Berbagai Jenis CMS Blogger, Review Produk: Kelebihan dan Kekurangannya Saat Digunakan

Dalam dunia blog, kebutuhan penggunaan CMS adalah bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. Dengan adanya CMS Blogger inilah pengaturan atau manajemen blog dapat dilakukan dengan mudah. Sebut saja anda dapat lebih mudah untuk melakukan penulisan, pengaturan tulisan, mengelola konten dan hal lainnya. Semuanya dapat dilakukan dengan memanfaatkan CMS yang telah tersedia. Hingga saat ini, tersedia banyak CMS yang dapat menjadi pilihan para pengguna.

 

CMS yang semakin berkembang dan menyakinkan diri sebagai layanan terbaik, membuat pengguna kebingungan dalam memilihnya. Pengguna akhirnya mencari layanan CMS yang memiliki fungsi dan fitur menarik, tanpa memperhatikan kemudahan penggunaan. Jika hal ini terjadi, mungkin kesulitan dalam penggunaan blog akan terjadi. Untuk menyiasati dan meminimalisir terjadinya kesulitan tersebut, kali ini akan dijelaskan beberapa CMS yang dapat digunakan untuk website, lengkap dengan reviewnya.

pxhere.com

Berbagai Jenis CMS Blogger untuk Website dan Toko Online

Dibawah ini adalah beberapa macam CMS Blogger yang cukup populer dan banyak digunakan secara lokal ataupun non lokal. Beberapa CMS yang dimaksud dapat disimak pada informasi beriku ini,

  1. CMS WordPress

Pilihan CMS perdana mungkin akan jatuh pada CMS WordPress. CMS ini dikenal oleh banyak orang dan telah digunakan sejak lama. Perkembangannya yang menarik, terus menjadi alasan semakin banyak orang yang mendownloadnya. Selain itu, kemudahan menggunakan CMS ini menjadi alasan mengapa banyak orang menggunakannya untuk website atau blog.

 

Berbicara tentang kelebihan, terdapat kekurangan yang ada dalam CMS ini. Diantaranya, dibutuhkan biaya lebih untuk mendapatkan semua layanan yang diinginkan. Serta kerentanan dari segala sisi, termasuk keamanan data yang dimasukkan. Untuk itu, perlu dipertimbangkan akan menggunakan layanan ini atau sebaliknya.

  1. CMS Drupal

Berikutnya adalah CMS Drupal yang memiliki layanan terbaik dikelasnya. Dalam hal keamanan, Drupal menduduki peringkat ke empat diantara CMS dunia lainnya. Karena sistem keamanannya yang baik, Drupal terus mendapatkan pengguna baru. Untuk informasi anda, Drupal banyak digunakan untuk portal berita, profil perusahaan, ataupun e-commerce.

 

Walaupun memiliki banyak keunggulan, anda harus memperhatikan adakah kekurangan dari layanan ini. Sampai saat ini belum ditemukan kekurangan untuk layanan Drupal. Namun jika penasaran, cobalah mencari tahunya melalui jasa website ataupun konten. Karena jasa ini memiliki pengetahuan lebih terkait CMS.

  1. CMS Aura

Masih dalam pembicaraan tentang CMS, anda dapat menjadikan CMS Aura sebagai pilihan. Pilihan ini tepat, jika tidak nyaman dengan CMS yang sebelumnya. Menariknya, CMS ini merupakan buatan anak negeri dengan kualitas yang cukup baik. Kelebihannya CMS ini banyak memiliki pilihan bahasa, serta memiliki kualitas yang tidak kalah dengan CMS dari luar negeri.

pxhere.com

Untuk mengetahui kelemahan dari CMS ini, anda harus memperhatikan CMS secara seksama. Atau mudahnya, gunakanlah terlebih dahulu CMS Aura, untuk mengetahuinya. Dari sanalah akan diketahui apakah yang termasuk kelemahan dan kelebihan dari CMS Aura. Karena sudah cukup lama digunakan, CMS ini sudah cukup baik dan terus melakukan pengembangan.

  1. Textpattern CMS

Jenis CMS lain yang dapat dijadikan pilihan untuk website adalah Textpattern CMS. CMS ini mungkin tidak banyak didengar oleh pengguna. Walaupun demikian, layanan yang diberikan cukup maksimal dan ukuran yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Karenanya, layanan CMS memiliki fitur fast loading dan bersahabat saat koneksi internet sedang mengalami masalah.

 

Sayangnya, masih terdapat beberapa kekurangan dari penggunaan Textpattern. Di mana, CMS ini tidak memiliki fasilitas untuk pingback atau trackback. Jadi anda harus memiliki banyak ilmu tentang bahasa pemrograman yang lebih advanced. Serta, jika dibandingkan dengan CMS lain, Textpattern tidak terlalu memiliki banyak fitur dan plugins yang dapat digunakan.

  1. CMS Joomla

Joomla adalah penyedia CMS lain yang dapat digunakan untuk membuat toko online atau website. CMS ini telah digunakan banyak orang dan menempati sebagai peringkat kedua dalam CMS dengan kerentanan paling minim. Bahkan menurut data, Joomla sangat jarang mengalami masalah hack ataupun deface yang kerap dijumpai di CMS lainnya.

 

Anda yang tertarik menggunakan CMS ini namun masih pemula, harus memikirkannya kembali. Karena bahasa pemrograman yang dibutuhkan cukup sulit jika dibandingkan dengan wordpress. Selain dari dua kekurangan ini, tidak ada kekurangan lain yang akan didapat dari penggunaan Joomla. Jika sudah cocok, segeralah gunakan layanan Joomla untuk kebutuhan website.

Dari semua jenis CMS blog ini, manakah yang menjadi pilihan anda? Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan bahasa pemrograman. Jika kesulitan mintalah bantuan ahli untuk menyelesaikannya. Lantas, bagaimana cara memilih CMS blog yang tepat digunakan?

pxhere.com

Cara Memilih CMS Blog Untuk Digunakan pada Website

Terdapat satu cara mudah untuk menentukan CMS yang akan digunakan. Dalam hal ini adalah memperhatikan kemampuan diri dalam bahasa pemrograman. Jangan sampai memaksakan kemampuan hingga akhirnya menimbulkan masalah dalam pengembangan website atau toko online.

 

Kesimpulan

Jadi, sudah menentukan CMS blogger mana yang akan digunakan? Usahakan memilihnya dengan tepat sesuai dengan cara yang telah dijelaskan. Perhatikan pula apakah CMS sudah sesuai dengan kebutuhan. Jika belum, sebaiknya beralih dan dapatkan CMS yang lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *