Memahami Penggunaan Panasonic AC Remote dan Fungsi Tombolnya

AC merupakan salah satu kebutuhan ruangan yang penting. Entah itu di rumah, kantor, maupun tempat lainnya. Apalagi di tempat umum yang biasa dikunjungi oleh banyak orang, tentu saja pendingin ruangan atau AC sangatlan penting. Dalam ruangan dengan banyak orang, tentu suhu udaranya akan otomatis berubah. Dan untuk menjaga suhu udara agar tetap dingin, kita menggunakan AC. Sebenarnya fungsi AC juga tidak hanya mengatur suhu udara agar tetap dingin dan tidak pengap, namun beberapa produk AC juga baik untuk kesehatan. Fitur tambahan yang terdapat dalam AC memberikan banyak manfaat bagi kita selain di bidang kesehatan pastinya adalah kenyamanan. Jika kita berdiam diri di dalam ruangan tertutup dalam waktu yang lama, tentu kita akan merasa pengap. Apalagi untuk ruangan yang tidak memiliki fentilasi atau fentilasinya memang bekerja kurang baik, maka AC ini sangatlah dibutuhkan.

Ada banyak jenis maupun merk AC yang ada di pasaran dan kerap kali membuat kita bingung saat akan membelinya. Salah satu merk AC yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Panasonic. Perusahaan yang juga merupakan produsen berbagai alat elektronik seperti TV, kulkas, mesin cuci, dan berbagai barang lainnya ini memang produk AC nya cukup diminati oleh masyarakat. Tidak heran jika banyak toko yang menjual Panasonic AC remote jika remote bawaan dari AC anda rusak

www.pexels.com

Cara Mengatur Suhu AC dengan Panasonic AC Remote

Remot merupakan salah satu alat penting jika anda memiliki AC. Fungsi remot adalah untuk mengatur suhu AC sesuai dengan yang kita inginkan. Jika AC rusak, kita juga aka kesulitas dalam mematikan dan menghidupkan AC. Karena AC biasanya di pasang di bagian atas tembok di bawah plafon. Memang biasanya juga terdapat tombol on off pada bagian AC nya, namun tanpa danya remote, suhunya tidak akan bisa anda atur. Berikut ada beberapa cara mengatur suhu dengan menggunakan Panasonis AC remote untuk anda yang menggunakan AC Panasonic. Nah, kali ini kita akan belajar bagaimana mengatur suhu AC nya agar lebih dingin.

  1. Setting mode remote di posisi cool atau tanda bintang

Untuk dapat menikmati suhu yang dingin, kita haruslah mengatur dulu pada remote ACnya pada tanda bintang atau posisi cool. Jika salah memilih tombol, bukannya makin dingin, suhu AC di ruangan anda mungkin akan tetap sama. Pada Panasonic AC remote terdapat beberapa pilihan tombol, jika anda belum memahami fungsi tombolnya, anda akan ksulitan untuk mengaturnya. Terutama untuk udara menambah suhu agar lebih dingin. Biasanya di remote ada pilihan mode fan dan cool, dan untuk bagian ini pilihlah yang cook atau tombol dengan tanda bintang.

  1. Atur Temperatur

Langkah kedua yang bisa anda lakukan untuk membuat suhunya lebih dingin setelah menyetel mode cool adalah mengatur temperatur atau suhunya. Untuk suhu yang dingin, pilihlah suhu dengan menekan tanda angka atau tanda panah hingga menunjukkan suhu 16-18 derajat celcius. Suhu ini akan memberikan kesejukan yang konsisten di dalam ruangan anda.

  1. Atur Perputaran Kipas

Langkah lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat suhu lebih dingin adalah dengan mengatur perputaran kipas ke full. Jika dalam mode maksimal, maka suhu yang keluar dari AC juga akan lebih kencang dan akhirnya suhu dalam ruangan menjadi lebih dingin.

  1. Gunakan mode swing

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengatur suhu dalam ruangan agar lebih dingin adalah dengan menggunakan tombol swing. Fungsi tombol swing ini sebenarnya adalah untuk mengatur daun AC yang bisa bergerak menutup dan membuka. Dengan kode swing ini, daunnya akan membuka dan menutup secara konsisten dan membuat udara yang dikeluarkan lebih dingin kencang dan dingin.

Kurang lebih itulah cara-cara yang bisa anda gunakan untuk mengatus suhu AC menggunakan Panasonic AC remote. Untuk menikmati mode lainnya, sebaiknya anda mengetahui fungsi-fungsi dari tombol pengaturan yang terdapat di remot AC. Sebenarnya untuk mengetahui fungsi remot AC semuanya bisa anda lihat dari buku panduan yang anda dapatkan saat membeli produk AC. Namun, terkadang buku panduan tidak terlalu dipedulikan dan hilang. Atau anda sudah menyimpannya di tempat yang sulit dijangkau sehingga akan lebih mudah jika mempelajarinya melalui internet.

www.pexels.com

Fungsi Tombol-tombol pada Remote AC

Karena ada banyak jenis atau merk AC yanga dipakai di Indonesia, maka bentuk remot AC yang digunakan juga berbeda. Untuk yang belum terbiasa mengatur suhu AC, mungkin anda akan kebingungan dengan fungsi-fungsi tombol yang ada di remot AC. Beberapa mungkin ada yang sudah paham, namun belum mengetahui semua fungsi tombol tersebut. Makanya kali ini kita akan bahas mengenai beberapa fungsi dari tombol AC yang akan membantu anda dalam mengatur suhu AC sesuai dengan keinginan.

  1. Display

Sebelum mengenal tobol-tombolnya, mari kita kenali dulu bagian display nya atau tampilan layar kecil yang menunjukkan pengaturan yang sedang dipakai. Saat anda menekan tombol AC, anda akan melihat beberapa perubahan di bagian layar display ini. Mulai dari suhu, mode, dan pengaturan lainnya akan terlihat.

  1. Tombol On/Off

Salah satu tombol yang paling penting tentu saja tombol On atau Off yang memiliki fungsi untuk menghidupkan dan mematikan AC. Tombol ini biasanya terdapat tepat di bawah layar atau di barisan tombol yang paling atas.

  1. Tombol Mode

Berikutnya ada tombol mode yang bisa kita tekan jika ingin mengatur mode yang ingin kita gunakan. Mengetahui fungsi tombol mode ini sangatlah penting karena mode ini menentukan kinerja AC. Apakah suhu di ruangan menjadi lebih dingin atau tidak tergantung dari mode ini selain dari pengaturan suhu yang digunakan. Ada beberapa mode yang bisa dipilih untuk dijalankan, yaitu:

  1. Auto mode

Untuk yang tidak mau ribet, gunakan saja mode otomatis ini. fungsi dari mode ini adalah untuk mengatur AC agar dapat bekerja secara otomatis. Perubahan kecepatan pada fan di mode ini akan berubah secara otomatis.

  1. Fan mode

Mode lainnya adalah fan mode dimana fungsi dari mode yang satu ini adalah untuk menjalankan fan indoor tanpa harus menghidupkan unit bagian outdoor.

  1. Cool mode

Berikutnya ada cool mode, fungsi mode yang satu ini tentu saja seperti namanya untuk menjalankan fungsi mendinginkan ruangan. Jika ingin suhu dalam ruangan dapat dingin dengan cepat, pakailah mode yang satu ini.

  1. Dry mode

Mode yang terakhir adalah dry mode yang memiliki fungsi yang penting saat udara di dalam ruangan terlalu lembab. Untuk mengurangi kelembaban, pilihalah dry mode ini. karena seperti yang kita tahu bahwa fungsi AC bukan hanya untuk mendinginkan ruangan, namun juga bisa untuk menambah kehangatan pada ruangan.

www.pexels.com
  1. Tombol Timer

Jika ingin menggunakan ac dan mematikannya secara otomatis, anda bisa gunakan tombol timer ini. Waktunya bisa anda atur sesuai dengan yang anda inginkan. Apakah mau beberapa puluh menit, atau selama beberapa jam. Dengan fungsi dari tombol timer ini, jika anda ingin meninggalkan ruangan tanpa mematikan AC tidak masalah karena AC nya akan otomatis mati saat mencapai waktu yang ditentukan.

  1. Tombol temperatur

Tombol ini berfungsi untuk mengatur suhu ac. Jika hawa sedang panas, maka tambahkan saja temperaturnya agar lebih dingin. Tapi jika udara di sekitar anda sedang cukup dingin, maka kurangi saja suhunya agar lebih kecil.

  1. Tombol air swing

Tombol ini dapat dipilih jika anda ingin mengatur arah fan menjadi swing. Dengan tombol ini, udara yang keluar dari AC akan terarah pada satu bagian yang anda inginkan saja. Dengan fungsi ini, anda akan menikmati suhu yang hanya berpusat pada satu titik, sehingga anda akan lebih puas.

 

Itu dia beberapa fungsi tombol yang ada di remot AC. Kurang lebih di Panasonic AC remote ini juga kurang lebih sama nama dan fungsinya. Hanya saja letaknya saja yang berbeda. Setiap remot AC dari berbagai merk biasanya memiliki model yang berbeda. meskipun begitu fungsi tombolnya hampir sama secara umum. Sekarang ini teknologi yang digunakan untuk AC semakin canggih. Bahkan sekarang tanpa remote bawaan dari AC nya, AC bisa kita kontrol dengan menggunakan aplikasi remot AC. Beberapa produk ponsel justru telah memiliki aplikasi atau fitur untuk remot tak hanya AC saja, namun juga untuk alat elektronik lainnya seperti TV, kipas, komputer, maupun yang lainnya.

Selain mengetahui beberapa fungsi dari tombol remote AC, akan lebih baik jika anda juga mengetahui bagaimana merawat AC yang baik. Jika penggunaan dan perawatan AC benar, maka umurnya juga akan lebih panjang. Serta komponen di dalamnya akan lebih awet dan bekerja dengan baik. Dalam istilah AC kita sebaiknya juga mengenal yang namanya Freon AC. Freon AC atau senyawa yang tidak terlihat ini sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kita. Hanya saja, jika pemakaiannya berlebihan, hal tersebut juga tidak akan baik. Makanya dalam pemakaian AC juga disarankan untuk memiliki waktu dimana AC dimatikan. Sama seperti halnya tubuh, mesin yang digunakan secara terus menerus tanpa henti jauh akan lebih cepat rusak jika dibandingkan dengan yang dipakai secara teratur. Maksudnya, anda boleh saja menggunakan AC, namun jangan lupa untuk memberikannya waktu istirahat dengan cara mematikannya dan membersihkannya. Pembersihan AC dapat dilakukan secara berkala. Minimal satu bulan sekali agar kotoran yang menempel di berbagai komponen mesin AC sapat dibersihkan. Kotoran ini jika tidak segera dibersihkan akan berbahaya bagi AC dan juga kita pengguna AC. Selain itu. Kerja Ac juga menjadi lebih lambat karena terhambat oleh kotoran yang terselip dalam AC tersebut.

www.pexels.com

Tips Agar AC Tetap Awet dan Aman

Nah, perawatan AC ini juga masih ada kaitannya dengan freon. Jika AC rusak dan bocor, maka freon ini juga bisa berbahaya bagi kita. Padahal sebenarnya fungsi freon ini adalah untuk mendinginkan udara. Namun, jika sampai lepas justru berbahaya bagi kita yang menghirupnya. Makanya, sekali lagi kita harus ingat bahwa merawat kebersihan AC sangatlah penting. Berikut ini ada beberap tips menarik yang bisa anda gunakan untuk merawat AC.

 

  1. Membersihkan secara rutin

Salah satu tips penting yang bisa anda lakukan untuk menjaga AC agar tetap bagus adalah dengan membersihkannya secara rutin. Paling tidak sebulan sekali anda meminta tukang AC untuk membersihkan AC dari kotoran atau debu yang masuk ke dalam jangan sampai menumpuk di AC.

  1. Atur Suhu dengan benar

Tips berikutnya adalah dalam masalah mengatur suhu. Pasalnya engaturan suhu yang sembrono juga bisa membuat umur AC menjadi lebih pendek. Untuk masalah pengaturan suhu, sebaiknya mengatur AC di bawah suhu 22 derajat tidak sering anda lakukan. Untuk kita yang tinggal di Indonesia, suhu normal kita adalah 22 derajat celsius. Jika suhunya diatur dibawah itu, maka mesin AC akan lebih sepat panas dan tentu saja hal tersebut tidaklah bagus. Untuk hal ini, akan lebih baik untuk mengatahui fungsi Panasonic AC remote agar tidak bingung saar mengatur suhu AC.

  1. Berikan waktu untuk AC beristirahat

Saat tubuh kita digunakan untuk bekerja sepanjanga hari, kita kan merasa kelelahan dan aktivitas kita tentu menjadi lebih lambat. Makanya kita butuh waktu istirahat untuk memulihakan tenaga kita kembali. Begitu juga dengan mesin, terutama AC. Jika kita nyalakan terus menerus, lama kelamaan kerjanya juga kurang maksimal atau bahkan rusak.

  1. Diamkan AC sebentar setelah listrik mati

Jika terjadi mati listrik atau listrik anjlok. biasakan untuk tidak langsung menyalakan AC. Pastikan listriknya kembali stabil, baru nyalakan AC nya kembali. Jika tidak, kompresor Ac anda akan memiliki umur pendek karena freon dan oli kompresor butuh beberapa saat untuk kembali ke kompresor saat listrik di rumah anda mati.

  1. Mengecek Freon AC

Tips lainnya untuk merawat AC agar memiliki umur yang lebih lama dalah selalu melakukan pengecekan terhadap freon AC. Hal ini untuk mengantisipasi jika freon mungkin mengalami kebocoran maupun pengurangan. Kebocoran freon inilah salah satu penyebab suhu AC menjadi kurang dingin. Dan jika itu terjadi, otomatis itu juga akan membuat penggunaan daya listrik meningkat dan anda harus menghadapi pembengkakan dalam hal biaya pemakaian listrik. Freon yang bocor seperti yang telah di bahas di atas juga tidak baik untuk kesehatan. Makanya pengecekan dan pembersihan secara berkala sangatlah penting jika anda menggunakan AC.

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah Saat AC sedang tidak dinyalakan, tidak masalah jika membiarkan pintu ruangan terbuka. Namun, jika AC sedang dinyalakan, sebaiknya jangan biarkan pintu terbuka dalam waktu lama. Meskipun kelihatannya sepele, namun hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas kerja AC. Selain itu, daya listrik yang digunakan untuk AC akan meningkat jika kita sering membiarkan pintu maupun jendela ruangan terbuka. Hal ini juga menyebabkan kompresor AC akan lebih cepat panas dan akhirnya cepat rusak. Nah, dari penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa bagi pengguna AC Panasonic, mengetahui fungsi tombol pada Panasonic AC remote juga penting. Selain dapat menikmati manfaat yang maksimal dari AC, kita juga bisa merawat AC nya agar tidak cepat rusak. Jika rusak, tentu kita harus mengeluakan biaya lebih untuk service maupun mengganti AC nya dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *