Kerajinan Batok Kelapa Bernilai Ekonomi Tinggi

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau. Karena memiliki banyak pulau, pasti juga memiliki banyak pantai. Dimana ada pantai, pasti ada pohon kelapa. Bisa dikatakan bahwa Indonesia memiliki banyak pasokan pohon kelapa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Begitu banyaknya pohon kelapa membuat masyarakat Indonesia jeli melihat peluang dan menanfaatkan ada yang ada pada pohon kelapa untuk dibuat menjadi berbagai kerajinan batok kelapa. Tapi sebenarnya dari pohon kelapa anda bisa memanfaatkan bagian lainnya, mulai dari akar, daun dan lain sebagainya. Ketika dikreasikan, maka sebatang pohon kelapa dapat bernilai seni yang tinggi dan tentunya bernilai ekonomi yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Apabila membicarakan terkait kerajinan dari kelapa ataupun manfaat apa yang bisa diambil dari pohon kelapa, memang paling sering bagian pohon yang digunakan adalah batok kelapa. Tempurung kelapa yang keras ini kerap kali diolah dan digunakan benda-benda serba guna seperti centong nasi, lampu meja hingga bros. Nilai ekonomi yang tinggi dari kerajinan kelapa terbilang tinggi, bahkan ada sebagian pengusaha yang berhasil mengimpor barang kerajinannya hingga ke luar negeri. Namun bila ingin sukses seperti itu dibutuhkan cita rasa seni yang tinggi dan juga barang yang dihasilkan harus berkualitas tinggi.

pxhere.com

Macam-Macam Manfaat Batok Kelapa

Mungkin hal pertama yang anda pikirkan ketika mendengar kelapa dan apa saja olahan kelapa, pasti langsung berpikir santan kelapa. Tidak salah, karena memang santan sebagai salah satu bumbu masakan yang sering digunakan oleh wanita Indonesia untuk memasak adalah santan kelapa. Namun selain itu masih ada beberapa manfaat dari kelapa khususnya batok kelapa yang mungkin anda tidak ketahui, namun mungkin juga sudah anda ketahui. Berikut adalah beberapa manfaat dari kelapa dari akar hingga buahnya:

  • Pengawet kayu

Batok kelapa biasa sering anda temui telah dibuat menjadi berbagai kerajinan seperti mangkuk ataupun centong nasi, tapi tahukah anda bahwa bila batok kelapa diolah dengan tepat ia bisa menjadi pengawet makanan alami? Proses pengolahannya memang tidak mudah, yaitu mengasapi batok kelapa hingga berubah menjadi cairan kental berwarna hitam seperti kecap. Tampung cairan tersebut dan nantinya anda bisa menggunakannya sebagai pengawet kayu agar perabotan anda tidak dimakan oleh rayap.

  • Saringan air

Tidak seperti di luar negeri, anda tidak akan bisa menemukan dengan mudah air yang bersih di taman-taman ataupun di tempat umum kecuali anda membelinya di toko. Bahkan terkadang air dari kran masih membutuhkan penyaringan karena airnya masih kotor. Jangan khawatir, dengan menggunakan batok kelapa nantinya air kran anda bisa menjadi lebih bersih karena di dalam batok kelapa terdapat karbon aktif yang dapat mengikat kotoran sehingga air menjadi lebih bersih.

  • Kerajinan batok kelapa

Batok kelapa adalah “wadah” yang berisi degan dan juga air kelapa, “wadah” ini dibalut oleh serabut kelapa yang cukup tebal. Dengan memanfaatkan batok kelapa untuk kerajinan tangan, anda bisa menghasilkan seni yang tinggi. Selama anda membuatnya dengan sepenuh hati dan berdasarkan ide anda yang kreatif, anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

pxhere.com

Macam-Macam Kerajinan Batok Kelapa

Di antara manfaat batok kelapa yang dijelaskan di atas, ada satu yang bisa dilakukan oleh semua orang. Manfaat tersebut adalah kerajinan dari batok kelapa. Tidak hanya bernilai seni namun seperti yang disebutkan di atas, anda bisa mendapatkan uang dari hasil kerajinan tersebut.  Kerajinan dari batok kelapa sangatlah banyak, bila dibuat daftar satu per satu tidak akan pernah selesai. Berikut beberapa dari hasil kerajinan batok kelapa yang mungkin bisa anda coba buat sendiri di rumah:

  • Mangkuk

Tidak perlu menjadi pengrajin khusus seperti pengrajin kuningan yang khusus membuat benda-benda dari kuningan, anda tidak perlu menjadi pengrajin batok kelapa untuk membuat kerajinan dari batok kelapa seperti mangkuk sederhana. Ukuran dari mangkuknya pun dapat bermacam-macam, bahkan bisa dibilang bahwa mangkuk yang terbuat dari batok kelapa tidak ada yang sama persis sehingga yang anda miliki merupakan one of a kind, tidak ada yang menyamai.

  • Lampu hias ruangan

Dibandingkan membuat mangkuk, membuat lampu hias cenderung lebih sulit. Akan tetapi ketika anda berhasil membuatnya, dijamin anda akan merasa sangat puas dan rasanya selalu ingin tidur dengan menyalakan lampu hias batok kelapa ini.

  • Gelas minum

Tidak hanya bisa dibuat menjadi mangkuk, anda pun bisa mengubah batok kelapa menjadi gelas minum. Prosesnya kurang lebih sama seperti ketika membuat mangkuk, hanya saja diameternya lebih kecil dan lebih tinggi dari mangkuk.

pxhere.com
  • Asbak

Saat anda jalan-jalan ke toko oleh-oleh atau toko khusus yang menjual barang-barang unik, anda bisa menemukan asbak yang terbuat dari batok kelapa dengan mudah.

  • Celengan

Bila anda jalan-jalan ke pasar, tidak aneh bila anda menemukan celengan yang terbuat dari tanah liat dengan berbagai bentuk. Tapi pernahkan anda melihat celengan dari batok kelapa? Dibandingkan celengan dari tanah liat yang mudah pecah, tentu lebih mudah menggunakan celengan dari batok kelapa bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *