Mengenal Fungsi dan Cara Pemakaian Epoxy Pylox yang Tepat

Untuk memberikan warna yang indah pada benda maupun kendaraan maka biasanya menggunakan cat pylox. Dimana cat pylox memang identik dengan cat semprot yang penggunaanya sangat praktis. Bahkan cat pylox tersebut bisa dipakai untuk berbagai keperluan pengecatan sehingga tak heran jika cat tersebut sering dibutuhkan. Dari sekian banyak jenis cat pylox yang ada di pasaran, salah satu yang paling banyak dicari yaitu epoxy pylox. Untuk lebih jelasnya seputar cat pylox tersebut maka dalam artikel ini akan diberikan informasi lebih lengkapnya.

Mengenal Fungsi dan Kelebihan Epoxy Pylox

Cat semprot memang lebih banyak dipilih oleh masyarkat karena cat ini lebih mudah dalam penggunaannya. Bila menggunakan cat biasa maka membutuhkan waktu yang lama dan hasilnya terkadang kurang merata dan tebal di sebagian sisi saja. Berbeda dengan cat semprot karena cukup menyemprotkan cat maka secara praktis permukaan media yang dicat akan tampak semakin indah. Namun perhatikan saat menyemprot sebaiknya jangan asal karena bisa menjadikan hasilnya keriting dan kurang merata.

pxhere.com

Selama ini mungkin sebagian dari anda ada yang masih belum mengetahui fungsi dari cat pylox epoxy. Cat epoxy memiliki kegunaan ganda yaitu sebagai tumpuhan cat finishing supaya melekat erat di atas cat dasar. Hal ini menjadikan cat tersebut bisa mengikat ganda antara metal, cat dasar dan cat finishing. Selain dijadikan sebagai cat dasar untuk otomotif, ternyata cat epoxy bisa digunakan pada konstruksi pabrik baja, pabrik kimia maupun jenis konstruksi lainnya. Hal ini dikarena cat ini mempunyai daya tahan yang bagus terhadap karat.

Dengan menggunakan cat pylox epoxy maka media yang dicat akan terlihat lebih indah. Supaya anda semakin yakin menggunakan cat pylox epoxy maka berikut ini akan diberikan beberapa kelebihan dari cat semprot yang satu ini.

  1. Penggunaan yang Lebih Hemat
    Pemakaian cat semprot dipilih karena dapat menghemat pemakaian cat. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa cat semprot lebih cepat habis padahal kondisi tersebut disebabkan oleh pemakaian cat yang salah. Untuk epoxy pylox memakai nosel semprot yang pemakaiannya teknologi khusus sehingga pada setiap tekanan nosel akan lebih optimal dan tidak banyak cat yang terbuang saat disemprotkan. Pemakaian cat pylox epylox yang tepat sebaiknya disemprotkan dengan jarak 15 cm saja sehingga anda tak perlu khawatir cat tersebut akan bertumpuk.
  2. Bisa Menghilangkan Bekas Goresan
    Cat pylox epoxy menggunakan bahan yang digunakan pada permukaan plastik sehingga cat ini bisa dipakai untuk menutupi bekas goresan. Tentunya bekas goresan yang ditutup menggunakan cat semprot ini akan lebih bagus untuk menutupi bekas goresan dan tidak mudah muncul kembali.
  3. Tidak Gampang Retak
    Cat epylox ini memakai acrylic resin yang menjadikan cat ini tidak mudah pecah ketika kering meskipun bersentuhan juga dengan permukaan benda lain. Untuk bagian benda yang sensitif maka anda bisa merasa lebih aman dan bebas retakan.
  4. Chameleon Paint
    Cat ini memiliki keunikan tersendiri sehingga akan memberikan efek 3D sesuai dengan jenis warna yang anda pilih. Efek 3D akan membuat permukaan benda semakin tampak nyata dan indah.
pxhere.com

Langkah-Langkah Pengecatan Memakai Epoxy Pylox

Setelah mengetahui fungsi dari cat pylox epoxy, selanjutnya anda juga perlu tahu cara penggunaan cat tersebut pada media yang akan dicat. Sebab pengecatan yang tepat akan memberikan hasil yang memuaskan dan lebih tahan lama. Berikut akan dijelaskan langkah pengecatan menggunakan epoxy pylox yang perlu anda ketahui.

  1. Bersihkanlah terlebih dahulu media yang akan dicat supaya terbebas dari kotoran. Selanjutnya amplas permukaan media tersebut. Pengamplasan adalah bagian yang tak boleh terlewatkan karena pengamplasan akan membuat hasil pengecatan semakin bagus dan halus. Dalam pengecatan, pengamplasan merupakan salah satu langkah utama yang tidak boleh terlewatkan.
  2. Kemudian cuci bersih bagian yang akan dicat lalu keringkan. Tutup bagian permukaan yang tidak ingin terkena cat menggunakan kertas secara rapat. Kemudian aplikasikan cat pylox tersebut dengan cara menyemprotkannya pada bagian yang perlu dicat. Supaya hasilnya lebih merata, sebaiknya lakukan penyemprotan cat tipis-tipis terlebih dahulu sampai rata. Hindari menyemprotkna cat langsung tebal karena membuat hasilnya kurang halus.
  3. Bila cat sudah merata sebaiknya segera keringkan cat tersebut di bawah terik matahari. Jika cat sudah kering silakan lapisi dengan menyemprotkan cat epoxy warna lainnya sesuai keinginan. Keringkan cat hingga benar-benar kering barulah benda tersebut dipasang atau dipergunakan sesuai keperluan.
pxhere.com

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi dan cara penggunaan cat epoxy pylox yang bisa menambah wawasan anda. Melalui informasi di atas kini anda bisa memahami kegunaan dan cara penggunaan cat semprot epoxy. Dengan begitu anda bisa menerapkan cat ini secara tepat dan hasilnya lebih memuaskan. Namun jika anda belum memiliki pengalaman menggunakan cat semprot ini maka silakan gunakan jasa epoxy lantai. Dimana jasa ini menawarkan layanan pengecatan epoxy dengan hasil yang rapi dan sesuai keinginan klien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *