Yuk, Bikin Iklan Gratis, tapi Menghasilkan!

Mempromosikan produk dalam dunia bisnis adalah hal yang sangat penting. Tanpa adanya iklan, tentu sulit suatu produk akan dikenal di pasaran. Namun, kadang, mengiklan produk juga membutuhkan biaya dan juga sarana prasana. Sehingga, bagi mereka yang belum memilki modal yang cukup, agak kesulitan menganggarkan untuk mengiklankan produknya. Sehingga banyak yang memilih iklan gratis. Tapi, apakah iklan gratis ini bisa maksimal dan sesuai harapan? Hal itu perlu dipelajari lebih lanjut. Iklan gratis bisa menjadi lebih maksimal, jika diatur dan dikelola dengan baik.

Pada kesempatan ini, akan dipaparkan tentang iklan gratis khusus buat Anda. Berikut paparapan kami!

Yuk, Bikin Iklan Gratis, tapi Menghasilkan!

Bagaimana membuat iklan gratis tapi menghasilkan. Hal ini diawali dengan memahami dulu dunia bisnis dengan baik. Pemahaman yang dimaksud adalah apapun bisnis Anda, sebelum masyarakat mengenal brand Anda, hal pertama yang wajib dilakukan adalah merancang formulasi periklanan produk Anda. Hal ini menjadi sangat fundamental, karena tidak hanya akan mempengaruhi usaha Anda selanjutnya, tapi juga akan berdampak pada konten iklan Anda. Sehingga, Anda harus memahami dengan bijak apa bentuk dan tujuan yang hendak dicapai dalam proses periklanan produk Anda. Setelah itu, Anda bisa menentukan apakah perlu memilih beriklan berbayar atau iklan gratis.

www.pexels.com

Dalam membangun sebuah bisnis yang maju, banyak sekali pertimbangan dalam mengeluarkan anggaran untuk membuat iklan bisnis. Untuk modal saja juga sudah ‘habis-habisan’ mengumpulkan dana. Tapi jangan khawatir! Pada era teknologi canggih seperti saat ini, mengapa tidak kita manfaatkan saja teknologi yang ada dengan membuat iklan gratis. Baiklah dengan tidak berlama-lama lagi, akan kita share cara tepat untuk mengiklankan bisnis Anda dengan iklan gratis.

  1. Optimalkan Media Sosial

Kenapa harus memaksimalkan sosila media? Karena sosial media sudah berhasil merebut hari semua generasi, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga generasi tua. Nah, kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk mengiklankan bisnis Anda. Tentu saja yang Anda lakukan di sosial media berkonsep iklan gratis. Anda bisa memulai dari memperkenalkan bisnis, memberikan promosi seperti diskon akhir pekan, hingga memberikan penawaran menarik seperti beli 1 gratis 1. Adapun diantara sosial media yang dimaksud yaitu facebook, Instagram, path, twitter dan lainnya. Sosial media ini memberikan pelayanan untuk mengiklankan usaha anda dengan harga yang bersahabat bahkan gratis dengan tepat sasaran dan akura.

  1. Memaksimalkan Blog

Tidak hanya dapat menambah followers di media sosial Anda, blog diyakini juga bisa menuliskan berbagai hal secara detail dan lengkap, termasuk bisnis dan juga membantu memarketingkan bisnis Anda dengan pola iklan gratis. Jelaskan bisnis Anda secara detail dan menarik. Jangan lupa juga untuk memasukkan semua dokumentasi serta kontak yang bisa dihubungi. Selain mengiklankan bisnis Anda, blog juga dapat menjadi media untuk berkomunikasi dengan para penggunanya dengan tersedianya kolom komentar. Sehingga mereka akan lebih bebas dan ekspresif dalam memberikan saran dan masukan.

  1. Optimalkan Aplikasikan SEO (Search Engine Optimization)

Jika sudah memulai blog, halaman Anda mungkin masih berada di posisi bawah dari web yang sudah ternama yang langsung muncul di halaman pertama. Untuk itu, Anda butuh mengaplikasikan SEO (Seach Engine Optimization) di website atau blog Anda sebagai bagian dari formula iklan gratis. Berkat SEO, Anda akan bisa bersaing untuk berada di halaman utama mesin pencarian. Beberapa jasa penulis artikel yang mana bertujuan untuk mendapatkan halaman pertama di mesin pencarian, umumnya mempunyai banyak tenaga pekerja lepas atau penulis lepas yang memiliki kemampuan SEO. Para penulis lepas tersebut tidak hanya mengaplikasikan SEO secara detail, bahkan mereka dapat menjadikan web Anda menempati kedudukan pada halaman pertama di Google. Sebagai contoh, jika Anda mempunyai bisnis jasa desain online. Maka penulis lepas tersebut akan membantu Anda agar web Anda dapat terjangkau oleh banyak orang. Hanya dengan mencari kata kunci, misalnya, jasa desain online, jasa desain murah, jasa desain baju dan lainnya dan masih banyak keywords lainnya di Google Search.

www.pexels.com
  1. Aktif di YouTube

Pada umumnya, visualisasi gambar dan video yang menarik itu lebih menyita perhatian para penonton di dunia maya. Untuk itu dalam upaya Anda memformulasikan iklan gratis, maka manfaatkanlah keberadaan Youtube untuk mempromosikan bisnis Anda. Di bidang apapun bisnis Anda, pastikan Anda menyampaikannya dengan kreatif dan juga semenarik mungkin, sehingga penonton yang awalnya hanya tertarik dari jalan cerita video singkat Anda akan beralih untuk mencari tau lebih lanjut mengenai bisnis Anda. Menurut riset, iklan yang banyak dan betah di tonton oleh masyarakat adalah iklan emosional, karena dalam iklan tersebut mereka lebih mendapatkan inspirasi secara tidak langsung.

  1. Sebarkan Press Release

Selain berusaha sendiri untuk membuat iklan gratis, Anda juga perlu melirik para media cetak dan juga online untuk mengiklankan bisnis Anda dengan menyebarkan press release. Jika ada hal baru yang menarik mengenai bisnis Anda, mulai dari merilis produk baru, atau promosi baru, ada baiknya Anda menyebarkan berita tersebut ke media-media loka yang pastinya sesuai dengan sasaran bisnis Anda. Sebarkan lewat e-mail, jika mereka tertarik dan sesuai dengan sasaran bisnis mereka juga, usaha Anda pasti akan diliput dan masuk berita mereka.

  1. Membangun WOM (Word of Mouth)

Setelah mengiklankan bisnis Anda melalui dunia maya, Anda juga perlu mengiklankan bisnis yang tertuju untuk masyarkat sekitar. Mulai dengan cara menawarkan promosi dari mulut ke mulut, membuat iklan gratis untuk masyarakat sekitar dan memanfaatkan penulis atau penerbit untuk mempromosikan iklan Anda. Atau bagi Anda di daerha Jakarta bisa melakukan Sewa Videotron Jakarta.

www.pexels.com
  1. E-mail Marketing

Jika Anda sudah mempunyai list member yang sudah aware dengan bisnis Anda, mulailah sebarkan promosi lewat auto e-mail. Menyebarkan e-mail untuk promosi bisnis Anda terbukti efektif dan tidak memakan biaya yang banyak bahkan bisa dikategorikan iklan gratis. Untuk promosi melalui e-mail, Anda juga harus memperhatikan kuantitas dan kualitas yang diberikan. Jam masuk kerja, sekitar jam 9 – 10 pagi adalah waktu yang paling efektif untuk mengirimkan e-mail promosi. Usahakan juga tidak terlalu sering mengirim e-mail, lebih baik seminggu sekali, namun informatif dan berguna untuk pembaca.

  1. Berikan Usaha Maksimal Untuk Klien

Selain mempromosikan bisnis Anda lewat online, Anda juga wajib memberikan sentuhan profesionalitas bisnis atau usaha Anda dengan memberikan hasil yang maksimal bagi klien atau customer Anda. Disaat klien Anda sudah merasakan keunggulan bisnis Anda, bisa dipastikan, itu adalah strategi mengiklankan bisnis yang paling manjur. Jangan lupa meminta testimonial dari pelanggan Anda, sebagai bukti bahwa bisnis Anda sudah memberikan pelayanan yang terbaik. Hal ini juga berwujud tanpa biaya alias iklan gratis.

www.pexels.com
  1. Bergabung dan Berpartisipasi Dalam Komunitas Online

Sambil membuat iklan, biasanya pebisnis pemula juga mulai berkontribusi dalam komunitas online. Selain ke pangsa pasar yang ingin Anda tembak, ada baiknya Anda juga memperkenalkan diri ke komunitas yang sebidang dengan Anda. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak, berbagai cara diatas dapat membantu Anda untuk mempromosikan bisnis Anda. Hal ini bisa membuat biaya atau anggaran untuk promosi menjadi lebih hemat bahkan bisa menjadi iklan gratis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *