Mengenal Genteng Beton Sebagai Atap Rumah Yang Kokoh

Ketika anda menginginkan memiliki sebuah rumah  sudah bisa dipastikan memikirkan berbagai langkah serta pengelolaan manajemen yang untuk mendapatkan dan merawat rumah agar tetap indah dan kokoh. Membangun rumah memiliki struktur yang harus anda pahami terlebih dahulu diantaranya pondasi, badan bangunan/tembok dan atap rumah.

Bagian atas atau atap rumah sebagai struktur yang memiliki fungsi banyak sekali selain untukpenutup dari seluruh badan rumah, namun berfungsi sebagai tempat berlindung dari terik sinar matahari, dinginnya angin dan dersanya hujan yang turun. Semua sudah tidak asing dengan pentutp rumah yang disebut genteng, salah satu bahan bangunan yang sering mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman dari model, jenis, bahan serta warnanya. Nah dalam artikel ini kami akan menjelaskan terkait genteng beton yang pertama ialah:

Apa Sih Bahan dari Genteng Beton?

Bahan bangunan yang satu ini sebagai salah satu kebutuhan utama yang harus disiapkan, namun anda disediakan berbagai pilihan dari jenis dan bahan genteng itu sendiri salah satunya genteng dari bahan semen pasir agar lebih menarik dicampur dengan pigmen yang berwarna. Nah untuk bahan bangunan jenis ini memang diproduksi dengan ekstrusi tinggi panas yang membuat genteng ini memiliki daya tahan terbaik dan warna tidak berubah.

Hingga memasuki jaman modern ini kebanyakan dari masyarakat lebih memilih genteng kuat dan juga sebagai pilihan utama sejumlah pengembang developer, memang melihat model dari genteng bahan beton ini sangat elegan menarik dan memiliki kekuatan yang jauh lebih bari genten bahan lainnya, selain dilihat sangat simple minimalis cocok digunakan untuk gaya rumah meah dan rumah menengah.

Genteng ini sdah banyak digunakan di wilayah Eropa dann itu berlangsung sudah lama, hal itu disebabkan daya tahan yang jauh lebih baik memiliki daya tarik yang tinggi serta model membuat rumah semakin lebih elegan. Selain itu sudah  hadir dengan harga yang lebih terjangkau dengan produksi yang semakin lebih canggih serta kualitas juga sudah memenuhi standar pasar.

www.pexels.com

Apa saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Jika melihat dari dasarnya genteng ini berwarna abu-abu tentunya warna tersebut kurang menarik, untuk mengatasi hal tersebut saat ini pihak produsen sudah mengatasinya dengan mudah yakni memberikan campuran oksida besi yang membuat genteng memiliki warna yang bisa dtentukan, memang banyak keunggulan dari genteng ini namun juga memiliki kekurangan yang anda wajib ketahui, yang pertama kunggulan atau kelebihan diantaranya sebagai berikut:

  1. Daya Tahan Kuat

Genteng ini memang salah satu genteng yang memiliki daya tahan paling baik dengan sifat keramik yang terkandung didalamnya sehingga efisiensinya sangat tinggi bisa sebagai pelindung rumah yang mampu diandalkan, mampu meredam berbagai faktor buruk dari luar, nah yang sangat baik dari genteng ini tahan terhadap bahaya api dan juga perubahan suhu secara tiba-tiba.

Genteng berbahan semen dan pasir ini memiliki semua sifat-sifat keramik, yakni tingkat efisiensi terhadap lingkungan yang tinggi, keandalan serta daya tahan yang baik, minimnya respon terhadap faktor negatif eksternal serta tahan lama. Bahan beton juga tahan terhadap perubahan suhu dan api. Genteng beton juga memiliki daya tahan yang lama, bahkan bisa bertahan hingga kurun watu 20 tahun.

  1. Kuat Dari Serangan Biologis

Kelebihan yang lainnya ialah punya sifat yang sangat baik isolasi akustik dan termal mampu menjaga rumah dari berbagai jenis polusi, suhu udara yang dingin dan suara-suara yang mengagetkan bahkan mampu menahan dengan kondisi dari tingkat rendah maupun tinggi.

  1. Model yang Bervariasi

Model dari genteng ini memiliki berbagai jenis dari yang datar dan bergelombang, semua tergantung selera anda sendiri. Jika menyesuaikan jaman sekarang agar nampak lebih elegan menggunakan genteng yang datar nah jika anda senag denga tampilan yang natural tentunya memilih yang bergelombang sangat cocok sekali.

  1. Banyak Pilihan Warna

Untuk pemilihan warna jenis genteng ini menyediakan berbagai warna pilihan yang sesuai dengan selera anda, yang sering dijumpai warna hitam dan bau-abu, namun anda juga bisa memesan dengan warna yang lain seperti warna coklat, hijau dan biru agar rumah anda semakin lebih mudah menyesuaikan cat temboknya.

www.pexels.com
  1. Tidak Mudah Berubah Bentuk

Selain banyak pilihan warna genteng dari beton ini tidak seperti genten tanah liat yang menggunakan proses pembakaran, nah keunggulan dari genteng tanpa pembakaran tidak mudah untuk berubah bentuk. Keunggulan lainnya genteng ini mudah untuk dipasang dan tidak mudah bocor atau terdapat rongga yang lebih karena cenderung presisi bentuknya.

  1. Tidak Menyerap Panas

Pada saat anda memutuskan untuk memilih genteng jenis ini maka beruntung sekali sebab udara dalam rumah akan sangat sejuk, bahan beton mampu memantulkan panas tiak seperti bahan yang lainnya masih menyerap panas.

  1. Bisa Diperbaiki Catnya Yang Kusam

Nah banyak keluhan dari pengguna genteng tanah liat jika sudah kusam akan sulit untuk memperbaiki warnanya dan mudah patah ketika sudah melewat pemakaian kurun waktu tahunan, berbeda dengan bahan beton yang masih bisa diperbaiki catnya yang sudah rusak karena sifat dari bahan beton yang tidak mudah berubah menguntungkan sekali dalam perawatan.

Diatas beberapa keunggulan dan kelebihannya, genteng ini memiliki kekurangan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Bobot berat

Untuk berat dari genteng ini memang jauh lebih berat dari genteng biasa skitar 60 Kg/M2, nah itu bisa dibilang cukup berat lo,,,, yang harus dipikirkan terlebih dahulu ialah bahan penopangnya harus benar-benar kuat, pekerja yang dibutuhkan untuk memasang genteng ini juga cukup banyak.

  1. Perawatan yang Ekstra

Memang benar kuat dan tahan lama genteng ini juga ada masanya, dimana jenis bahan beton juga bisa rusak. Nah yang harus anda pikikrkan ulang ialah iklim dimana anda tinggal harus cocok untuk menggunakan atap bahan beton, jika berada pada suhu udara yang dingin akan sangat berpengaruh sekali sifat beton yang memiliki pori-pori sangat mudah lembab, dari kondisi ini membutuhkan pelapis khusus yang bisa digunakan dalam sebulan saja.

www.pexels.com

Selanjutnya Memahami Karateristik Genteng

Anda penggemar desain rumah yang minimalis harus leih detai dalam pemsangan serta bahan yang akan digunakan untuk rumah kesayangan anda, genteng beton memang menjadi pilihan utama untuk desain rumah minimalis, meskipun Harga Genteng bahan beton ini berbeda dengan genteng tanah liat, sudah sesuai dengan model dan kekuatannya bahkan developer bangunan mayoritas menggunakan bahan genteng ini karena lebih efisien.

Model yang banyak peminatnya ialah yang datar karena membuat rumah semakin lebih elegan, melihat permintaan yang tinggi perusahaan banyak memroduksi model flat/datar dari pada yang melengkung. Nah genteng ini juga tidak hanya membuat penggunanya puas para pekerja juga senang karena tidak banyak setting ulang sebab memiliki betuk yang presisi banget dan tidak mudah pecah, jadi tingkat kerugian atau resiko saat pasang kecil sekali. Semoga artikel ini menambah pengetahua anda adn semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *