Penjelasan Lengkap Mengenai Daun Kumis Kucing

 

Daun kumis kucing cukup mudah ditemukan di Indonesia. Daunnya mempunyai ciri bergerigi kasar dengan bentuk yang seperti teluar taji. Banyak orang yang menanam sendiri kumis kucing ini sebagai tanaman obat  pada bagian daunnya ataupun sekedar sebagai tanaman hias saja karena memang selain mempunyai daun yang bermanfaat, terdapat bunga yang indah. Nah, untuk lebih mengenal daun kumis kucing yang terkenal dengan khasiatnya ini Anda harus menyimak penjelasan lengkapnya terutama soal berbagai manfaat ketika mengkonsumsinya serta efek samping yang dipunyai. Tentunya kedua penjelasan tersebut sangatlah penting diketahui masyarakat luas terlebih yang ingin mengkonsumsi daun kumis kucing ini sebagai tanaman obat.

Penjelasan pertama yang akan dibahas mengenai daun kumis kucing ini adalah manfaat apabila Anda mengkonsumsinya.  Daun ini paling terkenal karena khasiatnya yang mampu memperlancar pipis atau buang air kecil.  Anda hanya cukup merebus daun tersebut agar bisa mendapatkan manfaatnya guna memperlancar buang air kecil.  Manfaat berikutnya daun kumis kucing yang harus Anda ketahui adalah mampu mengobati sakit pinggang.  Untuk mengolahnya, Anda bisa melakukan cara yang sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya yakni dengan merebusnya. Daun kumis kucing sendiri  juga dikenal dengan manfaatnya yang mampu menurunkan tekanan darah yang sebelumnya tinggi.  Manfaat lainnya dari daun kumis kucing yang harus diketahui adaah mampu mengobati nyeri persendian, rematik,demam, masuk angin,  asam urat, penyakit sifilis,  albuminuria dan masih banyak lagi.

Setelah Anda mengetahui berbagai manfaat dari daun kumis kucing ini, perlu diketahui pula soal efek samping dari pengunaanya. Tujuannya agar Anda lebih bijak dan lebih berhati-hati ketika hendak mengkonsumsinya agar tetap terjaga dosisnya.  Efek samping pertama apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi daun kumis kucing ini adalah timbulnya penyakit ginjal.  Maka dari itulah perhatikan dengan baik dosis dari penggunaan daun kumis kucing dan apabila terasa tidak nyaman di tubuh Anda harus menghentikannya. Efek samping lainnya adalah  timbulnya sakit perut dan keracunan.  Beberapa orang juga menunjukan efek samping dari pengkonsumsian daun kumis kucing terutama yang berlebihan berupa sesak nafas hingga darah rendah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *