Tips Menata Peralatan Dapur

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang memiliki fungsi yang sangat penting. Iya dari dapur lah setiap hari keluar masakan-masakan lezat yang nantinya kita makan. Dapur merupakan area penting yang mana memiliki fungsi utama adalah untuk memasak. Nah untuk memasak, tentunya membutuhkan banyak peralatan dapur mulai dari panci, pisau, kompor, dan lain sebagainya. Yang jelas semua peralatan-peralatan tersebut digunakan sekaligus disimpan di dapur.

Dalam hal ini, pastikan Anda memilih peralatan-peralatan dapur yang aman sehingga makanan yang dihasilkan tidak akan menimbulkan bahaya pada tubuh kita. Selain itu menata peralatan-peralatan dapur dengan rapi tentunya menjadi hal ya mutlak untuk dilakukan sehingga dapur terlihat bersih dan rapi. Nah bagi Anda yang ingin mencari informasi mengenai kitchen set, Anda dapat mengakses ruangarsitek.id.

Tips Memilih Peralatan Dapur yang Aman

Peralatan dapur saat ini memang banyak dijual dipasaran. Anda bisa dengan mudah menemukannya mulai dari yang harganya paling murah hingga yang mahal. Dalam hal ini, hendaknya Anda tidak sembarang dalam memilih peralatan dapur yang ada. Pasalnya peralatan dapur yang kita gunakan untuk memasak ternyata juga dapat berpengaruh pada kesehatan makanan yang kita konsumsi. Untuk itu pastikan Anda memilih peralatan-peralatan dapur yang aman untuk digunakan serta tepat guna untuk mendukung berbagai aktifitas Anda di dapur. Nah berikut adalah beberapa tips memilih peralatan dapur:

  1. Bahan peralatan dapur

Nah bahan peralatan dapur tentunya selain berkaitan dengan kesehatan juga berkaitan dengan fungsinya sat digunakan. Terdapat berbagai macam bahan peralatan dapur diantaranya sebagai berikut:

  • Bahan kaca. Bahan ini cukup mudah untuk dibersihkan karena lemak tidak bisa masuk ke dalam permukaan, namun terkadang tidak tahan terhadap panas. Bahan kaca lebih cocok untuk peralatan dapur yang tidak berhubungan dengan api secara langsung.
  • Bahan kayu. Bahan ini dapat menyerap panas dan tidak menghantarkan panas. Sayangnya pada bahan ini lemak dapat masuk ke dalamnya sehingga harus telaten dalam membersihkannya. Bahan kayu cocok uhntuk sendok nasi, sendok sayur, spatula, atau bagian pegangan pada peralatan yang bersentuhan langsung dengan panas.
  • Bahan stainless steel. Bahan ini memang tahan panas, namun juga cepat menghantarkan panas, dan dapat menimbulkan kerak apila terkena api. Oleh karena itu pada umumnya bahan ini digunakan sebagai panci, alat penggorengan, sendok, dan lainnya.
  • Bahan ini sebenarnya tidak terlalu baik digunakan untuk benda-benda yang berhubungan dengan panas. Adapun penggunaan plastik yang paling tepat adalah lebih sebagai wadah makanan yang tidak panas.
  1. Fungsi

Dalam memilih peralatanan masak, tentu harus mempertimbangkan fungsi. Dalam hal ini hendaknya Anda memilih peralatan memasak yang memiliki fungsi tunggal saja dan bukan multi fungsi. Pasalnya memang untuk peralatan multi fungsi dikhawatirkan terdapat sisa-sisa bahan makanan yang tertinggal setelah di cuci, dan ketika Anda gunakan untuk memasak lagi tentu dikhawatirkan mengakibatkan kurang sehat.

  1. Desain

Pertimbangan selanjutnya adalah desain. Dalam hal ini, pastikan Anda memilih peralatan dapur yang nyaman untuk digunakan, misalnya bagian spatula yang ujungnya diberi lapisan kayu sehingga tidak terasa panas ketika digunakan,, dan sebagainya.

Tips Menata Peralatan Dapur agar Rapi dan Nyaman

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang tentunya rawan akan kesan berantakan. Pasalnya memang di dapur setiap hari tentunya ada aktifitas memasak selama berjam-jam. Selain itu di dapur juga terdapat berbagai benda-benda mulai dari peralatan dapur yang cukup banyak, bahan-bahan masakan, dan lain sebagainya. Nah, untuk menciptakan kondisi ruang dapur yang rapi dan nyaman, tentunya kita perlu menatanya dengan baik. Berikut adalah beberapa tips menata peralatan dapur agar rapi dan nyaman :

  1. Gunakan kitchen set

Untuk menata dapur Anda sehingga menjadi lebih rapi, Anda dapat menggunakan kitchen set. Dalam hal ini Anda dapat memilih kitchen set dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran dapur Anda. Jika dapur Anda tidak terlalu luas, maka dapat memilih kitchen set dengan ukuran terbatas namun fungsional.

  1. Atur kelompok kitchen set secara efektif

Langkah selanjutnya adalah mengatur urutan kitchen set dengan baik dan sesuatu dengan urutannya. Misalnya mulai dari wastafel untuk mencuci peralatan dapur, dan masakan, memasang kabinet yang fungsiona, dan sebagainya. Dalam hal ini Anda dapat menyimpan dan menata peralatan memasak yang sesuai dengan jenisnya, misalnya semua peralatan makan dalam satu area yang berdekatan dengan meja makan, peralatan memasak dalam satu area yakni pada area yang berdekatan dengan kompor untuk memudahkan Anda memasak, dan seterusnya.

  1. Tata kitchen set sesuai intensitas penggunaan

Nah selain menata peralatan dapur sesuai dengan kelompoknya, Anda juga dapat menatanya sesuai dengan intensitas penggunaan. Dalam hal ini Anda perlu mengelompokkan jenis peralatan makan yang sering Anda gunakan, peralatan masak yang paling sering Anda gunakan. Nah untuk peralatan dapur yang jarang Anda gunakan, Anda dapat menyimpannya ditempat yang lain sehingga tidak akan mengganggu aktifitas Anda dalam dapur.

  1. Manfaatkan ruang penyimpanan dengan efektif

Dalam hal in Anda dapat memanfaatkan ruang penyimpanan secara efektif. Misalnya memanfaatkan dinding untuk penyimpanan gantung, kemudian ruang kosong dibawah wastafel juga dapat dijadikan tempat penyimpanan, dan tempat-tempat yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Cari Bimbel SD Terbaik

February 10, 2020