Jurusan Teknologi Pangan Dengan Karir Menjanjikan

Bisa dikatakan bahwa secara umum Ilmu teknologi pangan atau ITP merupakan salah satu ilmu yang mempelajari bagaimana suatu proses pengolahan pangan menjadi bahan makanan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat.  Adapun untuk proses tersebut meliputi pengawetan pengemasan suatu distribusi sampai dengan menjaga maupun memastikan hasil akhir pada bahan makanan siap dikonsumsi dan memiliki gizi.  Adapun Fokus utama dari jurusan ini yaitu bahan makanan menjadi suatu kemasan. Meskipun begitu Anda juga bisa mengetahui mengenai pengetahuan soal proses pangan lainnya. Pada zaman dulu sebelum ITP hadir Nicholas menemukan suatu cara untuk membuat suatu makanan kaleng tanpa menggunakan menggunakan alat canggih yang hal ini ni dilanjutkan oleh Louis Pasteur dengan melakukan suatu penelitian dengan menggunakan suatu teknologi untuk mencegah adanya kerusakan akibat bakteri.  Hingga akhirnya penemuan tersebut dikenal sebagai pasteurisasi yang artinya membunuh mikroba atau bakteri pada susu dengan melakukan pemanasan tanpa merubah gizi dari susu tersebut. Dan penemuan tersebutlah yang akhirnya mempelopori banyak sekali metode pengolahan untuk makanan sehingga semakin berkembang dan muncul banyak sekali makanan yang bisa dikemas secara praktis seperti susu bubuk, teh celup, kopi, serta berbagai makanan instan lainnya.

pxhere.com

Karir Menjanjikan Dengan Pilih Fakultas Teknologi Pangan

Mungkin anda bertanya-tanya apa saja yang dipelajari pada jurusan ITP ini. Ada begitu banyak pemahaman serta pembelajaran yang akan anda dapatkan pada jurusan ini yang pada tahun pertama anda akan mempelajari bagaimana caranya memahami setiap lingkup mengenai pangan.  Selanjutnya nanti anda akan masuk ke suatu mata kuliah yang secara khusus seperti misalnya bioteknologi yang merupakan salah satu cabang biologi yang mempelajari bagaimana caranya untuk menggunakan suatu proses biologi untuk mendapatkan produk yang dapat dikonsumsi.  Masih banyak pembelajaran atau pemahaman lainnya yang diberikan di dalam jurusan ITP ini yang tentunya sangat bisa anda andalkan apabila ingin mengetahui secara lebih bagaimana cara untuk menghasilkan suatu produk pangan berkualitas. Ada begitu banyak karir menjanjikan yang bisa anda dapatkan dengan mengambil ilmu teknologi pangan yang tentunya perlu untuk anda ketahui seperti berikut ini :

  • Pengendalian Mutu

Umumnya untuk sarjana yang baru saja lulus nantinya akan diterima bekerja pada bagian quality control atau pengendalian mutu.  Disini pekerja akan melakukan tugas dengan memastikan proses pengolahan makanan berjalan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.  Misalnya seperti staf pengendalian mutu pada pabrik perlu untuk memastikan bahwa es yang dihasilkan sudah melalui proses yang higienis serta kandungan bahan makanannya sangat tepat dan tidak merugikan.  Selain itu juga diperlukan suatu pengawasan sampai dengan tahap pengepakan hingga pengiriman hasil produksi.

  • Konsultan Pangan Dan Gizi

Untuk jenis pekerjaan ini karyawan memiliki tugas untuk melakukan suatu konsultasi pada industri makanan mengenai produk pemasaran serta kualitas dari produk tersebut.

pxhere.com
  • Lingkup Pemerintahan

Para lulusan ITB sendiri juga akan mendapatkan kesempatan sebagai seorang pegawai negeri sipil atau PNS di bidang pertanian maupun BPOM.  Di sini para pekerja akan memiliki tanggung jawab sebagai seorang yang dapat melayani masyarakat secara baik sampai dengan melakukan koordinasi bagian yang dipimpin.  bisa dikatakan bahwa  pekerjaan Ini merupakan salah satu pekerjaan yang sangat diminati oleh banyak lulusan ITP.

  • Pengembangan Produk

Pada jenis karir ini bisa dikatakan tidak semua lulusan dari ITP bisa mendapatkan posisi di bagian pengembangan produk. Hal ini dikarenakan pada posisi ini memegang resep rahasia suatu perusahaan. Dikarenakan adanya posisi penting tersebutlah sehingga staf pengembangan produk memiliki gaji lebih tinggi yang hal ini berhubungan dengan kesuksesan dari suatu perusahaan.  Dengan begitu hal ini bisa memberikan suatu kenaikan pangkat yang lebih cepat dibandingkan dengan di quality control.  Untuk posisi tertinggi yang dapat diraih oleh bagian ini yaitu sebagai Direktur teknik.

  • Wirausaha

Tak sedikit lulusan dari fakultas ini memiliki usaha ekspor impor sendiri. Apabila Anda dapat merencanakan serta mendirikan suatu usaha maupun penguasaan, manajemen, dan mengembangkan usaha yang sudah berjalan tentunya hal ini bisa menjadi peluang cukup baik untuk anda membuat pabrik sendiri.  Contohnya seperti pabrik makanan beku yang bisa diekspor ke luar maupun dalam negeri.  Selain cukup menjanjikan juga apabila keuntungan yang di dapat kan bisa berkali lipat dari modal yang telah dikeluarkan Yang pastinya hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha cukup baik bagi Anda yang merupakan lulusan dari ITP nantinya.

pxhere.com

Dengan Pilihan Jurusan Terbaik Menjadikan Karir Cemerlang

Itulah beberapa karir menjanjikan yang bisa didapatkan apabila anda merupakan lulusan dari ilmu teknologi pangan yang pastinya bisa dijadikan sebagai salah satu peluang menjanjikan untuk masa depan cerah.  Oleh karena itu bagi Anda yang bingung ingin mencari Jurusan apa yang tepat untuk Anda pilih mungkin jurusan ini merupakan salah satu jurusan paling tepat untuk Anda ambil.  Terlebih lagi Sudah cukup banyak saat ini lulusan dari mahasiswa ITP yang pada akhirnya sukses dan menjabat sebagai posisi tertinggi di beberapa perusahaan.  Dengan adanya hal tersebut tentunya hal ini bisa dijadikan sebagai pegangan untuk Anda mendapatkan fakultas terbaik di Universitas terpercaya yang memberikan jurusan pangan sesuai yang anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *