Manfaat Daun Gatal Asal Papua

 

 

Deskripsi

Daun gatal dengan nama lain Laportea decumana dapat banyak anda temukan di daerah papua. Daun ini dapat bermnafat untuk penyakit reumatik dan pegal pegal.

 

Artikel

 

Daun gatal ini terkenal dan banyak tumbuh di daerah papua,meskipun daun ini terkenal di papua namun daun ini juga dapat tumbuh di daerha lain seperti jawa dan sulawesi. Bukan untuk mengobati galat – gatal pada tubuh melainkan daun ini dapat berguna untuk mengobati pegal pegal yang dirasakna tubuh anda.

 

Kandungan yang terdapat pada daun ini seperti monoridin, tryptophan, histidine, alkaloid, flavonoid, asam formiat dan authraguinones. Memiliki banyak sekali manfaat. Bukan untuk mengobati gatal melainkan bila daun ini sedang digunakan untuk pengobatan daun ini akan memberikan rasa gatal pada kulit. Efek gatal yang disebabkan oleh daun ini berlangsung sekitar 15 menit.

 

Manfaat Daun Gatal

Belum banyak penelitian yang meneliti manfaat dari daun ini, sehingga manfata dari daun ini dapat kita percayai melalui apa yang biasa terjadi.

 

  1. Obat Pegal-Pegal

Orang papua biasanya memanfaatkan daun ini sebagai obat pegal pegal dan neurematik. Bila orang lain menggunakan koyo  untuk menangani pegal pegal. Orang papua cukup mengoleskan daun gatal pada bagian tubuh yang pegal. Sensasi yang dirasakan adalah rasa gatal pada tubuh,karna mengandung asam formiat pada saat daun ini mengenai kulit anda, anda akan merasakan seperrti digigit puluhan semut.

 

Dilanjutkan bentol bentol yng artinya terjadi pelebaran pembuluh darah. Lalu rasa pegal akan hilang karena asam laktat yang tertumpu pada pembuluh darah diangkut dengan baik kedalam hati oleh darah karena pelebaran pembuluh darah.

 

  1. Antidiare

Penelitian yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa indonesia menemukan bahwa daungatal ini dapat digunakan untuk anti diare  karena dapat berpotensi menghambat pertumbuhan bakteri E – coli dalam usus.

 

Demikian manfaat daun gatal yang dapat kami sampaikan. Dan demikian artikel tentang manfaat daun gatal asal Papua. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang obat obat herbal tradisional Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *