Mengenal Pewdiepie, Youtuber Tersukses Asal Swedia

Bagi Anda para gamer pastinya sudah tidak asing dengan Pewdiepie. Youtuber yang memiliki channel khusus gaming ini memiliki nama asli Felix Kjelberg. Ia dinobatkan sebagai King of Youtube pada tahun 2013 setelah berhasil membalap jumlah subscriber yang dimiliki Smosh. Saat ini jumlah pengikut Pewdiepie sudah menembus angka 98 juta dan terus bertambah dari hari ke hari. Lantas siapa sebenarnya Pewdiepie dan bagaimana cara dia meraih kesuksesan melalui channel youtube?

Asal Nama Pewdiepie

Menjadi pemain game yang profesional tidak cukup hanya dengan bermodalkan laptop gaming dan skill pas-pasan saja, Anda harus mau meningkatkan keterampilan salah satunya dengan terus berlatih. Channel milik Pewdiepie menjadi referensi yang tepat bagi Anda pecinta game. Nama Pewdiepie sebenarnya berasal dari 3 kata yaitu “Pew” yang diambil dari bunyi tembakan laser, “Die” yang berarti mati, serta “Pie” yang merupakan makanan kesukaannya yaitu kue pie. Pria yang lahir pada 24 Oktober 1989 ini memulai debutnya dengan mereview game Minecraft pada 02 Oktober 2010. Video dengan panjang 2 menit tersebut mempertontonkan dirinya bersama dengan teman-temannya yang sedag bermain game. Ketenaran Pewdiepie baru naik setelah ia memainkan game Amnesia dan Happy Wheels dengan stylenya yang unik.

pxhere.com

Perjalanan Channel Pewdiepie

Dibentuk pada tahun 2010, channel Pewdiepie mengalami perkembangan yang cukup pesat pada 11 Juli di tahun yang sama dengan jumlah subscriber mencapai angka 1 juta. Dan pada bulan September, jumlahnya  kembali bertambah menjadi 2 juta subscriber. Kesuksesan terus didapatkan setelah ia meraih gelar raja web gaming melalui kontes online. Jumlah pengikutnya terus mengalami peningkatan hingga akhirnya berhasil mengungguli Jenna Marbles, Tobuscus, dan Smosh. Tercatat pada Agustus 2013, jumlah subscriber Pewdiepie menembus angka 15 juta lebih dan menjadikannya sebagai Most Subscribed Channel sekaligus Raja Youtube.

Rela Drop Out Demi Mengembangkan Channelnya

Felix Kjelberg sebelum sukses dengan channel gamingnya, pernah tercatat sebagai mahasiswa di Chalmers University of Technology. Bukannya serius untuk menuntut ilmu di bangku kuliah, Felix justru lebih memilih keluar untuk mengembangkan channel yang baru saja dibuatnya. Tentu saja hal tersebut membuat orangtuanya marah dan sangat kecewa. Untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari serta membangun channel Pewdiepie, Felix rela berjualan Hot Dog di pinggiran jalan. Dengan kerja keras dan ketekunan yang dilakukan, Felix akhirnya bisa membuktikan bahwa keputusannya untuk berhenti kuliah demi mengembangkan channel youtube merupakan pilihan yang tepat.

Sebagian Pendapatannya Digunakan untuk Kegiatan Amal

Meski kesuksesan yang ia raih tidaklah gampang, namun Pewdiepie tak mau menikmatinya sendiri. Tercatat sepanjang tahun 2018, total penghasilan yang ia raup dari Youtube mencapai 15,5 juta dollar AS atau berkisar 222 milliar. Pewdiepie terkenal sebagai salah satu public figure yang rajin mengikuti kegiatan amal. Selain menjadi donatur untuk kegiatan WWF, Pewdiepie juga menyumbangkan penghasilannya untuk organisasi Save the Childreen. Ia juga kerap mengunggah video yang berisi ajakan untuk turut serta dalam kegiatan kemanusiaan. Sifat inilah yang membuat penggemar Pewdiepie selalu bertambah dari tahun ke tahun.

pxhere.com

Semua Game yang Dimainkan Langsung Booming

Dengan jumlah subscriber terbanyak saat ini, setiap apa saja yang dilakukan oleh Pewdiepie selalu memberikan dampak besar. Beberapa game yang ia mainkan pasti akan mendapatkan efek yang cukup besar kedepannya. Game yang tak laku sebelumnya akan langsung booming begitu dimainkan oleh Pewdiepie. Misalnya saja saat Pewdiepie bermain game Slender, game tersebut langsung laku keras di pasaran. Salah satu game buatan anak bangsa yaitu Dreadout juga semakin melambung namanya setelah dimainkan oleh Pewdiepie.

Bro Army, Nama Fans Pewdiepie

How It’s Going, Bro’s? Begitulah sapaan yang mengawali unggahan video di channel Pewdiepie. Ya benar, sebutan untuk fans Pewdiepie adalah Bro Army, karena itulah ia kerap menyapa penggemarnya dengan sapaan bro. Selain itu setiap mengakhiri videonya, Pewdiepie selalu melakukan Bro Fist sebagai salah satu ciri khasnya. Setiap hari jumat, Pewdiepie juga mengunggah satu video yang diberi nama Friday with Pewdiepie. Video tersebut sebagai media untuk memudahkannya berinteraksi dengan para fansnya yang berasal dari seluruh dunia.

Pernah Diteror Oleh Fans

Meski memiliki pengikut yang sangat besar jumlahnya, namun kehidupan Pewdiepie tak berbeda jauh dengan public figure pada umumnya. Tidak hanya media dan haters yang kerap mengganggu kehidupan pribadinya, banyak juga para fans yang terobsesi dengan Pewdiepie. Beberapa Bro Army bahkan ada yang langsung menyambangi rumahnya yang berada di Swedia. Karea hal tersebut, Pewdiepie akhirnya terpaksa mengungsi ke Brighton, Inggris, agar bisa hidup dengan tenang.

pxhere.com

Pro dan Kontra Pewdiepie

Pewdiepie menyajikan kontennya secara yang unik dengan diselingi sentuhan humor. Bahkan ia kerap menamai beberapa benda yang ditemui pada setiap game yang dimainkan. Candaan yang dibuatnya membuat penonton lebih menikmati video yang ia sajikan. Meski begitu Pewdiepie juga tak lepas dari Pro dan Kontra terutama komentar yang sering ia berikan di beberapa video. Tidak hanya itu, Pewdiepie juga pernah dianggap meniru video orang lain saat ia memainkan game yang sudah youtubers lain mainkan. Lepas dari olok-olok yang sering ia dapatkan, Pewdiepie terus berkarya dengan menghasilkan video yang menarik. Terbukti penggemarnya semakin bertambah bahkan hampir menembus 100 juta subscriber.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *