Memulai Bisnis Makanan Ringan

Apakah anda sudah bosan menjadi pegawai kantoran? Atau anda ingin menambah penghasilan anda? Jika memang demikian, maka anda bisa memulai bisnis untuk menambah penghasilan anda. Bisnis disini, tentu dimulai dari bisnis yang kecil-kecilan saja. Tidak perlu modal banyak sehingga anda tidak perlu pusing mencari modal dimana. Lalu bisnis apa yang sebenarnya bisa dijalankan dengan mudah dan tentunya dengan modal yang tidak banyak?

 

Sebelum kesana, lebih baik anda tahu bagaimana cara untuk memulai sebuah bisnis. Pertama adalah anda harus tahu bisnis apa yang akan anda jalankan. Cari peluang yang kira-kira besar sehingga anda bisa dengan mudah menjual produk yang menjadi bisnis anda. Tidak hanya itu, anda juga perlu memikirkan modal berapa yang anda butuhkan. Besarnya modal akan menentukan bisnis apa yang cocok anda jalankan. Jangan terlalu lama dalam memikirkan modal, sesuaikan saja dengan budget anda sehingga tidak membutuhkan banyak pinjaman. Hal kedua yang perlu anda pikirkan adalah kebutuhan pelanggan.

 

Anda perlu mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh banyak orang. Jika tidak terlalu membutuhkannya, maka anda bisa mencari bisnis lain yang kira-kira banyak dibutuhkan. Kemudian anda juga perlu memikirkan seberapa banyak pesaing bisnis anda. Jika pesaing bisnis semakin banyak, maka lebih baik mencari bisnis yang pesaingnya sedikit karena dengan demikian, peluang bisnis anda menjadi lebih besar. Nah selain itu anda juga perlu mengubah diri anda yang tadinya pemalas menjadi seseorang yang rajin dan tangguh. Menjadi seorang pebisnis dibutuhkan keberanian dan juga sikap tangguh agar tidak mudah menyerah ketika bisnis anda sedang jatuh. Anda juga tidak boleh buru-buru dalam bertindak karena jiwa seorang pebisnis harus sabar dan juga harus penuh dengan tanggungjawab. Apalagi jika anda sudah mempunyai pekerja, maka tanggungjawab sangat dibutuhkan.

 

Selain tanggungjawab, sifat bijaksana juga diperlukan agar pekerja anda tidak merasa terdiskriminasi. Bagaimana? Tidak mudah bukan untuk menjadi seorang pebisnis? Pikirkan dengan matang jika anda ingin menjadi seorang pebisnis karena bukan hal yang mudah untuk menjadi seorang pemimpin dalam bisnis, walaupun bisnis anda masih dalam taraf bisnis kecil-kecilan.

Bicara mengenai peluang bisnis, bisnis makanan tentunya memiliki peluang yang sangat besar. Mengapa bisa demikian? Karena setiap orang memerlukan makan untuk mengisi tenaga mereka agar bisa beraktivitas sehari-hari. Makanan akan dicari setiap orang dan pastinya akan banyak yang membeli makanan dalam setiap harinya. Namun masalahnya adalah, jika makanan yang anda jual tidak laku, maka makanan tersebut akan dibuang karena jika basi sudah tidak enak untuk dimakan. Lalu bagaimana mengatasinya? Jika anda tidak mau dengan bisnis makanan yang mungkin menurut anda butuh banyak tenaga karena harus memasak dan menata semua hidangan, maka anda bisa mencoba bisnis makanan ringan.

pexels.com

Makanan ini beda dengan makanan berat karena biasanya digunakan sebagai camilan dan hanya sebagai pelengkap dari makanan berat. Makanan yang satu ini juga disebut sebagai snack atau camilan yang biasanya akan digunakan untuk mengisi perut jika tidak sempat memakan makanan berat. Kemasan dari camilan juga beragam. Bisa menggunakan mesin kemasan otomatis atau bisa juga dengan anda kemas sendiri dengan bentuk yang simple tetapi rapi. Modal yang diperlukan untuk bisnis makanan kecil-kecilan atau camilan ini juga tidak terlalu besar seperti bisnis makanan berat. Jadi jika anda pebisnis pemula, anda bisa mencoba bisnis yang satu ini. Bisnis yang satu ini juga membutuhkan niat, ketekunan dan manajemen yang baik agar bisnis bisa terus berjalan.

Nah berikut adalah beberapa hal yang bisa anda terapkan jika anda ingin memulai bisnis camilan.

  1. Kualitas yang bagus

Hal pertama untuk memulai bisnis camilan ini adalah produk yang memiliki kualitas yang bagus. Kualitas bagus yang dimaksud adalah kualitas yang dilihat dari segi bahan, segi pengolahan, dan segi pengemasannya. Bahan yang digunakan untuk membuat camilan adalah bahan yang tidak berbahaya dan tidak mengandung bahan pengawet. Selain itu, bahan yang digunakan juga yang segar dan tidak boleh menggunakan bahan yang sudah basi atau kadaluarsa. Dari segi pengolahan, kebersihan dari proses pengolahan sangat penting. Pengolahan harus dilakukan dengan proses yang higienis sehingga tidak ada bakteri atau virus yang dapat membahayakan konsumen. Kemudian dari segi pengemasan, proses pengemasan haruslah bersih dan menarik sehingga konsumen bisa tertarik untuk membeli produk anda. Untuk mempermudah proses pengemasan, sekarang sudah ada mesin kemasan otomatis yang pastinya akan mempermudah anda mengemas produk camilan anda.

  1. Menjaga loyalitas hubungan dengan pelanggan

Dalam dunia bisnis, hubungan dengan pelanggan adalah hal yang terpenting. Pelanggan atau konsumen adalah raja yang harus anda layani dengan sepenuh hati. Anda tidak boleh hanya berkata-kata dengan pelanggan  karena anda harus selalu tersenyum dan menyapa pelanggan agar mereka merasa tersanjung dan mau datang lagi ke tempat bisnis anda. Hal ini pula yang dapat membuat bisnis anda mempunyai pelanggan tetap sehingga mereka akan rutin datang ke tempat bisnis anda. Zaman sekarang kurang lengkap rasanya jika bisnis tidak dijalankan menggunakan media sosial. Media sosial ini selain bisa mempererat hubungan anda dengan pelanggan, bisa juga menjadi sarana iklan yang gratis sehingga anda tidak memerlukan banyak modal untuk mengiklankan bisnis anda. Aktifkan sosial media anda sebagai salah satu media untuk mengiklankan bisnis anda.

  1. Inovatif

Dalam dunia bisnis, inovatif adalah hal yang sangat penting. Inovatif ini sangat dibutuhkan untuk membedakan produk anda dengan produk yang lain sehingga pelanggan bisa mengingat-ingat produk yang anda jual. Produk yang inovatif ini juga sangat dibutuhkan agar pelanggan tertarik dengan produk yang anda jual. Produk anda sama dengan produk lain di pasaran menjadi tidak masalah jika produk anda memiliki inovasi sehingga memiliki perbedaan dari produk yang lain.

  1. Visioner

Menjadi seorang pebisnis, pemikiran anda harus jauh kedepan dan selalu berpikiran positif. Jangan terlalu sering berpikiran negatif karena hal tersebut dapat dengan mudah merusak bisnis anda. Pikiran seorang pebisnis harus maju kedepan dan usahakan selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggan. Service kepada para pelanggan dalam dunia bisnis adalah hal yang sangat penting agar pelanggan selalu setia dengan produk yang anda jual.

pexels.com

 

  1. Strategi penjualan yang tepat

Untuk meningkatkan pemasukan dalam bisnis anda, maka anda perlu untuk memilih strategi penjualan yang tepat. Strategi penjualan ini harus anda sesuaikan dengan keadaan pasar sehingga perkembangan bisnis anda akan maju dan semakin baik. Anda bisa menerapkan strategi bisnis seperti mengadakan diskon pada makanan ringan yang anda jual, anda juga bisa menambah berat pada produk yang anda jual dan anda bisa membagikan secara gratis produk yang anda jual di sekitaran lingkungan bisnis anda.

Setelah anda mengetahui beberapa tips untuk memulai bisnis snack atau camilan, maka diharapkan anda mulai memiliki semangat yang lebih untuk mewujudkan bisnis anda agar menjadi bisnis yang besar dan maju.

Mengetahui Beberapa Jenis Bisnis Makanan Ringan

Memulai bisnis camilan atau snack, bisa anda mulai dengan menggunakan modal yang kecil dan cara yang mudah. Anda bisa memulai bisnis tersebut dengan mudah dan bisa segera anda jalankan untuk menambah penghasilan anda. Nah untuk menambah referensi atau ide bisnis camilan, berikut beberapa daftarnya.

  1. Roti Bakar

Usaha yang satu ini bisa menjadi bisnis untuk para pebisnis pemula. Usaha roti bakar bisa anda tempuh dengan modal yang tidak banyak. Untuk lokasi penjualannya, anda bisa memilih di pinggir jalan atau bisa juga di pusat keramaian. Akan lebih baik jika anda mempunyai kedai kecil sehingga konsumen akan merasa lebih nyaman ketika sedang jajan di kedai anda. Nah untuk roti bakar ini, variasi rasanya bisa anda pilih sendiri sesuai dengan selera atau permintaan konsumen. Anda bisa menggunakan roti tawar biasa dengan keju, coklat meses, pisang dan variasi lainnya. Anda perlu menganalisis varian rasa apa yang menjadi favorit sehingga anda bisa mengunggulkan varian tersebut dalam bisnis roti bakar anda.

  1. Kedai Kopi

Kedai kopi memang sedang menjadi usaha yang hits akhir-akhir ini. Kedai kopi menjadi tempat nongkrong kalangan anak muda sehingga menjadi peluang usaha yang besar untuk bisa anda coba. Anda bisa membuka kedai kopi sesuai dengan budget modal yang anda miliki. Jika anda memiliki modal yang banyak, anda bisa mendirikan kafe dengan beragam menu kopi dan snack yang menemaninya. Anda juga bisa menambahkan fasilitas lain pada kedai kopi anda seperti misalnya wifi, colokan, toilet dan lain sebagainya sehingga pelanggan bisa betah nongkrong di kedai kopi anda. Anda bisa menawarkan banyak varian kopi sehingga pelanggan bisa tertarik datang ke kedai kopi anda. Kopi sudah banyak digemari di Indonesia, sehingga anda tidak perlu khawatir kedai kopi anda menjadi tidak laku. Hal terpenting adalah, anda bisa memberi inovasi pada usaha kedai kopi anda. Agar kedai kopi anda bisa lain daripada yang lain.

  1. Jus Buah

Usaha atau bisnis lain yang dapat anda jalankan dengan mudah adalah berjualan jus buah. Modal yang dibutuhkan untuk membuat usaha jus buah tidaklah besar. Anda juga tidak perlu memiliki keterampilan khusus karena hampir setiap orang bisa membuat jus buah. Untuk lebih menarik perhatian pelanggan, anda bisa menawarkan banyak variasi jus buah sehingga pelanggan bisa dengan mudah memilih buah mana yang menjadi favorit mereka. Usaha jus buah bisa anda jalankan saat siang atau sore hari. Jangan pada saat malam atau pagi hari karena biasanya orang akan merasa haus akibat terik sinar matahari pada waktu siang sampai sore hari. Anda juga bisa menambahkan inovasi pada jus buah anda seperti misalnya bisa ditambah ekstra susu, keju atau yang lainnya.

  1. Gorengan

Makanan ringan yang satu hampir dicari semua orang. Gorengan menjadi favorit banyak orang karena memang rasa gurih dan krispinya akan membuat siapa saja yang memakannya menjadi ketagihan. Gorengan bisa anda jual kapan saja, pagi, siang ataupun malam hari. Gorengan ini bisa anda jual dengan harga yang jauh di atas modal anda. Anda bisa menjual aneka gorengan seperti tempe, tahu, pisang, ketela, bakwan atau yang lainnya. Gorengan ini akan menjadi bisnis yang menggiurkan jika anda mampu menciptakan dan mempertahankan cita rasa yang nikmat pada gorengan yang anda jual.

 

pexels.com
  1. Keripik Masa Kini

Keripik juga menjadi salah satu camilan favorit hampir semua orang. Ada banyak bahan yang bisa diolah menjadi olahan keripik. Anda juga bisa membeli keripik yang sudah jadi dan bisa menjualnya kembali dalam jumlah yang lebih kecil. Biasanya anda bisa mengambil keripik ini dari penjual makanan kiloan. Pilihan lainnya, anda bisa membuat sendiri keripik yang akan anda jual. Variasi keripik bisa dengan menggunakan keripik kentang, keripik ketela, keripik buah atau bahkan keripik sayur. Ide-ide baru anda dalam membuat keripik membuat bisnis keripik anda akan menjadi incaran banyak orang.

Nah jika anda memang tertarik dengan bisnis camilan atau snack, maka anda bisa segera menentukan jenis camilan apa yang akan anda jadikan bisnis. Modal utama untuk menjadi seorang pebisnis adalah berani. Anda tidak boleh takut mencoba dan jika gagal, anda harus mencari ide-ide baru usaha apa yang cocok untuk anda jalankan kembali. Jangan biarkan kreativitas anda mati dan cobalah untuk terus berinovasi agar bisnis anda bisa terus berjalan tanpa adanya ganjalan yang berarti.

Bahaya Terlalu Banyak Mengkonsumsi Camilan Tidak Sehat

Camilan memang bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Namun jika anda juga sering mengkonsumsi camilan atau makanan kemasan, mungkin anda bisa mulai menguranginya. Camilan yang sering anda makan, biasanya akan dibungkus dengan kemasan. Kemasan ini tentu belum tentu higienis. Walaupun pembuatannya dengan menggunakan mesin kemasan otomatis, makanan kemasan belum tentu aman untuk dikonsumsi. Camilan dalam bentuk kemasan atau tidak, sebenarnya tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Tidak hanya camilan, segala jenis makanan atau minuman memang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Pasti akan ada efek samping dari konsumsi yang berlebihan tersebut. Bagi anda yang hobi dengan makan makanan kemasan, mulai dari sekarang anda bisa menguranginya. Ada berbagai bahaya yang bisa menyerang anda. Sebelum mengetahui bahaya apa saja yang bisa menyerang anda, lebih baik anda melakukan pencegahan agar tidak kecanduan makanan kemasan atau jenis camilan lainnya.

Untuk mencegahnya, anda bisa melakukan beberapa hal. Misalnya saja anda bisa mengganti makanan kemasan yang membuat anda ketagihan dengan buah-buahan. Buah-buahan sangat sehat untuk tubuh anda dan akan memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda. Tidak hanya itu, buah-buahan ini juga bisa mencegah anda agar tidak terserang berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker, jantung, ginjal atau penyakit serius lainnya. Selain mengganti makanan ringan yang sering anda konsumsi dengan buah, anda juga bisa melakukan kegiatan olahraga secara ruitn sehingga tubuh anda bisa lebih bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Anda boleh saja memakan camilan, tetapi jangan terlalu sering dan porsinya jangan terlalu banyak. Secukupnya saja dan jangan biasakan memakan makanan camilan pada malam hari. Nah berikut ini adalah beberapa bahaya yang dapat menyerang anda akibat terlalu sering memakan makanan kemasan atau camilan.

  1. Membuat gemuk atau obesitas

Memakan makanan kemasan dalam jumlah yang besar tentu tidak akan anda sadari karena rasa dari makanan yang satu ini sangat lezat dan membuat anda ketagihan. Apalagi jika anda menjadikannya camilan di malam hari, badan anda pasti akan mengalami perubahan yang sangat pesat. Gemuk atau bahkan obesitas memang menjadi salah satu akibat dari kecanduan makanan kemasan atau camilan yang biasanya anda makan. Perlu anda ketahui bahwa dalam makanan kemasan terdapat beberapa zat yang membuat kecanduan sehingga anda tidak menyadari seberapa banyak makanan kemasan yang sudah anda makan. Hal inilah yang membuat anda harus menghindari terlalu banyak memakan makanan kemasan.

  1. Meningkatkan kolestrol dan tekanan darah

Dalam makanan kemasan atau camilan yang biasa anda makan, terdapat kandungan garam, gula dan lemak trans yang sangat banyak. Beberapa kandungan makanan ini tentu akan sangat berbahaya bagi tubuh anda jika dikonsumsi secara berlebihan. Perlu anda ketahui bahwa adanya garam, gula dan lemak trans yang tinggi akan membuat anda mudah terserang penyakit. Penyakit tersebut seperti kolestrol dan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Gula yang banyak dalam makanan kemasan yang biasa anda makan akan membuat kolestrol anda menjadi naik. Sedangkan kandungan garam yang terdapat pada makanan kemasan akan membuat tekanan darah anda menjadi naik sehingga anda akan terserang penyakit hipertensi. Perlu anda ketahui juga, bahwa hipetensi ini bisa menjadi sumber dari berbagai macam penyakit lainnya seperti jantung dan stroke. Tidak hanya itu, kandungan lemak trans dalam makanan kemasan atau camilan yang biasa anda konsumsi juga akan membuat lemak menumpuk dalam tubuh anda dan akan sangat berbahaya jika terus-menerus dibiarkan.

  1. Mendatangkan penyakit berbahaya

Adanya makanan kemasan, tidak akan terlepas dari yang namanya bahan pengawet. Tidak hanya itu, pewarna dan pemanis buatan pun biasanya akan digunakan sebagai bahan pembuatan makanan kemasan. Jika bahan-bahan tersebut masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan mendatangkan berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti misalnya jantung, diabetes, obesitas, bahkan sampai penyakit kanker. Anda harus cek terlebih dahulu bahan apa yang digunakan untuk membuat makanan kemasan yang akan anda konsumsi. Semakin banyak bahan kimia didalamnya, semakin berbahaya pula untuk kesehatan tubuh anda.

pexels.com
  1. Mengganggu perkembangan hormon

Hormon anda juga bisa terganggu perkembangannya saat anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan kemasan. Gangguan pada hormon ini dapat anda alami karena adanya senyawa kimia yang terdapat pada kemasan makanan kemasan. Jadi bukan berasal dari makanannya tetapi dari kemasannya. Kemasan makanan kemasan biasanya mengandung senyawa kimia yang berbahaya untuk kesehatan tubuh anda. Senyawa kimia ini bisa masuk ke dalam tubuh anda karena bisa larut dalam makanan yang anda makan. Jadi akan sangat berbahaya bukan jika anda berlebihan dalam mengkonsumi makanan ringan?

Untuk itu, anda tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi camilan atau makanan kemasan yang anda sukai. Karena akibatnya bisa sangat fatal untu kesehatan anda. Jika anda ingin menjadikan camilan sebagai bisnis, maka anda bisa menjual aneka camilan sehat yang tentunya tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang. Paling tidak, camilan yang anda jual tidak mengandung bahan kimia sehingga aman untuk dikonsumsi oleh siapapun. Bisnis camilan yang sehat ini bisa membuat anda menjadi pebisnis yang sukses tanpa harus merugikan banyak orang. Selain itu, anda juga bisa menjadi inspirator sebagai pebisnis camilan yang peduli dengan kesehatan. Camilan memang sangat lezat untuk dinikmati, tetapi kesehatan anda juga sangat penting dan harus dijaga karena kesehatan adalah investasi yang paling mahal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *