Tips dan Trik Fotografer Profesional

Fotografer pemula tentu akan mengasah kemampuan fotografinya agar bisa menjadi profesional. Jika kita masih terhitung amatir dalam dunia fotografi, maka kita bisa terapkan tips-tips untuk menjadi fotografer profesional. Apalagi, menjadi seorang fotografer yang profesional pasti adalah dambaan tiap orang yang mendalami aktivitas potret memotret ini.

 

Dengan menjadi seorang fotografer yang profesional, kita akan bisa menghasilkan uang. Caranya tentu adalah melalui hobi memotret yang disukai dan dikuasai ini. Maka dari itu, ada beberapa tips yang patut dicoba bagi pehobi fotografi yang masih dalam tahap awal. Kualitas jepretan yang meningkat akan membuka peluang kita dalam menjadi profesional di bidangnya.

 

Tips menjadi fotografer yang profesional sendiri sebenarnya tidak sesulit yang mungkin kita bayangkan. Kata profesional di sini ialah penghargaan bagi semua fotografer yang dapat menghasilkan gambar-gambar bagus, baik untuk foto pemandangan, olahraga, makanan, objek manusia dan lain-lain. Tentu saja, tips ini tidak hanya terpusat pada kamera yang digunakan.

 

Faktanya, ternyata ada banyak fotografer yang mengandalkan kamera ponselnya. Walau demikian, hasil bidikan gambarnya tetap jernih dan berkualitas, tidak kalah dengan foto yang diambil menggunakan kamera DSLR. Tips menjadi fotografer yang profesional di sini lebih mengarah pada kemampuan si fotografer ketimbang alat yang digunakannya.

 

Kamera jenis apapun yang digunakan oleh si fotografer, jika tidak bisa menggunakan maupun menyesuaikannya maka hasilnya juga tetap tidak akan bagus. Fotografer yang telah pro ialah mereka yang mampu secara naluri serta memiliki bakat menyesuaikan objek foto dengan kamera yang ada di genggamannya.

unsplash.com

Tips Mendapatkan Foto yang Baik

 

Hasil jepretan kamera fotografer yang profesional ini bisa ditemukan di situs-situs download free HD images. Tentunya hasil bidikan mereka sangat enak dipandang dan memiliki nilai plus tersendiri. Jika kita ingin pula memiliki hasil bidikan sebagus itu, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diikuti.

 

  1. Berlatih Menggunakan Kamera Tiap Hari

Tips pertama yang harus kita praktekkan ialah membiasakan diri dalam berlatih menggunakan kamera. Sebaiknya teruslah memotret tiap hari menggunakan kamera apapun dan objek apapun. Lakukan latihan ini secara konsisten agar kita terbiasa dalam membidik objek serta melakukan pengaturan teknis pada kamera yang digunakan.

 

  1. Pahami Segitiga Eksposur

Segitiga eksposur tidak boleh dilewatkan sebagai salah satu tips menjadi fotografer yang profesional. Segitiga eksposur sendiri terdiri dari hubungan tiga hal, yaitu aperture, ISO serta shutter speed. Hubungan dari ketiganya akan sangat menentukan jumlah cahaya yang diterima sensor kamera agar dapat dihasilkan bidikan seimbang.

 

  1. Pegang Kamera Secara Benar

Tips fotografer profesional ini mungkin sepele, namun tidak jarang hasil jepretan foto tampak kabur karena cara memegang kamera yang salah. Mengetahui bagaimana cara memegang kamera akan mencegah terjadinya goyangan. Hasil bidikan kamera akan jadi lebih fokus dan tidak blur atau kabur.

unsplash.com
  1. Mendekat ke Objek Foto

Mendekati objek foto akan lebih disarankan ketimbang menggunakan fitur zoom. Hasil bidikan foto akan tampak lebih real. Ketika kita memotret objek bunga, misalkan, dekatkan kamera lalu fokuskan pada bunga yang hendak dibidik tersebut. Kesan real serta tegas akan didapat sehingga foto bunga tampak nyata.

 

  1. Maksimalkan Komposisi Foto

Di saat banyak orang berlomba-lomba memperbagus kamera atau lensa yang dimilikinya, mengasah skill justru sering dikesampingkan. Salah satunya adalah memperhatikan tips satu ini, yaitu terkait komposisi. Kita perlu menguasai satu saja keterampilan terkait komposisi untuk menjadi fotografer yang profesional.

 

Sebagai contoh, kita kuasai elemen garis dalam komposisi hingga mahir, kemudian asah lagi keterampilan komposisi lain misalnya elemen warna. Kombinasikan keduanya agar kita mendapat foto yang estetik dari segi garis dan warnanya. Langkah ini bisa dikatakan sebagai tips menjadi fotografer yang profesional terbaik guna mengasah kemampuan yang dimiliki.

unsplash.com

Itulah lima tips yang bisa diterapkan agar kita bisa menjadi lebih baik lagi dalam bidang fotografi. Titik fokus yang harus dilakukan ialah latihan secara berkelanjutan serta bereksperimen dalam hal-hal baru terkait fotografi. Lepaskan ketergantungan kita pada kamera ataupun lensa dan buang jauh-jauh pikiran bahwa foto bagus membutuhkan kamera bagus.

 

Jika kita lihat foto-foto di laman situs download free HD images, tidak semuanya menggunakan kamera profesional. Banyak yang hanya memanfaatkan kamera ponsel. Bahkan, ada pula fotografer yang secara khusus memfokuskan karya-karyanya pada foto-foto hasil bidikan kamera ponsel. Hasilnya tak kalah jernih dari foto-foto bidikan kamera DSLR.

 

Kuncinya adalah memahami teknis pengambilan foto serta tidak berhenti berlatih. Selain itu, dibutuhkan pula keseriusan dan kerja keras agar kita tidak mengenal kata menyerah dalam berusaha. Banyak orang ingin menjadi fotografer yang profesional namun tidak mau mengasah kemampuannya lebih dalam lagi. Hal ini tentu menjadikan mereka gagal mencapai kata pro.

 

Menjadi seorang fotografer yang profesional akan membuka banyak peluang dan kesempatan untuk kita. Mulai dari menjual foto-foto di situs tertentu hingga mengikuti kontes foto. Kemampuan yang dimiliki terkait fotografi ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha sampingan. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan keterampilan tertentu yang dimiliki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *