Ibu Kota Sulawesi Tenggara

Sebagai negara kepulauan, Indonesia mempunyai 34 provinsi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Banyaknya provinsi di Indonesia menjadikan bangsa ini sebagai negara yang multikultural dengan beragam suku, agama, ras, dan juga budaya. Hal inilah yang menjadikan keragaman Indonesia menjadi sebuah hal yang mengagumkan.

Salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sulawasi adalah Sulawesi Tenggara atau yang biasa disingkat dengan Sultra. Ibu kota Sulawesi Tenggara adalah kota Kendari yang menjadi jantung perekonomian masyarakat Sulawesi Utara. Oleh karena itu, tidak heran jika kota Kendari sebagai ibu kota Sulawesi Tenggara terlihat lebih maju dibanding daerah lainnya.

Dengan luas wilayah kurang lebih 38.140 kilometer persegi, provinsi Sulawesi Tenggara mempunyai jumlah penduduk mencapai 2.500.000 jiwa. Adapun pembagian wilayah administratif Sulawesi Tenggara antara lain sebagai berikut.

  1. 15 Kabupaten
  2. 2 Kota
  3. 209 Kecamatan
  4. 272 Kelurahan

Suku mayoritas yang tinggal di Sulawesi Tenggara adalah suku Tolaki, suku Buton, dan juga suku Muna. Meskipun begitu, masih banyak suku-suku lainnya yang berada di provinsi ini. Untuk agama mayoritas yang dianut oleh penduduk setempat adalah Islam dengan presentase sebesar 95%.

Perlu Anda ketahui jika Sulawesi Tenggara mempunyai banyak sekali lagu daerah yang diciptakan dari masing-masing suku yang ada. Selain mengerti bahasa Indonesia, penduduk disana juga memiliki beberapa bahasa daerah, yakni Cia-Cia, Muna, Wolio, Culambacu, Kulisusu, dan lain sebagainya.

Sektor perekonomian yang unggul di daerah ini antara lain adalah sektor pertanian dan juga sektor pertambangan. Pada sektor pertanian, komoditi utamanya ialah kakao, cengkih, kopi, kacang mede, dan kelapa. Sedangkan pada sektor pertambangan, komoditi utamanya ialah marmer, aspal, emas, nikel, onix, dan lain-lain.

Sulawesi Tenggara juga mempunyai banyak tempat wisata yang bisa menjadi potensi untuk mengembangkan sektor pariwisata. Berbagai wisata alam, seperti goa-goa dan benteng banyak terdapat di provinsi ini. Selain itu, disini juga banyak sekali wisata budayanya yang dapat dieksplor dan menjadi tujuan wisata populer di Sulawes Tenggara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *