Mengatasi Hipertensi dengan Buah Penurun Darah Tinggi

 

Buah termasuk sumber asupan vitamin dan mineral bagi tubuh. Buah juga bisa menjadi obat untuk beberapa penyakit. Salah satunya adalah buah penurun darah tinggi yang dapat membantu penderita hipertensi. Manfaat tersebut umumnya diperoleh dari buah yang mengandung banyak mineral.

Kandungan Dalam Buah Penurun Darah Tinggi

  1. Kiwi

Buah kiwi mengandung 9% kalium, 7% magnesium, dan 2% kalsium. Tiga mineral tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kiwi juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

  1. Pisang

Mineral yang terdapat dalam buah pisang antara lain adalah 12% kalium, 8% magnesium, dan 1% kalsium. Mengonsumsi pisang setidaknya satu buah per hari efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar hormon stres.

  1. Buah berry

Berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry merupakan buah yang kaya akan flavonoid. Senyawa tersebut memiliki manfaat untuk mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi berry secara rutin dapat membantu menjaga tekanan darah.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki banyak mineral yang bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah ini juga mengandung karotenoid yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan senyawa tersebut berada tepat dibawah kulit alpukat, sehingga disarankan untuk mengupas dengan hati-hati.

  1. Buah delima

Delima merah memiliki manfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian menyatakan bahwa dalam buah delima mengandung polifenol dan kalium yang bagus untuk menjaga tekanan darah. Mengonsumsi jus delima selama 4 minggu dapat membantu mengatasi hipertensi.

  1. Buah bit

Buat bit memiliki khasiat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan nitrat dalam buah bit juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Selain dibuat jus, buat bit dapat dikonsumsi bersama sereal, sayuran, atau dibuat salad.

Untuk mengatasi hipertensi, mengonsumsi buah penurun darah tinggi sebaiknya dilakukan secara rutin hingga beberapa minggu atau sampai tekanan darah normal. Buah lain yang juga memiliki manfaat sama antara lain adalah jeruk apel, pir, mangga, anggur, nanas, dan melon.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *