Kenapa sering sariawan? Penyebab dan penjelasannya!

Kenapa sering sariawan? Pertanyaan ini terkadang menjadi momok yang menghantui kita. Akan tetapi sebenarnya jawabannya cukup banyak. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab yang sering mengakibatkan kita mengalami sariawan

Penyebab dari sariawan

  1. Penurunan kekebalan tubuh

Secara medis kekebalan tubuh menjadi penopang paling utama untuk membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit, namun ada kalanya di mana kondisi tubuh sedang kekurangan zat besi yang akhirnya membuat tubuh tidak mamu memproduksi sel darah putih sesuai dengan kebutuhan tubuh itu sendiri. Hal inilah yang kemudian memicu lebih mudahnya sariawan datang sebagai gejala atas menurunnya system kekebalan tubuh anda.

  1. Efek obat

Beberapa obat juga terbukti bisa menjadi pemicu munculnya sariawan di mulut, seperti misalnya konsumsi obat nicorandil dan antibiotic berlebihan serta perlakuan medis seperti radioterapi, dan kemoterapi juga bisa menjadi penyebab mudahnya sariawan muncul.

  1. Kurang vitamin

Vitamin c mungkin menjadi salah satu dari sekian banyak jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh agar terhindar dari sariawan, beberapa vitamin tersebut antara lain seperti vitamin b12 dan zat besi. Kekurangan dua vitamin tersebut bisa menjadi pemicu datangnya sariawan, namun selain itu juga ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti seng, asam folat, dan kalsium agar tubuh tidak mudah terserang penyakit sariawan.

  1. Alergi mulut

Sebagai jalan satu – satunya makanan masuk ke dalam tubuh, mulut juga menjadi tempat pertama di mana bakteri pada makanan atau minuman hinggap dan bersarang di dalamnya. Bermacam – macam bakteri yang terbawa ke dalam mulut inilah yang lantas memberikan alergi pada tubuh manusia, beberapa orang mungkin akan memiliki jenis alergi masing – masing namun seringkali ini semua ditandai dengan munculnya sariawan di mulut.

  1. Tumbuhnya jamur

Tidak hanya bakteri saja yang dapat menyebabkan munculknya sariawan dalam mulut, beberapa jenis jamur mungkin juga dapat berakibat pada luka di dalam mulut yang sering kita sebut sebagai sariawan. Jamur candida albicana merupakan salah satu jamur penyebab sariawan karena tumpukan jamur ini dalam jumlah yang berlebih akan membentuk lapisan berwarna keputihan dan bercak di dalam mulut yang dikenal dengan sariawan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *