Ini Daftar Nama Obat Batuk Untuk Ibu Menyusui

Siapapun sepakat kalau batuk menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu, apalagi batuk berdahak. Batuk berdahak ini kehadirannya akan lebih membuat aktivitas kita selama seharian penuh menjadi tidak nyaman. Apalagi ketika dahaknya susah keluar hingga membuat tenggorakan mennjadi tidak nyaman. Bagi kita orang biasa saja, batuk itu sudah sangat mengganggu, lantas bagaimana dengan ibu yang sedang menyusui?

 

Tentu saja batuk akan menjadi salah satu hal yang membuat Anda sebagai seorang ibu, resah dan juga khawatir jika si keecil akan tertular. Namun sebagai seorang ibu, Anda pasti sanga tidak ingin jika si kecil juga harus menderita batuk karena ketularan Anda, bukan? namun di sisi lain, Anda juga tidak bisa menjauh dari si kecil karena ia pasti masih sangat membutuhkan ASI sebagai nutrisi utamanya.  Itulah mengapa Anda membutuhkan obat batuk untuk ibu menyusui, baik itu obat alami sampai herbal. Lalu apa saja obatnya? Simak ulasan berikut ini:

www.pexels.com

Obat batuk herbal untuk ibu menyusui

 

Anda pasti memiliki keinginanuntuk tetap fit agar buah hati Anda selalu sehat, bukan? namun terkadang juga tak dapat dihindari jika kadang-kadang Anda menderita batuk berdahak, sehingga mengganggu Anda dan membuat si kecil ketularan karena interaksi Anda dengannya yang sangat intens. Tetapi tenang, Anda tak perlu khawatir karena beberapa obat batu herbal ini bisa segera dikonsumsi bagi ibu-ibu yang sedang menyusui :

 

  • Asam jawa

 

Zat mukolitik dan ekspetoran yang terkandung di asam jawa akan membantu And adalam mengencerkan dahak di kerongkongan dan membantu mengeluarkannya melalui tenggorokan Anda. Mengonsumsi asaam jawa, Anda bisa membuatnya sebagai wedang asam jawa yang dicampur dengan gula jawa, dan kemudian dikonsumsi dua kali sehari, baik itu pagi dan sore. Ketika Anda rutin mengonsumsi wedang asam jawa, bisa membantu meredakan batuk berdahak Anda.

 

  • Jahe dan kencur

 

Sudah sangat terkenal bila ramuan jahe beserta kencur terbukti efektif dalam menyembuhkan batuk. Tak hanya batuk kering, tetapi juga batuk berdahak. Memang jahe dan kencur sudah digunakan sebagai salah satu obat herbal di negeri tirai bambu dan memiliki khasiat untuk mengobati batuk berdahak dan lain sebagainya.

 

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa jahe dan kencur sangat aman untuk dikonsumsi oleh para ibu yang sedang menyusui, serta membantu dalam mengencerkan dahak dan membuat ibu menjadi lebih tenang ketika harus menyusui di waktu malam. Anda bisa membakar jahe dan kencur lalu menggeprek merek dan kemudian diseduh secara bersamaan dengan menggunakan air hangat.

 

Anda bahkan bisa menambahkan madu di wedang jahe dan kencur yang dibuat. Sebaiknya mengonsumsi secara rutin untuk menyembuhkan batuk berdahak. Sekali lagi, Anda tak perlu khawatir karena jahe dan kencur tak memiliki efek samping untuk ASI yang diberikan kepada si kecil.

www.pexels.com
  • Anggur hijau

 

Anda pasti akan merasa sangat tidak percaya jika anggur hijau memiliki khasiat untuk mengobati penyakit batuk berdahak, bukan? padahal setelah ditelusuri, Anggur hijau ternyata memiliki kandungan ekspetoran yang berfungsi dalam melegakan tenggorakan di mengencerkan dahak. Tentunya akan sangat mudah untuk mengonsumsi buah yang satu ini, bukan?

 

Anda bisa menjadikannya camilan tanpa lebih dulu harus dijus. Lebih enaknya lagi, buah ini tidak memiliki efek samping pada ibu yang sedang menyusui. Untuk itu ketika Anda mengalami batuk berdahak pada saat sedang dalam masa menyusui, maka jangan lupa untuk banyak mengonsumsi anggur hijau.

 

 

  • Bawang putih

 

Siapa bilang kalau bawang putih hanya bisa digunakan untuk megobati batuk kering saja? Tentu saja tidak. Kandungan mukolitik yang terdapat di bawang putih ternyata juga sangat efektif untuk menyembuhkan batuk berdahak. Apalagi kandungan mukolitik yang ada di bawang putih bisa mengencerkan dahak yang lengket di leher tenggoran Anda.

 

Anda hanya perlu mengupang 2-3 siung bawang putih, lalu mengunyahnya. Namun jika tidak terlalu suka dengan baunya, Anda dapat mengonsumsinya berbarengan dengan nasi. Konsumsilah bawang putih secara rutin untuk menghilangkan dahak pada tenggorokan Anda sehingga batuk bisa segera hilang.

 

  • Daun Mint

 

Memang, daun mint tekenal sebagai salah satu daun yang mempunyai sensasi dingin dan menyegarkan. Daun ini akan membantu dalam mengobati batuk berdahak Anda. Sensasi dingin serta menyegarkannya dari daun mint yang melonggarkan jalan pernapasan Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengeluarkan dahak dari tenggorakan. Cara mengonsumsi daun ini juga mudah, hanya tinggal mengambil 10 daun mint lalu direbus dengan menggunakan air. Minumlah ramuan air daun mint sampai batuk berdahak Anda benar-benar pulih.

 

  • Belimbing wuluh

 

Siapa yang menyangka kalau buah yang satu ini ternyata memiliki kanduangan zat yang memang sangat ampuh untuk menyembuhkan batuk berdahak? Tidak hanya digunakan untuk memasak saja, belimbing wuluh juga bisa memantu dalam mengencerkan dahak yang menyumbat kerongkongan Anda.  Bagi Anda yang memiliki masalah lambung, dianjurkan tidak mengonsumsi buah ini. Cara mengonsumsi buah ini juga sangat mudah, Anda tinggal mengambil yang masih segar saja.

 

  • Daun sembung

 

Daun sembung bisa menjadi salah satu obat yang dimanfaatkan untuk mengatasi batuk berdahak. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mengambil 3-5 daun, lalu dicuci sampai bersih dan kemudian diremas-remas di dalam sebauh mangkuk yang sudah diisi air. Setelah mengonsumsi ramuan daun sembung secara rutin, maka dapat dipastikan batuk berdaka Anda bisa segera berangsur-angsur hilang.

 

  • Jeruk nipis

 

Tentunya sudah tidak lagi menjadi rahasi bahwa jeruk nipis memang memiliki khasiat dalam menyembuhkan batuk berdahak atau kering. Jeruk nipis mungkin juga menjadi salah satu resep turun temurun dari orang tua Anda yang terbukti memiliki khasiat dalam menyembuhkan batuk.

www.pexels.com

Anda bisa mengonsumsinya dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap. Tetapi jika tidak suka kecap, Anda bisa memadukannya dengan madu. Jangan lupa untuk mengonsumsi ramuan tersebut dua kali sehari, untuk menghilangkan dahak di tenggorokan Anda.

 

  • Jahe

 

Jahe memang dikenal memiliki salah satu manfaat dalam menyembuhkan batuk berdahak. Sensasi panas dan hangat yang diberikan jahe dapat membantu menghangatkan tenggorakan Anda serta mengencerkan dahak. Cara untuk mengonsumsinya juga sangat mudah, Anda hanya tinggal menyeduh jahe dengan air hangat lalu menambahkan sedikit madu. Sebaiknya dikonsumsi secara rutin agar batuknya bisa segera hilang.

 

  • Lada putih dan madu

 

Pasti Anda belum pernah mendengar ramuan yang satu ini, bukan? Tentunya tidak ada yang menyangka bahwa ramuan lada putih dengan madu dapat membantu meredakan batuk berdahak. Cara untuk mengonsumsinya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menyampurnya dengan satu sendok madu, lalu diseduh dengan air hangat. Sebaiknya minum dua kali sehari. Ramuan ini memang sudah dipercaya masyarakat Indonesia sejak dulu dan terkenal ampuh dalam mengatasi batuk berdahak.

 

  • Daun sirih

 

Daun yang memiliki aroma khas in memang sudah terkenal sejak jaman dulu ampuh dalam mengobati berbagai macam penyakit seperti masalah kewanitaan, bau mulut karena kandungan antiseptiknya. Tidak hanya itu, daun sirih juga memilikikhasiat dalam menyembuhkan batuk berdahak. Anda bisa merebus daun ini beberapa lembar di air sampai mendidih. Saring airnya dan minum selagi hangat. Usahakan untuk mengonsumsinya secara rutin.

 

  • Air putih hangat

 

Anda yang terserang batuk berhadak ketika sedang dalam masa menyusui, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih hangat setiap hari. Air putih hangat akan sangat membantu dalam mengencerkan lendir dan dahak di tenggorokan Anda. Apabila dahak mudah keluar, maka tenggorokan Anda akan merasa lebih nyaman, sehingga tidak akan membuat Anda mengalami kesulitan lagi saat bernapas. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengonsumsi air putih hangat selama menderita batuk berdahak.

 

  • Kunyit

 

Kunyit menjadi salah satu obat herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk berdahak. Caranya sangat mudah, Anda bisa mengambil kunyit lalu mencucinya sampai bersih. Setelah itu, Anda bisa menumbuk kunyit sampai halus lalu mencampurkannya ke dalam susu yang ditambah sedikit madu. Anda harus mengonsumsi secara rutin agar dahak di tenggorokan Anda segera encer dan bisa keluar. Sehingga penyakit ini tidak akan mengganggu waktu istirahat Anda.

www.pexels.com

Obat medis batuk untuk ibu menyusui

 

Tentunya setelah Anda tahu bagaimana cara mengatasi batuk berdahak ketika sedang menyusui dengan menggunakan obat herbal, maka sekarang saatnya untuk mengetahui obat medis seperti apa yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan batuk berdahak yang sedang diderita. Berikut ini ulasannya:

 

  • Obat batuk Silex

 

Obat medis pertama yang bisa dikonsumsi yaitu obat batuk yang bermerk Silex. Ketika Anda pergi ke dokter, pasti dokter akan menganjurkan Anda untuk mengonsumsi obat ini, karena obat ini terbukti aman baik itu untuk ibu hamil atau ibu yang sedang menyusui, karena tak menunjukkan adanya efek samping baik itu bagi bayi ataupun menghambat produksi ASI Anda.

 

  • Obat batuk Laserin

 

Tidak jauh berbeda dari Silex, Laserin juga dinilai cukup aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Laserin terbukti ampuh dalam menyembuhkan batuk berdahak. Anda bisa mendapatkan obat ini di apotek-apotek terdekat hanya dengan harga yang terjangkau. Harganya juga sangat murah. Jadi, aman di kantong Anda.

 

  • Obat batuk Siladex

 

Obat berikutnya adalah siladex yang mengandung ekspetoran yang terbukti ampuh dalam mengeluarkan dahak beserta lendir di tenggorokan. Tetapi ibu yang sedang berada dalam tri semeter pertama kehamilan, tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat ini. Harga obat ini juga sangat terjangkau dan Anda bisa mendapatkannya tanpa harus menggunakan resep dokter di apotek.

 

Itulah obat batuk untuk ibu menyusui yang bisa Anda konsumsi dan membantu kesembuhan Anda. Anda bisa memilih apakah ingin mengonsumsi obat herbal saja, atau lebih memilih obat medis. Ibu yang sedang dalam masa menyusui harus memperhatikan dengan benar, obat yang dikonsumsinya karena obat yang dikonsumsi biasanya tidak selalu aman untuk Anda beserta si kecil.

 

Tetapi hal yang paling penting adalah Anda harus selalu berupaya menjaga kesehatan dan jangan membiarkan penyakit yang diderita terlalu lama. Lebih  baik segera diobati agar tidak membahayakan Anda dan si buah hati. Jika terlalu lelah, beristirahatlah dengan cukup. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih hangat secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mencegah hal-hal yang tidak menyenangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *