Mengenal Ciri-Ciri Ikan Cue yang Benar-Benar Segar

Keyword : ikan cue

 

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan berbagai jenis ikan yang dijual di pasar termasuk salah satunya adalah ikan cue. Dimana ikan yang satu ini adalah ikan yang diletakkan di anyaman bambu dan dijual di pasar. Biasanya ikan ini juga disebut sebagai ikan pindang. Cue sering disetor dengan sistem harian karena memang jenis ikan ini tidak bisa bertahan lama dalam suhu ruang. Meskipun ikan ini mudah ditemukan di pasar namun anda perlu waspada ketika memilih ikan ini dan harus memastikan benar-benar segar.

Meskipun cue tidak bisa bertahan lama namun anda perlu waspada saat menemukan cue yang bisa tahan lama meskipun berada di suhu ruangan. Karena bisa jadi ikan tersebut mengandung pengawet yang berbahaya. Untuk memastikan anda tidak salah memilih cue maka berikut akan dijelaskan ciri-ciri cue yang benar-benar segar yang perlu anda ketahui.

  1. Tekstur Dagingnya Cenderung Lembek
    Saat akan membeli cue coba tekan ikan tersebut menggunakan jari. Bila ikan terasa lembek maka bisa dipastikan bahwa ikan tersebut masih segar. Jangan sampai anda membeli cue yang dagingnya kenyal karena kemungkinan ikan tersebut menggunakan pengawet.
  2. Aromanya Amis Seperti Ikan Segar
    Aroma cue yang masih segar biasanya seperti ikan segar yang berbau amis. Selain itu cue yang sudah dibumbui juga akan memiliki aroma bumbu menyengat seperti kunyit, bawang putih dan lain-lain. Jika ikan tersebut justru beraroma seperti obat maka bisa dipastikan ikan tersebut memakai pengawet.
  3. Warna Kulit Tampak Pucat
    Biasanya cue sudah melalui proses pengolahan sehingga akan membuat kulit ikan ini menjadi pucat dan kusam. Hindari memilih ikan yang kulitnya berwarna kuning mencolok karena bisa jadi ikan tersebut memakai pewarna yang tidak alami.
  4. Tidak Tahan Lebih dari Semalam Pada Suhu Ruang
    Cue yang masih segar biasanya hanya tahan selama semalam saja ketika berada di suhu ruang. Namun jika ikan tersebut tahan hingga 3 hari di suhu ruang maka kemungkinan ikan tersebut memakai pengawet agar tidak mudah membusuk.

Itulah penjelasan mengenai ciri-ciri ikan cue segar yang bisa menjadi pertimbangan anda ketika akan membeli ikan. Melalui informasi di atas kini anda bisa lebih berhati-hati saat membeli ikan sehingga hasilnya benar-benar segar dan sehat untuk dikonsumsi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *