Cara Menghilangkan Rayap Di Tembok Yang Mudah Dan Murah

Tahukah anda mengapa rayap bisa menggigit dan memakan kayu serta dinding rumah yang begitu keras? Hal tersebut karena rayap memiliki rahang yang sangat kuat dan juga tajam. Dengan rahangnya tersebut, rayap bisa memakan segala hal yang ada di rumah. Ketika rayap sudah masuk ke dalam rumah dan membuat sarang, tidak membutuhkan waktu yang lama hingga akhirnya rayap menghancurkan isi rumah anda, mulai dari furniture hingga dinding rumah anda. Sangat berbahaya sekali ketika rayap sampai masuk ke dinding dan membuat sarang di dalamnya. Hal tersebut akan membuat dinding rumah anda menjadi lebih rapuh. Ketika rayap sudah terlanjur membuat sarang di dinding rumah, yang bisa anda lakukan hanyalah melakukan pemusnahan rayap, salah satunya adalaha dengan cara menghilangkan rayap di tembok menggunakan jasa anti rayap.

pxhere.com

Fakta mengerikan tentang rayap

Menggunakan jasa adalah langkah terakhir apabila tidak ada yang bisa anda lakukan lagi untuk menghilangkan rayap di dalam rumah anda. Apabila rumah anda masih belum tersentuh oleh rayap, bersyukurlah karena anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membasmi rayap dan tidak perlu merasakan kerugian akibat rayap.

Tahukah anda mengapa rayap begitu berbahaya? Berikut adalah beberapa fakta yang harus anda ketahui tentang rayap, dan mengapa rayap sangat berbahaya:

  • Rayap selalu memakan kayu maupun dinding rumah anda tanpa henti. Rayap akan terus melakukannya selama 24 jam setiap harinya.
  • Rayap Subterranean adalah jenis rayap yang tinggal di bawah tanah. Bila ada furniture berbahan kayu milik anda yang menyentuh langsung dengan tanah, ada kemungkinan rayap tersebut akan mendatangi furniture anda dan merusaknya. Rumah yang terbuat dari batu bata juga memiliki resiko yang sama karena rumah bersentuhan langsung dengan tanah.
  • Ratu rayap yang menjadi pemimpin koloni rayap dapat hidup hingga 10 tahun, yang mana setiap tahunnya dapat menghasilan 160 ribu telur. Bayangkan seberapa besar koloni rayap yang ada di rumah anda selama bertahun-tahun tinggal di sana.
  • Satu koloni rayap terdiri dari 95% rayap pekerja yang tugasnya merusak kayu maupun dinding rumah, dan 5% rayap prajurit yang melindungi koloni dari serangan hewan atau manusia.
  • Rayap akan membangun terowongan yang terbuat dari lumpur, air liur dan juga kotoran dengan tujuan untuk memudahkan rayap bergerak di bawah tanah. Semakin banyak terowongan di dalam tanah, terutama di bawah rumah anda, maka akan semakin berbahaya juga keadaan rumah anda karena kondisi tanah di bawahnya tidak padat dan bisa roboh kapan saja.
pxhere.com

Cara menghilangkan rayap di tembok dan furniture kayu

Dengan fakta-fakta mengerikan di atas, tentunya ketika anda sudah menemukan rayap di rumah anda, anda pasti ingin mengetahui cara menghilangkan rayap di tembok maupun furniture rumah anda agar kerugian tidak menjadi semakin besar bukan? Langsung saja, berikut adalah cara mencegah dan cara mengatasi rayap dengan mudah dan pastinya murah:

  1. Air dari kapur sirih

Untuk mengatasi rayap dengan air kapur sirih, yang perlu anda lakukan adalah menyiramkan air tersebut pada kayu atau dinding rumah anda yang terkena serangan rayap. Anda juga bisa menyiramkannya langsung ke sarangnya bila anda menemukan sarang rayap. Sifat air kapur sirih yang yang panas akan membuat kulit rayap terluka karena kulit rayap terbilang tipis dan juga lembut.

  1. Minyak tanah

Kalau anda kesulitan mendapatkan minyak tanah, anda bisa menggantinya dengan solar atau bensin karena keduanya memiliki bau yang mirip dengan minyak tanah. Cara menghilangkan rayap dengan minyak tanah adalah dengan menyemprotkannya pada kayu serta dinding yang telah diserang rayap dan juga menyemprotkannya pada sarangnya. Anda bisa menambahkan minyak serai pada minyak tanah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Air cucian beras

Walaupun sifatnya hanya sementara dan tidak bisa permanen, setidaknya air cucian beras bisa anda gunakan sebagai cara pertama untuk mengusir rayap dari dinding dan juga furniture milik anda.

pxhere.com
  1. Garam dapur / kitchen salt

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, garap juga menjadi salah satu cara menghilangkan rayap di tembok. Caranya adalah dengan menaburkannya di sarang rayap, furniture dan dinding yang terkena serangan rayap. Namun karena bila dengan menaburkan garam saja hanya bagian luarnya saja yang mengenai rayap, lebih efektif bila anda mencampurkan garam, air dan tembakau. Anda diamkan campuran tersebut selama satu malam dan semprotkan campuran air tersebut keesokan harinya.

Kalau cara-cara di atas sudah tidak bisa digunakan, tidak efektif dalam mengusir rayap, maka langkah terakhir adalah memanggil jasa pembasmi rayap. Biasanya mereka menggunakan obat khusus untuk menghilangkan rayap-rayap membandel. Karena obat-obatan tersebut terbuat dari bahan-bahan kimia berbahaya, lebih baik mereka yang mengurus pengusiran rayapnya. Sebaiknya anda tidak memiliki ide untuk mencari obat rayap tersebut secara online atau di toko-toko dan menggunakannya sendiri. Apabila ada kesalahan dalam penggunaannya, bisa berbahaya bagi tubuh manusia. Lebih baik mengeluarkan uang lebih daripada membahayakan kesehatan anda. Seperti yang anda ketahui bahwa kesehatan harganya lebih mahal daripada apapun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *