Kedokteran Swasta Termurah di Jawa Timur

Universitas ternama jurusan kedoteran sekolah swasta bisa dibilang mulia karena membantu menyebuhkan penyakit seseorang. Kedokteran swasta  tidaklah murah dan mudah untuk dipelajari setiap  orang. Dimana setiap  proses yang dijalankan berguna untuk menyelamatkan pasien, tentu bukan hal yang mudah untuk dokter itu sendiri. Mencoba menyelamatkan orang lain tanpa memikirkan diri sendiri.

Biaya untuk kuliah sangatlah tinggi di fakultas kedokteran. Jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan yang sulit untuk diraih. Dengan pendidikan yang berkualitas dan menjajikan di masa depan, tentu banyak orang tua yang berupaya keras menyediakan pendidikan ini untuk anaknya.

Namun tak perlu khawatir, ada sebagian besar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di jawa dengan jurusan kedokteran yang cukup bisa dipertimbangkan sebagai salah satu tujuan kedepanya. Berikut ini PTS Jawa Timur :

  1. Universitas Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya telah mendirikan Fakultas kedokteran sejak tahun 1960. Tanggal 27 Desember 1967 telah keluar Surat Keputusan dari Yayasan Atma Jaya yang menyatakan tentang Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Progam belajar mengaja Atma Jaya berada di Kampus Pluit yang berada satu lokasi dengan Rumah Sakit Atma Jaya.

pxhere.com

Universitas ini merupakan salah satu Universitas yang murah untuk jurusan kedokteran swasta. Biaya semester ditentukan hasil tes yang terbagi menjadi tiga kategori, Kategori A sebesar Rp.309.925.000, Kategori B sebesar Rp.339.925.000 dan untuk Kategori C sebesar Rp.369.925.000, jadi bisa disimpulkan bahwa total biaya semester satu sekitar Rp.309.925.000 sampai dengan Rp.369.925.000. Untuk biaya persemester sekitar Rp.39.925.000 dan untuk pembayaran awal Rp.35.000.000.

 

  1. Universitas Tarumanegara

Fakultas kedokteran pada Universitas Tarumanegara telah berdiri sejak tahun 1965 bulan Oktober. Program studi kedokteran berlangsung selama empat tahun lamanya. Kurikulum sudah ditetapkan secara nasional oleh Konsil Kedokteran Indonesia pada tahun 2006 kemudian mendapatkan pembaharuan pada tahun 2012.

 

Universitas Tarumanegar bisa menjadi salah satu tujuan universitas kedokteran swasta yang cukup diminati. Biaya kuliah Universitas Tarumanegara sekitar Rp. 238.000.000 sampai Rp. 588.000.000 itu sudah dihitung dengan biaya SPP. SPP Universitas Tarumanegara sebesar Rp.350.000, memiliki biaya SKS sebesar Rp. 3.000.000 dan total biaya semester satu sebesar Rp.34.000.000.

  1. Universitas Islam Indonesia

Fakultas kedokteran Universitas Islam Indonesia berdiri sejak tahun2001. Universitas ini telah mendapatkan Akreditasi A untuk fakultas kedokteran. Proses pembelajaran dilaksanakan di kampus Terpady tepatnya di Slemat, Yogyakarta dan di sebagian besar rumah sakit mitra dan puskesmas terbesar di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

pxhere.com

Universitas ini juga salah satu yang diminati di jurusan kedokterannya. Memiliki SPP tetap Rp.6.800.000 per tahun , SKS-nya Rp.1.800.000 per tahun dan terdapat juga dana untuk kegiatan mahasiswa sebesar Rp. 93.500 per tahunnya. Untuk perkiraan total biaya semuanya adalaha sekitar Rp.124.874.000 sampai dengan Rp.319.874.000.

Kenapa Harus Ambil Fakultas Kedokteran Swasta

Mungkin ada yang bertanya kenapa harus menganbil jurusan kedokteran swasta dari pada jurusan lain. Berikut ini ada beberapa alas an orang memilih mengambil jurusan kedokteran:

  • Jiwa Sosial yang Tinggi

Bagi orang yang memiliki jiwa social yang tinggi pasti akan berpikir bagaimana cara untuk membantu dan menolong orang lain. Karena ini bisa menjadi alasan seseorang mengambil jurusan kedokteran yaitu untuk membantu dan menolong menyelamatkan nyawa seseorang dari kematian.

  • Keingintauan yang Mendalam

Kamu yang suka dengan pengetahuan yang mendalam tentang banyaknya penyakit dan cara penanganannya pasti akan memilih jurusan kedokteran yang akan membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan penyakit dan cara penyembuhannya.

  • Menuruti Keinginan Orang tua

Kamu mungkin salah satu anak yang cerdas dan berprestasi namun bingung dengan tujuanmu, banyak anak yang bingung memilih jurusan dan meminta orang tua untuk memilihkannya.

pxhere.com

Duka Jadi Anak Fakultas Kedokteran Swasta

Bagi kamu yang sudah mendadi mahasiswa kedokteran swasta pasti tau apa yang membuat kamu kesusahan menjadi mahasiswa kedokteran. Sebagian besar alasan mahasiswa sulit lulus dari jurusan kedoktera adalah:

  • Merasa Jijik

Ada beberapa mahasiswa yang merasa jijik bila harus berhadapan dengan organ manusia dalam praktikum. Walaupun bagus dalam materi pelajaran, namun jika tidak bisa melakukan praktikum mahasiswa akan terancam tidak lulus. Karena sebagai seorang dokter harus bisa mengendalikan rasa jijik dari organ manusia.

  • Merasa Tidak Tega

Bagi mahasiswa kedokteran jurusan bedah terkadang merasa tidak tega jika melakukan praktek pembedahan untuk mengambil atau meletakkan organ pada mayat manusia.

  • Biaya yang Tidak Murah

Bagi mahasiswa kedokteran pasti akan memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk praktek. Seperti membeli alat-alat praktek yang akan digunakan. Bagi mahasiswa kedokteran yang tidak memiliki alat untuk praktek akan di pastikan tidak lulus karena tidak dapat mengikuti ujian praktek yang dilaksanakn.

pxhere.com

Ini hanyalah sebagian kecil alasan mengapa mahasiswa kedokteran adalah mahasiswa yang serius dan tekun, semua ini dilakukan karena mahasiswa kedokteran akan menjadi dokter di masa depan yang akan menyelamatkan nyawa manusia.Mahasiswa kedokteran memerlukan beberapa bimbel kedokteran yang khusus dan mengharuskan mahasiswa kedokteran mampu mempelajari dan mempraktekannya. Salah satunya adalah bimbingan belajar mengenai anatomi manusia. Mahsiswa kedokteran hurus tau tentang semua anatomi kedokteran yang diambilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *