Pantai Batu Payung Lombok

Pantai Batu Payung merupakan pantai yang berlokasi di dekat Pantai Tanjung Aan. Pantai ini tepatnya berlokasi di balik bukit sebelah timurnya. Pantai ini memiliki suasana yang tenang dan memiliki hal yang cukup unik. Yaitu sebuah batu besar yang menjadi nama dari Pantai ini, batu tersebut dikenal dengan Batu Payung.

Sebenarnya apabila ditelisik lebih jauh, batu besar tersebut tidak begitu mirip dengan payung. Malah terdapat sebuah batu yang besar lagi yang memiliki bentuk seperti ular kobra dengan mahkota indahnya.

Namun ada kemungkinan mengapa nama Pantai Batu Payung diberikan kepada Pantai ini. Apabila Anda melihat dari jarak jauh, batu besar tersebut akan tampak seperti payung yang belum terbuka.

Pantai yang satu ini berlokasi di sebuah kecamatan bernama Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Biasanya, sebelum berkunjung ke sini, wisatawan harus berkunjung ke Pantai Tanjung Aan dulu. Pantai Tanjung Aan memiliki jarak sekitar 4 km dari Pantai Kuta Lombok atau kurang lebih 62 km dari Kota Mataram.

Nah, dari Pantai Tanjung Aan sudah tersedia beberapa perahu untuk mengantarkan para wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Batu Payung. Untuk harganya kurang lebih sekitar 200 ribu rupiah sudah pulang pergi (pp). Perjalanannya pun sungguh menyenangkan.

Untuk perahunya dapat membawa sekitar 10 orang. Durasi yang ditempuh kurang lebih sekitar 15 menit yang tidak akan terasa selam perjalanan. Karena Anda dapat menikmati keindahan yang terdapat pada Pulau Lombok dari posisi Anda.

Selain menggunakan jalur laut, Anda juga bisa menggunakan jalur darat yang melewati Pantai Dusun Padau. Lokasi ini memiliki jarak sekitar 1 km dari sebelah timur Pantai Tanjung Aan. Jalurnya pun cukup enak, namun masih ada jalan tanah yang mengeras.

Di sana telah tersedia tempat parkir, jadi jangan khawatir ingin memarkirkan kendaraan di mana. Untuk waktu yang ditempuh dalam perjalanan dari dusun ke Pantai Batu Payung ialah sekitar 25 menit. Memang cukup melelahkan, tetapi masih bisa menghemat biaya.

Beberapa wisatawan sering berkunjung ke Pantai ini karena memiliki banyak hal yang menyenangkan. Menghabiskan akhir pekan dengan keluarga di Pantai ini sangatlah tepat. Apa saja yang bisa dilakukan wisatawan selama berkunjung ke Pantai Batu Payung ini? Berikut ini panduan wisata lengkapnya.

pxhere.com

Bersantai dengan Alam

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh pengunjung adalah menikmati alam Pantai Batu Payung yang cantik. Anda bisa menikmati pantai ini di atas sebuah bukit yang hijau. Disarankan ketika berkunjung ke sini tidak saat musim Kemarau. Karena jika sudah memasuki musim Kemarau, warna hijau tersebut akan berbaur dengan warna coklat. Sehingga bukit tersebut akan diperkaya oleh warna coklat yang memiliki sensasi berbeda jika dibandingan saat masih hijau.

Berfoto

Tentu setelah rasa penat telah hilang, baiknya adalah mengabadikan momen. Berbagai macam gaya bisa diaplikasikan saat berfoto di sini. Bahkan, iklan rokok Dunhill pernah menggunakan pantai ini untuk produksi iklan di tahun 2013.

Bermain air

Air yang disuguhkan di pantai Batu Payung ini cukup tenang dan jernih. Anda bisa bermain air sepuasnya selama sehari penuh. Pasir yang halus sangat pas untuk dinikmati sembari duduk di atasnya dengan belaian ombak pantai yang menari-nari.

pxhere.com

Menjelajahi pulai kecil

Di Pantai Batu Payung terdapat sebuah pulai kecil. Pulau tersebut dapat dikunjungi dengan menggunakan perahu kecil yang sudah disiapkan oleh pengelola pantai.

Informasi Penginapan

Apabila Anda berasal dari luar daerah, Anda bisa menikmati pantai ini berapa kali pun, sepuasnya. Anda bisa mencari sebuah penginapan yang terletak di sekitar wisata Pantai Kuta Lombok. Di sana banyak sekali variasi kelas penginapan. Namun ada beberapa penginapan yang menjadi favorit bagi wisatawan seperti Kuta Indah Lombok, Nvotel Coralia Lombok, serta Bungalows Cockatoo.

pxhere.com

Saran

  • Demi merasakan kenyamanan saat berkunjung ke pantai ini, disarankan untuk Anda menggunakan topi, krim tabir surya, serta kacamata hitam. Kalau Anda berkunjung di saat musim hujan, baiknya membawa payung juga.
  • Harga sewa perahu untuk membawa ke Pantai Batu Payung memang cukup mahal. Tetapi jangan khawatir, Anda bisa mengajak wisatawan yang lain untuk join. Apabila ada 10 wisatawan, Anda bisa lebih hemat karena hanya mengeluarkan biaya 20 ribu rupiah saja.
  • Jangan lupa membawa kantong yang cukup sebagai tempat pembuangan sampah. Selama di sana, wisatawan diperbolehkan membawa makanan maupun minuman. Jadi untuk menjaga kelestarian dan keindahan alam, jangan lupa buang sampah pada tempatnya.
  • Jika Anda telah puas dengan keindahan pantai Batu Payung, tidak ada salahnya jika ingin eksplorasi lagi. Ada sebuah pantai unik yang terletak di kawasan Kabupaten Lombok Timus. Keunikan pantai ini yaitu memiliki pasir dengan warna pnk. Pantai yang satu ini merupakan salah satu dari 2 pantai yang ada di Indonesia yang memiliki pasir berwarna pink. Keren kan?

Nah, itulah beberapa panduan wisata yang bisa Anda perhatikan saat berkunjung di Pantai Batu Payung. Ajaklah teman, saudara, keluarga untuk pergi berlibur ke sana. Keindahan alamnya tidak akan puas jika dinikmati sendirian. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *