk membuat email. Lalu, mengapa kita membutuhkan email? Selain bisa digunakan sebagai syarat pembuatan akun sosial media, biasanya ketika kita berbelanja secara online, toko tersebut akan meminta email kita.

Nah, fungsi email ini adalah alat komunikasi digital atau surat elektronik yang juga bisa dijadikan sebagai salah satu identitas diri seseorang. Akun email yang ingin kita miliki tidak perlu berbayar atau gratis. Ada banyak penyedia layanan email yang bisa kalian pilih salah satunya baik Gmail, Yahoo Mail maupun Hotmail.

Selain memiliki banyak fungsi, email juga memiliki banyak keunggulan. Untuk mengetahui beberapa keunggulan yang akan kalian dapatkan, maka kalian harus terlebih dahulu paham cara-cara atau langkah pembuatan email yang baik dan benar.

pixabay.com

Inilah Tutorial Membuat Email

Berikut ini adalah sebagian tutorial yang bisa Anda lakukan untuk membuat email secara gratis di beberapa layanan email baik Gmail, Yahoo, maupun Hotmail. Nah, beberapa caranya adalah:

  • Akun Gmail
  • Anda bisa mengunjungi situs Google Mail kemudian pilih membuat akun yang biasanya ada di sebelah kanan atas pada halaman Gmail.
  • Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman baru di mana Anda bisa mengisi sejumlah data diri dan mengisi sejumlah kolom pendaftaran dengan data Anda selengkap-lengkapnya. Beberapa kolom yang diisi adalah nama, password, tanggal lahir, gender, nomor HP, lokasi, dan mencentang untuk menyetujui kebijakan Google.
  • Anda akan mendapatkan Pop up yang isinya privasi dan persyaratan, Anda bisa scroll sampai ke bawah untuk memilih setuju. Dan, akun Gmail pun sudah Anda miliki.
  • Yahoo Mail
  • Anda bisa mengunjungi situs Yahoo Mail dan memilih menu sign up.
  • Kemudian, Anda juga akan diarahkan untuk mengisi beberapa identitas diri baik nama, password, gender, tempat tanggal lahir, dan yang lainnya. Usahakan ketika membuat password, buatlah yang mudah untuk diingat. Anda bisa menambahkan kombinasi huruf besar maupun angka di dalamnya agar tidak mudah terdeteksi.
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan menuju ke halaman verifikasi dan akan memberikan kode verifikasi yang akan dikirimkan langsung ke nomor HP yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.
  • Kemudian, setelah mendapat SMS berupa kode, maka Anda bisa memasukkan kode tersebut kemudian klik verify. Dan, akun Yahoo Mail pun sudah Anda miliki.
  • Hotmail
  • Anda bisa mengunjungi situs Hotmail dan klik buat akun di bagian bawah halaman Hotmail.
  • Kemudian, Anda akan diarahkan kepada halaman pendaftaran dan harus mengisi sejumlah formulir yang ada dengan memasukkan identitas diri Anda. Isi identitas yang harus diisi pun masih sama dengan cara sebelumnya baik membuat akun Gmail maupun akun Yahoo Mail.
  • Setelah melakukan seluruh cara yang ada di atas, maka Anda bisa memilih tombol tanda panah yang ada di bagian kanan untuk melihat fitur Outlook dan bisa melakukan pengaturan awal.
  • Setelah Anda melakukan beberapa pengaturan awal, maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah masuk ke halaman kerja akun email Anda dengan memilih tombol “Mari Kita Mulai”.

Jadi, itulah 3 tutorial yang bisa kalian lakukan apabila kalian ingin membuat salah satu email dari 3 sumber yang berbeda-beda. Masing-masing email di atas adalah email yang sering digunakan banyak orang untuk berbagai hal. Namun, salah satu jenis email yang paling sering dipilih dan digunakan oleh hampir sebagian masyarakat adalah akun Gmail.

pixabay.com

Kelebihan Memiliki Akun Email

Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda memiliki sebuah email. Baik mendapat banyak kesempatan untuk membuat akun sosial media, membuat website, bahkan Anda bisa membuat beberapa aplikasi e-commerce yang pastinya mampu menghasilkan banyak keuntungan berupa uang tunai.

Kali ini perkembangan dalam dunia internet tidak bisa kita bendung lagi. Karena ada banyak hal-hal baru yang sudah bisa kita lakukan dengan mudahnya termasuk email ini. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh seseorang yang memiliki akun email. Dengan memiliki sebuah email, maka Anda bisa mendapatkan begitu banyak promosi.

Promosi yang biasanya akan dikirimkan langsung melalui email Anda ini adalah sejumlah promosi ketika Anda berlangganan sesuatu, kemudian menjadi salah satu anggota member pada beberapa toko online, dan masih banyak lagi keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki sebuah email.

Jadi, dengan banyaknya manfaat serta kelebihan seputar kepemilikan email di atas, maka segeralah untuk memiliki minimal salah satu email baik Gmail, Yahoo Mail maupun Hotmail. Anda bisa membuatnya dengan mengetahui sejumlah cara membuat email seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *