Penyebab Sakit Mata Yang Perlu Diobati

Banyak mengibaratkan mata adalah jendela dunia, karena mata salah satu bagian tubuh yang memiliki peran sangat penting pada kehidupan. Sehingga anda harus bisa menjaga kesehatan agar tetap dalam kondisi baik. Di mana kedua mata memiliki struktur yang saling berhubungan dengan bagian lainnya. Karena jika anda lalai untuk menjaga kedua mata anda maka akan timbul penyebab sakit mata. Dan hal tersebut pasti anda akan kesulitan untuk menjalankan aktivitas anda sehari-hari. Jadi saat anda mengalami sakit mata anda perlu untuk mengobatinya agar mata anda kembali menjadi sehat lagi.

Penyebab sakit mata terbagi menjadi dua kategori

Sebelum anda mengobati mata anda harus ketahui terlebih dahulu penyebab tersebut agar anda bisa mengobati. Berikut penjelasan mengenai penyebab sakit mata yang berdasarkan dua katagori seperti :

www.pexels.com
  • Sakit pada permukaan mata (ocular) : ini merupakan rasa sakit pada permukaan mata yang di mana kondisi ini berasal dari luar struktur yang ada pada permukaan mata dengan beberapa penyebab seperti :
    • Konjungtivitis yaitu permasalahan mata yang paling umum dan disebabkan oleh alergi kimia bakteri ataupun peradangan virus dari membran yang lembut melapisi kelopak mata dan yang menutupi bola mata. Penyebab penyakit ini biasanya mata akan berubah menjadi warna merah muda, rasa sakitnya pun ringan kemerahan, gatal bahkan bisa juga tidak ada rasa sakit sama sekali.
    • Lecetnya kornea juga menjadi penyebab yang umum dari penyakit mata kornea yaitu di mana pada salah satu bagian mata yang paling transparan lembut dan sensitif. Biasanya bisa terjadi lecet karena goresan ke permukaan kornea seperti yang terlalu sering menggunakan lensa kontak.
    • Penyebab lainnya bisa terjadi karena adanya iritasi mata yang ditandai dengan adanya benjolan kecil pada sekitar mata anda benjolan tersebut biasanya berbentuk kelenjar minyak mata yang tidak normal sehingga dapat menyebabkan iritasi pada mata dan rasa sakit yang mungkin cukup menyakitkan.
www.pexels.com
  • Sakit yang di dalam orbit mata (orbital) : sakit ini biasanya yang terdapat pada bagian dalam mata atau belakang permukaan mata. Berikut beberapa penjelasan penyebab dari orbital seperti :
    • Glaukoma yang bisa menyebabkan nyeri orbital namun sebenarnya kasus penyakit ini tidak menyakitkan. Biasanya glaukoma ini disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan intraokuler atau tekanan internal pada mata yang bisa menyebabkan cacat pada penglihatan bahkan kebutaan jika anda tidak langsung mengobatinya. Tekanan ini bisa terjadi penyumbatan cairan mata ataupun peningkatan produksi aqueous humor yaitu cairan yang mengenai mata dan biasanya sering terjadi pada orang tua.
    • Neuritis optik yaitu peradangan pada saraf optik saraf optik biasanya terhubung ke bagian belakang mata. Dan penyebab dari peradangan ini berasal dari multiple sclerosis infeksi bakteri ataupun infeksi virus.
    • Trauma peristiwa seperti terjadinya cedera penetrasi pada mata pukulan mata dengan benda asing dan kecelakaan pada saat berkendara motor sehingga bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat signifikan dan bisa mengalami cedera. Biasanya hal tersebut bisa mengalami goresan pada kornea yang sangat menyakitkan jadi untuk permasalahan ini anda harus membutuhkan bantuan medis dalam mengobatinya.
www.pexels.com

Itulah beberapa penyebab sakit mata yang terbagi menjadi dua kategori. Sehingga anda bisa ketahui jika anda merasa mengalami sakit mata. Apalagi bagi wanita mata hal yang penting dalam hal berdandan. Ada beberapa wanita yang memiliki hooded eyes di mana bentuk mata memiliki kelopak yang tebal jadinya wanita harus bisa mengaplikasikan agar terlihat sempurna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *