Kemasan Makanan Unik

Terjun di dunia usaha memang memerlukan kreatifitas dan kemauan yang tinggi. Selain zaman yang semakin modern yang membuat jenis produk yang makin beragam, pesaingpun tak mau kalah dalam kompetensi. Konsumen yang cerdas tentulah mencari nilai lebih dari suatu produk. Entah itu kemasan, kegunaan barang, harga jual yang lebih rendah dari yang lain dan sebagainya.

 

Keunikan suatu barang dapat dilihat dari kemasannya. Sebagai pengusaha, anda dituntut untuk memenuhi nilai lebih tersebut agar dapat mempertahankan posisi pasar dan dapat bersaing dengan pesaing anda. Dunia kuliner menjadi hal yang menarik untuk dipertimbangkan dalam dunia bisnis. Selain menjadi kebutuhan pokok setiap manusia, keberagaman makanan membuat para pengusaha harus kreatif dalam menyampaikan nilai produknya.

 

Bagian terpenting dari sebuah makanan adalah kemasannya. Sejarah kemasan sudah ada sejak zaman dahulu. Orang-orang Indonesia kuno menggunakan bambu untuk menyimpan benda cair. Baru setelah itu, pada abad pertengahan orang-orang mulai menggunakan bahan keramik, kayu, dan kaca sebagai pelindung makanan mereka. Namun bentuknya belum seperti sekarang yang menarik dan berwarna-warni.

 

Baru setelah itu, kemasan mengalami perkembangan pesat seperti sekarang ini. Seperti yang kita ketahui, fungsi utama dari sebuah kemasan adalah untuk melindungi makanan dari udara luar.  Kemasan makanan yang unik juga menjadi salah satu hal yang dapat menjadi poin yang penting yang menentukan makanan anda disukai oleh konsumen. Selain itu, kemasan dapat mempengaruhi harga jual produk.

 

Kemasan yang unik dapat bisa menjadi standar perusahaan dalam menentukan harga sebuah produk. Uraian dibawah ini akan memberikan saran mengenai tipe-tipe kemasan makanan unik yang disukai oleh konsumen.

pxhere.com

Tipe-tipe Kemasan makanan unik

Setelah menentukan jenis makanan apa yang akan anda produksi, berikut adalah beberapa kriteria kemasan makanan unik yang dapat anda coba dalam bidang usaha kuliner.

 

  1. Dapat digunakan kembali

Konsumen akan mempertimbangkan efisiensi dari suatu produk. Maka buatlah kemasan makanan anda sebagai sesuatu yang berguna di kemudian hari. Anda dapat membuatnya dalam bentuk wadah yang mudah dibawa kemana-mana dan bisa digunakan kembali.

 

Sebagai saran, anda bisa membuatnya dalam bentuk botol, mangkuk, atau wadah yang unik yang berbeda dengan pesaing anda. Jangan lupa untuk menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Pemilihan warna yang menonjol juga dapat anda terapkan agar produk anda mudah dilihat dari jarak jauh.

 

  1. Bentuk yang unik

Konsumen cenderung memilih sesuatu yang berbeda dengan yang lain dalam hal keunikan. Semakin unik kemasan produk anda, semakin sulit bagi para pesaing dalam meniru. Dengan demikian, kemasan yang unik dapat menciptakan posisi yang kuat dalam benak konsumen.

 

Anda dapat membuatnya dalam karakter kartun, atau barang-barang lain yang dapat kita temukan sehari-hari yang jarang orang gunakan untuk produk makanan. Selain itu, desain kemasan yang menarik akan memberikan respon positif terhadap makanan anda.

pxhere.com
  1. Kemasan yang memiliki pesan

Selain desain dan bentuk yang berbeda dengan yang lain, ciptakan keunikan produk anda dengan menyisipkan pesan pada kemasan. Pesan ini bertujuan agar konsumen mendapatkan sesuatu yang positif selain memperkuat citra produk anda dipasaran tentunya.

 

Pesan ini dapat berbentuk sesuatu yang sederhana, seperti pesan untuk membuang sampah pada tempatnya, pesan untuk terus berbuat kebaikan, dan lain-lain tergantung jenis produk yang dihasilkan. Pastikan pesan ini ditulis dalam bahasa yang sopan dan tidak terkesan menggurui.

 

  1. Kemasan yang praktis

Orang-orang di zaman modern cenderung menyukai sesuatu yang praktis. Buatlah kemasan anda fleksibel, sederhana, dan dapat dibawa kemana-mana. Anda dapat menggabungkan antara kemasan makanan ringan dan saus misalnya, agar konsumen tidak perlu membawa dua wadah sekaligus.

 

Ukuran yang tidak terlalu besar juga tergolong kemasan yang praktis. Selain hemat tempat, kemasan yang berukuran kecil mudah untuk diletakkan di tempat yang cukup kecil seperti tas atau saku.

 

  1. Kemasan tahan air dan kedap udara

Agar makanan anda tetap awet, pastika bahan kemasan anda anti air dan kedap udara. Plastik menjadi salah satu alternative dan paling banyak digunakan dalam dunia usaha kuliner. Namun pastikan plastik yang anda gunakan adalah jenis yang dapat di daur ulang dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

 

Selain plastik, sterofoam juga menjadi pilihan kemasan makanan. Namun jenis ini tidak disarankan karena sterofoam membutuhkan waktu yang lama untuk di urai oleh bakteri pengurai. Anda bisa menggantinya dengan bahan lain yang lebih ramah lingkungan seperti kertas.

pxhere.com

Itulah beberapa saran kemasan makanan unik yang cocok bagi usaha bisnis kuliner. Selain memproduksi makanan, anda dapat menyediakan jasa jual kardus untuk mengantisipasi pembelian dengan jumlah banyak. Cara ini juga memungkinkan untuk proses pendistribusian produk anda ketempat yang lebih jauh.

 

Semoga artikel ini dapat memberikan referensi tentang kemasan-kemasan kreatif yang bisa anda buat. Maka dari itu cobalah untuk membuat kemasan yang berbeda sesuai rekomendasi tersebut, atau anda dapat menuangkan ide kreasi kemasan makanan sesuai dengan selera anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *