Dua Sisi Fasilitas Kamar Mandi Hotel Yang Wajib Kita Ketahui

Salah satu jasa yang paling di cari saat kita sedang melakukan traveling adalah jasa penginapan dan hotel. Tidak mengherankan jika banyak pilihan penginapan dan hotel yang dapat dengan mudah kita jumpai di sekitar tempat wisata. Penginapan dan hotel juga menjadi salah satu fasilitas yang harus ada di destinasi wiisata dan menjadi salah satu faktor daya tarik dari lokasi wisata itu sendiri.

Dengan keberadaan penginapan dan hotel akan membantu pengunjung atau turis untuk menikmati lokasi wisata dalam jangka waktu yang lebih panjang. Dan untuk sekarang ini hampir sebagian lokasi wisata yang telah mulai dikenalkan di publik telah memiliki fasilitas penginapan dan hotel yang cukup memadai. Para wisatawan tidak akan kesulitan lagi untuk bisa menikmati destinasi wisata dengan menginap selama beberapa hari dengan adanya penginapan dan hotel yang tersedia di sekitar lokasi wisata.

www.pexels.com

Hotel dan penginapan memiliki konsep yang berbeda. Hotel merupakan kelas yang lebih tinggi dari penginapan, tidak hanya dari segi tampilan namun juga dalam segi pengelolaan dan managemen juga. Hotel merupakan salah satu fasilitas yang dikelola oleh para profesional di bidangnya. Pelayan hotel merupakan orang-orang yang memiliki keterampilan khusus dalam bidang perhotelan. Aturan dan yang diberlakukan di hotel juga lebih tegas dan managemen yang ada juga merupakan kumpulan dari para tenaga profesional.

Hotel juga dilengkapi dengan banyak fasilitas yang mungkin tidak dapat kita jumpai di penginapan seperti fasilitas restoran dan spa khusus yang banyak disediakan oleh hotel bintang lima. Fasilitas olahraga, taman dan rooftop yang memberikan pemandangan menakjubkan. Desain bangunan hotel juga lebih mewah dan eksklusif dengan kesan modern yang sangat kental. Kamar-kamar yang ada di hotel juga menawarkan view yang menarik dengan pilihan tipe dan jenis kamar yang berbeda serta harga yang ditawarkan juga akan sangat beragam sesuai dengan pemilihan jenis kamar dan fasilitas yang diinginkan.

Di Indonesia sendiri dikenal beberapa tipe hotel yang bisa kita jumpai di beberapa lokasi di pusat kota dan di sekitar lokasi wisata. Yang pertama adalah hotel bintang lima yang merupakan hotel dengan fasilitas yang eksklusif dan kelas satu. Hotel ini merupakan rangkaian hotel mewah dengan pilihan kamar dari VVIP yang sangat eksklusif hingga kamar biasa yang tetap memberikan kesan mewah yang kental.

Fasilitas yang biasa ada di hotel bintang lima adalah ballroom, restoran, ruang rapat, spa, tempat gym dan pelayanan yang eksklusif dari tenaga yang sudah sangat ahli dalam bidang perhotelan. Yang kedua hotel bintang 4 adalah hotel yang setingkat lebih rendah dari hitel bintang lima. Secara fasilitas hotel ini hampir sama dengan hotel bintang lima hanya saja untuk ukuran kualitas sedikit di bawah hotel bintang lima. Hotel bintang 3 yang menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dengan harga yang terjangkau. Hotel bintang dua dan hotel bintang satu yang memberikan fasilitas kamar yang cukup nyaman untuk kita jadikan tempat beritirahat.

www.pexels.com

Fasilitas Kamar Mandi Hotel Yang Diinginkan Pengunjung

Tapi bagi para pengunjung mungkin salah satu fasilitas yang banyak diperhatikan saat memilih hotel adalah fasilitas kamar mandi hotel. Selain kasur dan view kamar yang ditawarkan banyak pengunjung yang mempertimbangkan fasilitas kamar mandi yang ada di hotel. Dari tampilan kamar mandi kita secara kasat mata memang dapat menilai standar kebersihan dan pelayanan dari sebuah hotel. Biasanya kamar mandi hotel yang dianggap baik oleh pengunjung akan selalu memiliki hal-hal berikut ini:

  1. Fasilitas kamar mandi. Fasilitas yang ada di kamar mandi memang akan sangat tergantung dengan jenis kamar yang kita reservasi. Untuk kamar president suite fasilitas yang ada di kamar mandi mulai dari bath up besar dan shower. Semakin tinggi tipe kamar hotel yang akan kita reservasi maka akan semakin lengkap fasilitas yang ada di dalam kamar mandi.
  2. Kamar mandi basah dan kamar mandi kering. Banyak pengunjung yang tidak nyaman dengan keadaan kamar mandi yang basah dan becek. Sehingga pengunjung akan merasa jika fasilitas kamar mandi yang ada di hotel merupakan fasilitas kamar mandi yang baik jika bisa memisahkan kamar mandi kering dengan kamar mandi basah. Dimana kamar mandi untuk mandi memiliki batasan dengan kamar mandi kering yang digunakan untuk washtafel. Sehingga keadaan kamar mandi tidak akan becek dan basah.
  3. Kebersihan kamar mandi. Bagaimana kebersihan yang ada di dalam kamar mandi akan menjadi hal utama yang akan diperhatikan oleh pengunjung. Hal ini karena pengunjung ingin kamar mandi yang bersih dan nyaman karena sebagai pengunjung mereka telah membayar biaya reservasi yang cukup besar untuk menginap perharinya di kamar hotel.
  4. Fasilitas air hangat dan air dingin. Meskipun banyak yang menganggap hal ini merupakan hal yang sangat sepele akan tetapi banyak pengunjung yang lebih respect dengan kamar mandi yang memiliki fasilitas air hangat dan air dingi. Sehingga mereka dapat menyesuaikan dengan keadaan mereka.

Beberapa hal yang ada di kamar mandi hotel seperti yang disebutkan dengan sangat detail di atas memang hal yang tampak sederhana bahkan sepele. Namun, justru keempat hal tersebut yang menentukan kenyamanan pengunjung saat menginap di salah satu hotel. Fasilitas kamar mandi yang terdapat di hotel memang seharusnya sebanding dengan biaya yang ditawarkan permalamnya. Tidak hanya kebersihan kamar mandi saja yang harus menjadi perhatian akan tetapi semua fasilitas yang ada di kamar mandi hotel juga harus berfungsi dengan baik dan tidak ada fasilitas yang rusak. Ditambah fasilitas yang tersedia juga harus lengkap bahkan untuk fasilitas sepele seperti sabun, sikat gigi hingga bathrob. Memperhatikan setiap detail fasilitas yang ada di kamar mandi merupakan salah satu bentuk pelayanan terbaik yang dapat diberikan oleh managemen hotel bagi pengunjung yang memilih untuk reservasi.

www.pexels.com

Kamar mandi hotel memang memiliki pengaruh yang sangat besar pada penilaian pengunjung. Bahkan pengaruh yang diberikan sama besarnya dengan fasilitas kamar yang ada di hotel. Karena tentu saja sebagai seorang yang telah membayar uang dalam jumlah yang cukup besar sebagai biaya menginap perharinya kita ingin mendapatkan kenyamanan dan pelayanan yang terbaik bahkan sampai pada fasilitas kamar mandi yang disediakan oleh hotel. Kita tentu akan merasa tidak nyaman dan bahkan jijik jika kamar mandi yang ada di hotel yang kita inapi tidak memiliki fasilitas yang baik dan kotor sehingga kita juga akan merasakan keraguan untuk menggunakan fasilitas kamar mandi tersebut dan pada akhirnya hal tersebut hanya akan menjadi salah satu kerugian bagi diri kita sendiri dan membuat kita merasa tidak nyaman dan menyesal karena telah memilih untuk menginap di hotel tersebut

Kamar Mandi Hotel Yang Paling Dihindari Pengunjung.

Jika di beberapa paragraf di atas kita telah membahas tentang ciri-ciri kamar mandi hotel yang disukai pengunjung maka tidak akan lengkap jika kita tidak membahas tentang ciri kamar mandi yang paling dibenci oleh pengunjung. Beberapa ciri kamar mandi yang tidak disukai oleh pengunjung hotel adalah sebagai berikut:

  1. Kotor dan tidak steril. Sudah pasti penampakan kamar mandi di hotel yang paling dibenci pengunjung adalah penampakan kamar mandi yang kotor dan tidak steril. Meskipun kamar mandi di hotel memang digunakan oleh banyak orang namun kondisi steril dan bersih tetap menjadi hal yang harus diprioritaskan oleh pihak managemen hotel sebagai upaya untuk membuat pengunjung tetap nyaman jika menginap dan menggunakan kamar mandi yang terdapat di hotel.
  2. Kamar mandi di hotel akan terasa menjengkelkan bagi pengunjung jika kamar mandi tidak kering dan selalu becek sehingga sebagai pengunjung kita mungkin akan merasa tidak nyaman dengan kondisi kamar mandi becek yang pastinya juga akan membuat kondisi kamar juga terasa tidak akan nyaman.
  3. Fasilitas yang terganggu. Sebagai pengunjung yang telah mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar kita tentu akan merasa jengkel jika ada salah satu fasilitas di kamar mandi hotel yang tidak berfungsi dengan baik seperti air yang macet, fasilitas air hangat yang tidak menyala dan berbagai masalah lainnya.

Sebagai tempat yang menjual jasa dan pelayanan sudah menjadi kewajiban bagi hotel untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pengunjung yang telah menggunakan jasa mereka. Salah satunya dibuktikan dengan memberikan semua fasilitas yang nyaman bagi pengunjung bahkan untuk fasilitas kamar mandi sekalipun. Karena pengunjung tentu ingin mendapatkan fasilitas yang terbaik selain fasilitas kamar dan tempat tidur saja dan kamar mandi memang masuk dalam kategori fasilitas yang akan sangat diperhatikan pengunjung saat memilih hotel.

Kamar mandi merupakan tempat yang sangat beresiko dimana kesalahan memiliki kamar mandi hotel dapat memberikan beberapa dampak buruk bagi pengunjung bahkan dalam beberapa kasus kamar mandi di hotel yang tidak stabil dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Jadi wajar jika pengunjung akan selalu mencari hotel yang memiliki fasilitas kamar mandi bersih, nyaman, dan steril.

Dalam mengelola hotel sebuah management memang harus memperhatikan setiap detail yang terdapat di hotel bahkan untuk hal yang dianggap sepele seperti kamar mandi. Hal ini karena jika kita lihat dari sudut pandang sebagai pengunjung maka kita akan memahami jika kamar mandi hotel menjadi salah satu fasilitas yang sangat penting bagi pengunjung. Sebagai orang yang telah membayar maka hal yang diinginkan adalah mendapatkan fasilitas kamar yang nyaman termasuk kamar mandi yang bersih dan steril untuk digunakan.

www.pexels.com

Kamar mandi yang bersih dan steril,  memiliki fasilitas yang lengkap, selalu dalam kondisi yang kering dan tidak becek dan basah dan ada pemisah antara kamar mandi kering dan kamar mandi basah. Semua itu menjadi hal yang wajib disediakan oleh management hotel jika ingin menarik banyak pengunjung untuk memilih menginap di hotel yang mereka kelola. Karena memang tidak dapat dipungkiri jika selain tempat tidur yang dipilih fasilitas kamar mandi menjadi salah satu yang memberikan pengaruh yang besar untuk kenyamanan pengunjung. Sehingga kamar mandi merupakan fasilitas yang harus menjadi salah satu prioritas bagi managemen pengelola hotel jika ingin hotel memiliki banyak pengunjung.

Oh iya, bagi Anda yang ingin mendapatkan inspirasi-inspirasi terkati desain interior, kamar tidur, kamar mandi, dan topik-topik terkait home design lainnya bisa mengunjugi Hustopia.com ya. Hustopia.com adalah salah satu website berbahasa Inggris yang membahas topik seputar home design secara menyeluruh namun tetap fun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *