Pohon Rambutan dan Ciri-Cirinya

 

Rambutan adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Apalagi di Indonesia ini memiliki iklim yang tropis. Selain itu, pohon rambutan juga termasuk dalam salah satu jenis tanaman Nephelim Lappaceum yang juga masih dalam 1 keluarga baik kelengkeng, leci maupun matoa.

Informasi Seputar Pohon Rambutan

Namun, bukan hanya tumbuh subur di daerah Asia Tenggara saja karena ada begitu banyak penyebaran rambutan yang juga sudah mencakup dari beberapa negara seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah dan juga India. Maka dari itu, ada banyak juga varietas maupun jenis rambutan yang sudah berkembang di seluruh dunia.

Di Indonesia ini sendiri, ada beberapa jenis varietas maupun jenis dari pohon rambutan dengan beberapa ciri khasnya masing-masing. Akan tetapi, jika dilihat dari bentuk serta fungsi akar, batang, daun, bunga, buah maupun bijinya memiliki beberapa ciri-ciri yang hampir sama secara keseluruhan.

Ciri-Ciri dari Pohon Rambutan

Beberapa ciri-ciri dari pohon rambutan yang harus Anda ketahui adalah:

Tanaman rambutan disebut sebagai salah satu tanaman dikotil atau tumbuhan biji berkeping 2. Jadi, untuk akar yang dimiliki dari tumbuhan ini adalah akar tunggang. Sedangkan untuk batang rambutan memiliki batang yang bulat dan memiliki ukuran diameter yang akan tergantung berdasarkan dari varietas tanaman rambutan itu sendiri.

Pohon rambutan memang memiliki beberapa variasi yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Bahkan buah yang akan dihasilkan pun berbeda-beda. Untuk batangnya sendiri biasanya memiliki warna cokelat kehitaman dan juga kasar apabila diraba menggunakan tangan secara langsung.

Pada umumnya, batang rambutan ini mengandung serat kayu yang cukup tinggi sehingga nantinya sangat kokoh serta kuat untuk menopang pohon rambutan itu sendiri agar bisa tetap beridiri meskipun pohon sedang dalam kondisi yang buruk. Bahkan pentingnya sebuah batang pohon rambutan ini memiliki fungsi penting khususnya dalam proses fotosintesis.

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman rambutan, maka Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara penanaman yang baik dan benar seputar pohon rambutan untuk menghasilkan buah yang berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *