Tips Wisata Jogja Agar Hemat Pengeluaran

Dikenal dengan sebutan ‘Jogja Istimewa’, Jogja menawarkan berbagai tempat wisata dengan tema yang berbeda-beda. Apapun jenis wisata yang Anda inginkan, baik itu wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, bahkan wisata religi bisa Anda temukan di Jogja. Selain itu, pemerintah Jogja juga terus mendorong sektor pariwisata di Jogja, sehingga muncul tempat-tempat wisata baru yang langsung viral di media sosial.

 

Namun yang namanya kegiatan vakansi, pasti membutuhkan budget yang tidak sedikit. Apalagi bagi Anda yang sudah berkeluarga, maka budget mesti menjadi concern utama saat berlibur di Jogja. Nah agar lebih hemat pengeluaran, sebaiknya Anda cek beberapa tips wisata Jogja berikut ini!

 

  • Buat Planning Sebelum ke Jogja

Meskipun tujuannya yaitu untuk bersenang-senang, namun wajib sebelum berangkat ke Jogja Anda membuat planning liburan sematang mungkin. Ya betul sekali, dengan adanya planning ini Anda bisa terhindar dari over bugdet selama liburan di Jogja. Hal pertama yang mesti Anda rincikan yaitu kemampuan finansial Anda. Setelah Anda mengetahui kondisi finansial Anda, maka Anda tinggal menyesuaikannya dengan hal-hal lain. Misalnya, dengan budget 10 juta Anda mesti pergi ke tempat wisata mana saja, berapa biaya transportasinya, berapa biaya penginapannya, dan lainnya. Jadi jangan asal pergi ke Jogja, Anda mesti buat planning dulu dengan matang.

unspash.com
  • Menggunakan Paket Wisata Jogja

Ada dua opsi perjalanan yang bisa Anda pilih yaitu berangkat mandiri atau menggunakan paket wisata Jogja. Jika Anda berangkat mandiri dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda tidak akan tahu persisnya biaya yang mesti Anda keluarkan selama di Jogja. Selain itu, Anda juga akan kesulitan dalam menentukan rute perjalanan selama berada di Jogja. Nah berbeda jika Anda memesan paket wisata Jogja, maka Anda tinggal mengeluarkan biaya paket wisata, dan Anda tinggal menikmati perjalanan tanpa perlu mengkhawatirkan adanya biaya ekstra. Selain itu lewat panduan dari paket wisata, Anda tidak perlu bingung lagi menentukan rute perjalanan. Selain itu, Anda juga mendapatkan layanan-layanan lain seperti makan, penginapan, hiburan, dan lainnya.

 

  • Tak Perlu Mahal, Carilah Tempat Penginapan Murah Tapi Nyaman

Seringkali budget liburan membengkak karena menginap di tempat penginapan yang mahal. Sebenarnya untuk mendapatkan liburan yang sempurna di Jogja, Anda tidak perlu menginap di hotel atau resort mewah. Terdapat banyak sekali guest house atau bahkan rumah kontrakan yang bisa Anda sewa dengan harga yang sangat miring. Selain itu, sebaiknya Anda tidak mencari tempat penginapan di pusat perkotaan, karena sudah pasti harganya sangat tinggi. Tak perlu tinggal di Malioboro, Anda bisa mencari daerah lain yang memiliki tempat penginapan murah, misalnya seperti daerah Kaliurang. Selain itu penting bagi Anda untuk browsing di beberapa situs travel untuk menemukan tempat penginapan di Jogja dengan fasilitas lengkap namun dengan harga yang tidak terlalu mahal.

unspash.com
  • Sewa Mobil atau Motor

Seringkali pula, budget liburan jadi membengkak karena biaya transportasi. Nah agar menghemat pengeluaran selama menjalankan vakansi di Jogja, ada dua opsi yang bisa Anda pilih yaitu menyewa mobil atau motor. Jika Anda liburan bersama rombongan (baik itu teman atau keluarga), sebaiknya Anda menyewa mobil. Ya, banyak sekali rental mobil yang menyewakan mobil, baik itu dengan supir maupun lepas kunci. Jangan khawatir, biaya sewa mobil di Jogja tidaklah mahal. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 200 ribu hingga 400 ribuan. Jika Anda tidak mampu menyewa mobil, maka opsi paling hemat yang bisa Anda lakukan yaitu menyewa motor. Kelebihan motor ini yaitu Anda dapat terhindar dari kemacetan dan bisa memasuki gang-gang sempit dengan mudah. Kekurangannya yaitu motor hanya bisa dinaiki berdua dan pastinya akan selalu berhadapan dengan cuaca. Jika sedang panas, maka Anda akan kepanasan, dan jika sedang hujan, maka Anda ‘pun kebasahan.

 

  • Makan Seperti Orang Jogja Asli

Psikologi orang yang sedang liburan yaitu selalu ingin makan di tempat mewah. Nah jika budget Anda pas-pasan, maka sebaiknya perbaiki mindset Anda, dan mulailah makan seperti orang Jogja asli. Ya, jangan pernah ragu dan gengsi makan di tempat-tempat seperti angkringan, warung, dan penjaja street food di pinggir jalan. Jika budget Anda pas-pasan dan memaksakan diri makan di restoran mahal, maka besoknya kemungkinan Anda akan menelepon kerabat untuk mentransfer sejumlah uang karena uang Anda sudah habis! Kabar baiknya, justru Jogja terkenal dengan makanan-makanan kaki limanya. Ya betul sekali, banyak sekali spot kuliner di Jogja yang menawarkan makanan enak dengan harga murah meriah.

unspash.com
  • Berwisatalah di Pantai, Pegunungan, atau Jalan-jalan di Pusat Kota

Agar lebih hemat, sebaiknya hindari berwisata di resort, villa, atau tempat wisata yang eksklusif. Sebaiknya berwisatalah di pantai, pegunungan, atau jalan-jalan di Malioboro karena tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak.

 

Itulah beberapa tips wisata Jogja agar Anda bisa menghemat lebih banyak pengeluaran namun masih bisa bersenang-senang bersama orang tercinta! Kabar baiknya berbeda dengan destinasi wisata populer lain di Indonesia, Jogja memang menawarkan liburan murah namun berkualitas!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *