Masjid Al-Aqsha yang Berada di Palestina

 

Masjid yang ada di Palestina ini pernah dikepung oleh Zionis Israel yang mengusir para jamaah muslimnya dari masjid Al-Aqsha. Masjid ini adalah salah satu masjid suci kaum muslim setelah masjid Haram dan Nabawi. Kisa yang paling terkenal dari masjid Al-Aqsha adalah Isra Mi’raj nabi Muhammad. Masjid ini juga diyakini sebagai tempat nabi Muhammad menjadi imam dari dua puluh lima rasul dan ribuan nabi. Selain itu masjid ini dikelilingi tiga agama yaitu Islam, Nasrani dan juga Yahudi. Dalam sejarah mengatakan bahwa masjid ini pernah berada di bawah kepemimpinan besar Yang Mulia Romawi samapai dengan Islam. Masih banyak fakta yang dimiliki masjid Al-Aqsha, mari bahas sedikit tentang fakta yang jarang diketahui tentang masjid tersebut:

  1. Terdapat banyak masjid di sekitar Masjid Al-Aqsha

Di palestina masjid Al-Aqsha bukanlah satu-satunya melainkan salah satunya. Masjid yang ada selain masjid Al-Aqsha adalah masjid Marwani, Al Sakhra dan masih banyak lagi. Walaupun masjid Al-Aqsha bisa menampung sekitar lima ribu jamaah. Tidak membuatnya menjadi satu-satunya masjid yang ada di palestina.

  1. Tempat pembantaian tentara salib

Masjid Al-Aqsha dulunya merupakan tempat disalibnya penduduk muslim yang selamat dari pembantai. Pondasi dari salib yang digunakan untuk menyalip para muslim masih ada sampai sekarang. Salib itu dulunya dirusak oleh Al Ayubi saat berhasil menaklukkan Yerusalem. Namun banyak muslim yang tidak bisa diselamatkannya dari penyeliban yang dilakukan Yerusalem.

  1. Masjid Al-Aqsha pernah dibakar turis Australia

Masjid ini pernah dibakar oleh turis Australia yang bernama Denis Michael Rohan. Dia beralasan dengan membakar masjid Al-Aqsha penyelamat manusia akan turun dengan segera. Karena alasannya itu dia dianggap sudah gila. Kebakaran itu terjadi pada tanggal 21 Agustus pada saat itu orang Palestina dan Israel saling tuduh sebelum mengetahui pelaku sebenarnya. Mimbar peninggalan Al Ayyubi hangus tak tersisa termakan oleh kobaran api saat itu.

  1. Diyakini menjadi tempat peristirahatan terakhir para nabi

Tidak ada bukti pasti jika peristirahatan terakhir para nabi ada disekitar masjid Al-Aqsha. Namun ada sebagian besar sahabat nabi yang dimakamkan di sekita masjid Al-Aqsha. Juga diyakini bahwa nabi Sulaiman diistirahatkan di sekitar masjid Al-Aqsha.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *